10 Awesome Caves of the World

1. Gua Harrison (Barbados)
Gua Harrison dikatakan sebagai salah satu keajaiban dunia karena keindahannya yang luar biasa dan formasi stalaktit dan stalagmitnya yang sangat indah. Ditemukan di kepulauan Karibia, Barbados, gua ini merupakan satu-satunya gua di dunia dimana air ditemukan bersama dengan formasi kristal berwarna. Dibentuk oleh erosi air melalui batu kapur, gua ini dipenuhi dengan ruangan yang besar, danau, sungai dan juga air terjun.

2. Gua Phong Nha (Vietnam)
Gua Phong Nha adalah gua terbesar dan paling indah di Vietnam dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO. Gua ini memiliki panjang 7729 m, yang berisikan 14 gua-gua kecil, dengan sungai bawah tanah sepanjang 13.969 m dan dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit yang sangat berlimpah. Sungai ini memiliki pasir terluas dan tercantik, mengandung banyak formasi batuan menarik dari dunia.
3. Gua Waitomo Glowworm (Selandia Baru)
Terletak di Pulau Utara Selandia Baru, gua ini dinamakan sesuai dengan sejenis cacing yang banyak dijumpai dalam gua tersebut. Cacing tersebut adalah Luminosa Arachnocampa yang hanya ditemukan di Selandia Baru. Memiliki ukuran rata-rata sebesar nyamuk, larva glowworm yang bergantungan di langit-langit gua ini akan memancarkan cahaya terang. Yang menarik adalah bahwa larva yang lapar dikatakan akan bersinar lebih terang. Ribuan larva yang bersinar memberikan panorama langit di malam hari. Cahaya biru yang dipancarkan larva tersebut sebenarnya adalah sebuah reaksi kimia yang berlangsung dalam sebuah kapsul khusus dalam ekornya. Formasi batu kapur di dalam gua dikatakan terbentuk ketika wilayah itu masih berada di bawah laut sekitar 30 juta tahun lalu.
4. Gua dari Kristal (Meksiko)
Gua ini adalah rumah dari kristal terbesar di dunia yang terletak di Chihuahua, Meksiko. Gua ini merupakan sebuah rongga yang berbentuk tapal kaki kuda di bebatuan kapur yang memiliki lebar 10 meter dan panjang 30 meter dan berisi kristal Selenite raksasa yang bahkan sampai 12 meter panjangnya, dengan diameter 4 m dan berat 55 ton. Gunung Naica dipenuhi dengan anhidrit gipsum bersuhu tinggi selama aktivitas vulkanik yang terjadi jutaan tahun lalu. Magma memanaskan air bawah tanah dan melarutkan semua mineral. Proses pendinginan selama bertahun-tahun kemudian membentuk kristal besar selanite gipsum tersebut.
.
5. Gua Ali Sadr (Iran)
Gua Ali Sadr ini terletak sekitar 100 kilometer di utara Hamadan, Iran barat dan merupakan salah satu gua yang paling indah di dunia. Gua berusia 70 juta tahun berisi beberapa danau besar yang dalam dan formasi stalaktit menggantung dari langit-langit gua dalam warna berbeda menambah pesona keindahannya. Mengambil bentuk kembang kol, jarum dan payung, dalam warna-warni cerah, merah, ungu, coklat, hijau dan biru, formasi tersebut memberikan pandangan eksotis di lantai gua. Dikatakan bahwa Ali Sadr adalah satu-satunya gua dengan air yang sangat jernih sehingga kita dapat melihat hingga kedalaman 5 meter dengan jelas bahkan dalam cahaya redup.
6. Gua Eisriesenwelt (Austria)
Eisriesenwelt adalah gua batu kapur es alam yang terletak di Werfen, Austria. Terletak di Pegunungan Tennengebirga dekat Salzburg, gua membentang sepanjang 42 km dan merupakan gua es terbesar di dunia.
7. Gua Lechuguilla (Meksiko)
Gua ini merupakan gua terpanjang kelima di dunia. Gua Lechuguilla ini terletak di Taman Nasional Carlsbad Caverns, New Meksiko. Gua ini paling terkenal dengan bentuk geologi yang tidak biasa seperti speleothem yang sangat langka. Formasi langka dengan jumlah besar deposit gipsum dan belerang berwarna kuning lemon, dan kondisinya yang masih murni. Namun akses ke gua terbatas hanya untuk para peneliti ilmiah yang telah disetujui, tim survei dan tim eksplorasi saja.
8. Gua Kristal (Amerika Serikat)
Taman Nasional Sequoia, di negara bagian California AS dikenal sebagai rumah dari 240 buah gua. Gua kristal adalah sebuah goa marmer yang memiliki panjang lebih dari 3,4 mil. Gua ini berada di wilayah Hutan Raksasa, antara pintu masuk Ash Mountain dari taman Hutan Raksasa. Gua secara konstan bersuhu 9 °C (48 °F), dan hanya dapat diakses dengan ditemani pemandu wisata.
9. Gua Naga Kuning (China)
Gua Naga Kuning terletak di belakang perbukitan Xixialing di zona wisata West Lake, Hangzhou City. Gua ini sebenarnya pemandangan alam setengah buatan manusia dan setengah alami. Hal yang sederhana namun sangat elegan adalah ornamen seperti sejenis bambu yang berwarna putih, ungu, hijau dengan titik-titik emas, dan berbentuk persegi dan sebagainya.
10. Gua Velebit (Kroasia)
Gunung Velebit adalah rumah dari sejumlah gua yaitu Lukina Jama, Jama Slovacka, Velebita dan Meduza. Gua-gua ini memiliki beberapa stalaktit bawah tanah terbesar di dunia. Di kaki Lukina Jama ada kolam dan sungai yang memiliki koloni lintah bawah tanah terbesar di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s