Victoria Falls

Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, “asap menggelegar.” Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.
Meskipun bukan yang tertinggi maupun air terjun terlebar di dunia, itu diklaim menjadi yang terbesar. Klaim ini didasarkan pada lebar 1.708 meter (5.604 kaki)dan tinggi 108 meter (354 kaki), membentuk lembaran terbesar air jatuh di dunia.

Pada 1904 Victoria Falls Hotel dibuka untuk menampung pengunjung yang tiba di kereta api baru. Air terjun ini menjadi daya tarik semakin populer selama kekuasaan kolonial Inggris Utara Rhodesia (Zambia) dan Rhodesia Selatan (Zimbabwe), dengan kota Victoria Falls menjadi pusat wisata utama.

Pada tahun 1964, Rhodesia Utara menjadi negara bagian independen dari Zambia. Tahun berikutnya, Rhodesia secara sepihak memproklamasikan kemerdekaan. Hal ini tidak diakui oleh Zambia, Inggris atau sebagian besar negara bagian dan menyebabkan PBB-mandat sanksi. Menanggapi krisis muncul, pada tahun 1966 Zambia dibatasi atau dihentikan penyeberangan perbatasan; tidak membuka kembali perbatasan sepenuhnya sampai 1980. Perang gerilya muncul di sisi selatan Zambezi dari 1972: Perang Zimbabwe-Rhodesia. Jumlah pengunjung mulai turun, terutama pada sisi (Zimbabwe) Rhodesia. Perang terpengaruh Zambia melalui serangan militer, menyebabkan yang terakhir untuk menerapkan tindakan keamanan termasuk penempatan tentara untuk membatasi akses ke ngarai dan beberapa bagian dari air terjun.
Kemerdekaan Zimbabwe pada tahun 1980 membawa perdamaian komparatif, dan 1980-an menyaksikan tingkat baru pariwisata dan pengembangan wilayah ini sebagai pusat olahraga petualangan. Kegiatan yang mendapatkan popularitas di daerah termasuk arung jeram di ngarai, bungee jumping dari jembatan, memancing, berkuda, kayak, dan penerbangan lebih dari air terjun.

Taman nasional
Dua taman nasional di air terjun relatif kecil – Mosi-oa-Tunya National Park adalah 66 kilometer persegi (16.309 hektar) dan Victoria Falls National Park adalah 23 kilometer persegi (5.683 hektar). Namun, di samping yang terakhir di tepi selatan adalah Zambezi National Park, membentang 40 kilometer (25 mil) barat sepanjang sungai . Hewan dapat bergerak di antara dua taman Zimbabwe dan juga dapat mencapai Matetsi Safari Area, Kazuma Pan Nasional Park dan Taman Nasional Hwange di selatan .
Di sisi Zambia, pagar dan pinggiran Livingstone cenderung membatasi kebanyakan hewan ke Mosi-oa-Tunya National Park. Di pagar Selain disiapkan oleh loge sebagai respons terhadap kejahatan membatasi gerakan hewan.

Vegetasi
Mopane hutan savana mendominasi di daerah itu, dengan area yang lebih kecil dari Miombo dan hutan Jati Rhodesia dan semak belukar padang rumput. Sungai hutan dengan pohon-pohon palem garis tepi dan pulau-pulau di atas air terjun. Aspek yang paling penting dari vegetasi di daerah itu meskipun adalah hutan hujan dipelihara oleh semprotan dari jatuh, yang berisi tanaman langka untuk daerah seperti mahoni polong, kayu hitam, kelapa gading, kurma liar dan beberapa tanaman merambat dan liana. vegetasi telah menderita dalam kekeringan terakhir, dan sehingga memiliki hewan yang bergantung padanya, terutama kijang.

Margasatwa
Taman nasional margasatwa yang banyak mengandung termasuk populasi yang cukup besar dari gajah, kerbau, jerapah, zebra, dan berbagai kijang. Singa dan macan tutul hanya sesekali terlihat. Vervet monyet dan babon yang umum. Sungai di atas jatuh berisi populasi besar dari kuda nil dan buaya. Gajah menyeberangi sungai di musim kering pada titik persimpangan tertentu.
Klipspringers dan berang-berang clawless dapat dilihat sekilas pada ngarai, tetapi mereka terutama dikenal selama 35 spesies raptor. Para Taita Falcon, Black Eagle, Peregrine Falcon berkembang biak Buzzard sana. Di atas air terjun, bangau dan jenis berbagai unggas air yang umum.

Ikan
Sungai ini adalah rumah bagi 39 spesies ikan di bawah air terjun dan 89 spesies di atasnya. Hal ini menggambarkan efektivitas jatuh sebagai penghalang pemisah antara Zambezi atas dan bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s