10 Ngarai Paling Indah di Dunia

Ngarai atau jurang adalah salah satu keajaiban dunia alami yang terbentuk selama ribuan tahun oleh sungai. Kebanyakan ngarai terbentuk oleh proses erosi pada dataran tinggi yang berlangsung sangat lama. Ngarai menyajikan beberapa pemandangan paling spektakuler di bumi (dan bahkan di tata surya ), tidak hanya dari segi ukurannya saja tetapi juga karena keindahannya yang luar biasa. Berikut 10 ngarai atau jurang paling indah di dunia.
1. Grand Canyon, Amerika Serikat
Grand Canyon terletak di utara Arizona dan merupakan salah satu atraksi wisata utama di Amerika Serikat. Terbentuk selama beberapa juta tahun oleh Sungai Colorado, ngarai ini memiliki kedalaman lebih dari 1,6 km dan 446 km panjangnya. Grand Canyon bukanlah ngarai terdalam atau terpanjang di dunia, tetapi ukurannya yang sangat besar dan lanskap yang rumit dan berwarna-warni menawarkan pemandangan spektakuler bagi para pengunjung yang tak tertandingi di seluruh dunia.
2. Fish River Canyon, Namibia
Fish River Canyon adalah ngarai terbesar kedua setelah Grand Canyon di Arizona dan salah satu objek wisata utama di Namibia. Ngarai ini memiliki sebuah jurang raksasa, total sekitar 160 km panjangnya, hingga 27 km lebarnya dan hampir 550 meter dalamnya. Karena Fish River dibendung, sehingga ngarai ini hanya memiliki sejumlah kecil air yang mengalir.
3. Tiger Leaping Gorge, China
Tiger Leaping Gorge terletak di Sungai Yangtze di barat daya China. Memiliki panjang sekitar 15 km, ngarai ini melewati serangkaian jeram yang dikelilingi oleh pegunungan di kedua sisinya yang setinggi 3.000 meter di atas sungai. Ngarai ini juga diyakini sebagai ngarai yang terdalam di dunia. Jarak ngarai tersempit hanya sekitar 30 meter lebarnya.
4. Gorge du Verdon, Prancis
Gorge du Verdon adalah ngarai sungai di tenggara Prancis yang dianggap oleh banyak orang sebagai ngarai yang paling indah di Eropa. Ngarai ini memeiliki panjang sekitar 25 kilometer dan ketinggian 700 meter dari sungai Verdon di bawahnya. Sungai Verdon, dinamai demikian karena warna hijau zamrudnya yang mengagumkan. Daerah ini telah menjadi magnet wisata bagi para penjelajah, pendaki dan pecinta olahraga air yang meliputi arung jeram, kayak, berlayar, dan ski air.
5. Antelope Canyon, Amerika Serikat
Dengan batuan berbentuk kurva dan berwarna oranye dan ungu menyala, Antelope Canyon adalah salah satu lembah yang paling sering difoto di dunia. Kedua sisi lembah ini begitu sempit sehngga di beberapa tempat anda dapat meregangkan tangan anda dan menyentuh kedua sisinya. Meskipun lembah ini sangat indah, lembah ini kadang-kadang juga bisa sangat berbahaya. Pada tahun 1997 banjir bandang menyapu Antelope Canyon dan menewaskan 11 wisatawan.
6. Waimea Canyon, Hawaii
Waimea Canyon, terletak di sisi barat Kauai, adalah ngarai terbesar di Pasifik dan salah satu ngarai yang paling berwarna-warni di dunia. Ngarai ini memiliki panjang 16 km, lebar 1,6 km dan kedalaman 1.100 meter. Ngarai ini terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu oleh sungai yang mengalir dari Gunung Waialeale di tengah pulau.
7. Copper Canyon, Meksiko
Copper Canyon sebenarnya adalah sebuah jaringan lembah yang jika disatukan akan berukuran beberapa kali lebih besar daripada Grand Canyon. Cara yang paling populer untuk menjelajahi Copper Canyon adalah dengan kereta api “Chihuahua al Pacifico”. Jalur ini melewati 37 jembatan dan melalui 86 terowongan, naik setinggi 2.400 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan lembah di bawahnya.
8. Colca Canyon, Peru
Colca Canyon adalah sebuah ngarai di Sungai Colca, yang terletak di pegunungan Andes, selatan Peru. Kedalaman lembah ini lebih dari dua kali dari kedalaman Grand Canyon, namun dinding ngarai di Colca ini agak lebih landai. Daya tarik wisata di sini, disamping pemandangan yang mengagumkan, adalah burung kondor Andean. Burung kondor ini dapat dilihat pada jarak yang cukup dekat saat mereka melayang di atas ngarai.
9. King’s Canyon, Australia
King’s Canyon adalah salah satu atraksi wisata utama di daerah gurun selatan dari Northern Territory di Australia. Formasi kubah enigma, tebing yang tajam, dan pemandangan yang indah dari gurun yang berada di sekitarnya membuat para pengunjung tidak dapat melupakan ngarai ini. Bagian ngarai ini juga merupakan situs suci Aborigin dan pengunjung disarankan untuk berjalan kaki.
10. Todra Gorge, Maroko
Todra Gorge terletak di sisi timur terpencil di Pegunungan Atlas dan merupakan salah satu objek wisata populer di Maroko. 600 meter terakhir dari Todra Gorge adalah bagian ngarai yang paling spektakuler, berupa ngarai yang menyempit ke arah jalan berbatu hingga hanya 10 meter saja lebarnya di tempat-tempat dengan dinding tebing yang terjal dan halus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s