Abingdon Miniature Village

Perth selalu menyimpan kejutan. Ada banyak atraksi unik yang bisa kita temukan di berbagai penjuru daerahnya. Salah satu hal unik tersebut adalah Abingdon Miniature Village. Di tempat ini kita akan menemukan berbagai bangunan khas negara Inggris yang dibuat dalam bentuk mini, serta keindahan lansekap taman dengan berbagai jenis pepohonan dan bunga yang terawat dengan sangat rapi membuat suasana di Abingdon Miniature Village menjadi semakin apik dan menawan.

Berada di Abingdon Miniature Village membuat kita serasa kembali berada di era zaman klasik Inggris lewat desain arsitektur miniatur bangunannya serta atmosfir yang diciptakan lewat penataan berbagai hal yang ada disini.

Saat baru melewati gerbang masuk, kita akan disambut oleh sekumpulan bunga wisteria yang bermekaran cantik yang tumbuh di sepanjang jalur taman, berpadu dengan rerumputan hijau dan pohon-pohon yang dipangkas rapi, membuat kita seakan jatuh cinta pada pandangan pertama kepada tempat ini karena keindahannya.

Abingdon Miniature Village pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 2003 setelah melewati proses pembangunan selama 4 tahun. Area seluas hampir dua hektar di kota Mandurah ini memiliki taman-taman cantik yang kualitasnya telah diakui oleh publik, terbukti lewat beberapa penghargaan yang telah dimenangkan oleh Abingdon Miniature Village dalam hal penataan taman.

Nama tempat ini diambil dari sebuah kota di Inggris, yakni Abingdon yang berada di area Oxfordshire. Ide dari pembangunan Abingdon Miniature Village berawal dari pasangan suami istri, Ian Klopper dan Sonia Klopper. Pada tahun 1991 setelah berkunjung ke Cockington Green yang merupakan atraksi desa miniatur di Canberra, mereka mendapatkan ide untuk membangun tempat yang serupa.

Setelah melewati berbagai proses perencanaan, akhirnya pembangunan Abingdon Miniature Village dimulai pada tahun 1999 di sebuah lahan kosong yang ditumbuhi oleh berbagai semak-semak. Pada tahun 2000, Sonia memindahkan dan merenovasi sebuah rumah tua yang berasal dari tahun 1940 ke Abingdon Miniature Village.

Proses pembangunan taman serta bangunan-bangunan mini pun dikerjakan dari tahun ke tahun hingga 2003. Bahkan mereka juga membangun fasilitas shuttle bus disini untuk mengantar jemput para pengunjung dari dan ke stasiun kereta api Mandurah.

Bangunan miniatur yang terdapat di Abingdon Miniature Village merupakan replika dari berbagai bangunan bersejarah khas Inggris dan dibangun dengan skala 1:10. Total bangunan miniatur yang ada disini adalah 35 buah yang kesemuanya dibuat langsung oleh tangan para pengrajin dengan sangat teliti sehingga hasilnya terlihat persis menyerupai aslinya.

Ada replika Abingdon County Hall yang berada dari abad 17. Lalu ada The Old Anchor Inn, Saint Nicholas Church, Anne Hathaway’s Cottage, Mary Arden’s House, Red Lion Pub, Old Anchor Inn Pub, dan lainnya. Mayoritas merupakan bangunan bersejarah yang berasal dari kota Abingdon.

Kita juga bisa menemukan tiga buah bangunan yang memiliki hubungan dengan William Shakespeare, sang pujangga legendari asal Inggris. Salah satu miniatur bangunan tersebut adalah rumah yang menjadi tempat kelahiran Shakespeare. Tidak hanya miniatur bangunan yang ada di Abingdon Miniature Village. Kita juga bisa menemukan miniatur orang, binatang, dan alat transportasi.

Misalnya saja di miniatur Village Green kita bisa menemukan orang-orang kecil yang sedang bermain cricket, nelayan yang sedang memancing di kanal dekat sungai, atau orang-orang yang sedang menghadiri pesta pernikahan di gereja. Hal ini membuat suasana di sekitar bangunan miniatur terasa lebih hidup. Temukan juga miniatur kereta api uap yang berjalan di jalur rel yang menyusuri area Abingdon Miniature Village.

Di sekitar area bangunan miniatur kita bisa menyaksikan taman-taman yang tertata dengan sangat rapih dan telihat berwarna-warni dengan berbagai jenis bunga yang bermekaran. Tempat ini memiliki lebih dari 300 jenis tumbuhan yang tumbuh sesuai dengan musim, seperti azalea, tulip, daffodil, fressia, bluebell, serta pohon bunga plum, ceri, crabapple, dan lain-lain. Jika anda berkunjung di waktu akhir musim dingin, maka akan bertemu bunga jenis primula, pansy, dan viola; bunga tulip di musim semi, serta bunga mawar di musim panas.

Kita juga bisa berkunjung ke “secret garden” yang ditumbuhi oleh berbagai jenis mawar yang merekah. Mengapa dinamakan secret garden? Temukan saja jawabannya langsung di Abingdon Miniature Village!

Kunjungi juga beberapa labirin besar yang terbuat dari pagar tumbuhan disini. Salah satu labirinnya bahkan memiliki luas mencapai 1000 meter persegi. Anda bisa menguji kemampuan navigasi dan kecerdikan anda dengan mencari jalan keluar labirin, atau menantang teman dan keluarga dalam mencapai garis finish.

Abingdon Miniature Village juga baru saja membangun fasilitas mini golf dengan 12 lubang. Permainan ini tentu saja dapat dimainkan bersama oleh seluruh keluarga. Jika anda ingin bersantai setelah berjalan-jalan, maka datanglah ke Ruby House.

Tempat inilah yang merupakan rumah tua dari tahun 1940 yang dipindahkan ke Abingdon Miniature Village, yang saat ini memiliki kapasitas 62 kursi di dalam ruangan dan 40 kursi di beranda luar. Disini kita akan disediakan jamuan teh khas Inggris.

Nikmati berbagai jenis teh, makanan ringan, menu makan siang, atau hidangan ala Devonshire yang khas dengan teh, roti scone, selai, dan krim yang dihidangkan dengan peralatan makan antik. Selain itu anda juga bisa berpiknik di area rumput sambil membakar barbeque.

Abingdon Miniature Village berada di Husband Road, Barragup – Mandurah. Untuk masuk kesini, maka anda harus membayar sebesar 15 AUD untuk dewasa dan 8 AUD untuk anak-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s