5 Pertemuan Sungai Terindah di Dunia

Di bidang geografi, confluence adalah pertemuan dua atau lebih bagian air. Kadang, tempat pertemuan air ini sangat jarang ditemukan, pertemuan-pertemuan di bawah ini khusus dipilih karena perbedaan visualnya yang dramatis – kamu bisa melihat batasan-batasannya, dimana kedua (atau tiga) sungai berbeda warna ini bercampur membentu satu sungai yang lebih besar. Sudah terbayang? Kalo belum, ayo kita cek berikut ini:

1. Pertemuan Sungai Rhone dan Arve, Switzerland

Ini adalah tempat bertemuanya sungai Rhona dan Arve di Genewa, Switzerland. Rhona di sebelah kiri (sungai ini bersumber dari Danau Leman). Dan sebelah kanannya adalah Arve yang mengalir dari sungai-sungai es di Lembah Chamonix, dan lalu sungai ini mengalir ke utara-barat, mengalir ke dalam Rhona di bagian timur Genewa.

Sungai Arve memiliki tingkat endapan lumpur lebih tinggi di dalamnya dibanding Rhona, dan karena itulah kita bisa melihat batasan di antara mereka dengan jelas.

 

2. Pertemuan Sungai Danube, Inn dan Ilz, Jerman

Passau adalah sebuah kota di Bavaria Bagian Bawah, Jerman. Kota ini dikenal sebagai Dreiflüssestadt atau “Kota Tiga Sungai,” karena Danube bergabung di Passau dengan Sungai Inn dari selatan dan Ilz dari utara. Sungai Ilz adalah aliran dari gunung yang relatif kecil dan memiliki warna kebiru-biruan, sedangkan Inn adalah sungai yang cukup besar mengalir dari Salzburg, Austria. Sungai Inn memiliki lebih banyak arus air dibanding Danube. Foto ini diambil dari benteng (sekarang museum kota) di atas jurang Ilzstadt di atas kota.

3. Pertemuan Sungai Alaknanda dan Bhagirathi, India

Ini adalah tempat persimpangan antara sungai Alaknanda dan Bhagirathi di Devprayag, India. Devprayag adalah sebuah kota di provinsi Uttarakhand, India. Ini adalah salah satu dari lima tempat persimpangan sungai Alaknanda, dan tempat ini, sungai Gangga lahir (kedua sungai ini membentuk sungai Gangga).

Sungai Alaknanda bersumber dari dasar sungai es Bhagirath Kharak dan Satopanth. Sungai Bhagirathi ini mengantarkan Sungai Es Gangotri. Bagian Alaknanda lebih banyak terdapat sungai Gangga dibanding Bhagirathi.
4. Pertemuan Sungai Mosel dan Rhine, Jerman

Dalam gambar ini kita dapat melihat pertemuan antara Sungai Mosel dan Rhine di Koblenz, Jerman. Mosel lebih gelap dan mengalir ke dalam sungai Rhine. Nama kota tersebut – Koblenz – dalam bahasa Latin berarti “pertemuan”.

Dari Benteng Ehrenbreitstein Fortress (118 meter di atas Rhine) para pengunjung memiliki pandanga spektakuler ke sekitar sungai Rhine dan Mosel.
5. Pertemuan Sungai Green dan Colorado, Utah, Amerika Serikat

Sungai Green, berlokasi di Amerika Serikat bagian Barat, adalah anak sungai utama dari Sungai Colorado. Sungai ini satu-satunya yang sedikit lebih kecil dari Colorado ketika kedua sungai ini muncul, namun biasanya menghantarkan tumpukan lumpur yang lebih banyak.

Status Sungai Green sebagai anak sungai Sungai Colorado berasal dari alasan-alasan politis. Di dalam sistem pemberian istilah, Sungai Colorado berawal di pertemuannya dengan Sungai Green. Di atas pertemuan Colorada disebut Sungai Grand.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s