Araluen Botanic Park

Musim semi pastilah memberikan atmosfir yang berbeda bagi suasana sekitar. Berbagai jenis bunga yang mekar semarak dan berwarna-warni di musim semi membuat keadaan terasa menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Karena itu luangkanlah waktu anda untuk lebih banyak menikmati udara luar dan alam bebas disaat musim semi.

Hirup cuaca yang segar dan keindahan pemandangan yang akan memberikan perasaan menyenangkan di hati kita. Jika anda sedang berada di Perth, kunjungilah berbagai taman yang ada di kota ini. Anda akan menemukan bunga-bunga cantik memamerkan kelopaknya yang menawan. Salah satu tempat yang dikhususkan untuk menyambut meriahnya musim semi dan kekayaan berbagai tanaman alam adalah Araluen Botanic Park.

Araluen Botanic Park yang kerap disebut sebagai “Heaven In The Hills” ini berada di kawasan Darling Range. Tepatnya di 362 Croyden Road, di kota Roleystone dan berlokasi hanya sejauh 35 kilometer dari Central Business District Perth. Tempat ini merupakan taman seluas 59 hektar yang ditata sedemikian rupa dengan berbagai jenis tumbuhan, terdiri dari bermacam jenis tumbuhan eksotik serta tumbuhan asli Australia.

Sejarah taman raksasa ini berawal dari ide seorang pendiri Young Australia League bernama Jack Simons yang awalnya ingin mendirikan kawasan berkemah di tahun 1929. Ia memilih lokasi di daerah Roleystone, dan menamakannya sebagai Araluen yang berarti “air yang bernyanyi” dalam bahasa Aborigin.

Pembangunan taman inipun dibangun dengan bantuan dari anggota Young Australia League dan sukarelawan lainnya, serta didesain oleh arsitek asal Perth yang bernama W.G. Bennet. Pada tahun 1990 kepemilikan Araluen Botanic Park berpindah ke tangan pemerintah setempat, serta telah mengalami berbagai restorasi dan perbaikan hingga saat ini.

Karena Australia Barat memiliki sifat iklim yang unik, maka Araluen Botanic Park mampu menanam tanaman yang berasal dari dari iklim tropis maupun iklim dingin. Hal ini menciptakan kekayaan keanekaragaman varietas tumbuhan di taman ini. Beberapa jenis bunga yang bisa kita temukan disini adalah Magnolia, Lilac, Peony, Luculia, Tulip, dan Michelia.

Tidak saja bunga-bungaan yang menjadi daya tarik di Araluen, disini juga terdapat berbagai jenis pohon yang beberapa diantaranya sudah berusia cukup tua. Jenis-jenis pohon yang berada disini diantaranya adalah dari jenis Thuja, Liquidambar, Camellia, Wisteria, Laurus, berbagai jenis Eucalyptus, Fraximus, dan Rhododendron.

Keanekaragaman ini membuat Araluen Botanic Park telah mendapat pengakuan internasional, terutama untuk jenis tumbuhan mawar dan camellia. Beberapa penghargaan dan pengakuan tersebut diantaranya berasal dari International Camellia Society dan majalah Rosa Mundi yang berasal dari Amerika Serikat.

Araluen juga memiliki koleksi beberapa jenis fauna, yang terutama merupakan fauna khas Australia Barat dari jenis burung, reptil, dan marsupial. Jika kita sedang berjalan diantara taman-taman, mungkin kita akan menemukan kangguru abu-abu yang sedang memakan rumput, atau walabi.

Atau di dahan pepohonan kita akan melihat bermacam jenis burung, seperti Kookabura, Tawny Frogmouth, Western Rosella, dan berbagai jenis burung betet. Di area kolam yang tersebar di sekitar taman juga terdapat berbagai jenis kodok dan ikan yang hidup di dalamnya. Dan ingatlah untuk berhati-hati saat berjalan di area semak, karena anda bisa saja menemui berbagai jenis ular, kadal, dan reptil lainnya.

Salah satu yang jangan sampai anda lewatkan, tentu saja menikmati musim semi di Araluen Botanic Park. Pada bulan Agustus dan September, taman akan dipenuhi oleh 100 ribu lebih batang bunga yang bermekaran dengan beraneka warnanya yang menawan.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke negeri Belanda untuk melihat tulip, di taman ini setiap musim semi anda akan bisa menikmati keindahan tulip berwarna merah, kuning, pink, putih, jingga, dan kuning yang bergerombol semarak dengan penataan taman yang sedemikian rupa.

Karena kemeriahan inilah maka setiap musim semi juga diadakan festival Springtime in Araluen, yang menyajikan pameran bunga tulip sebagai atraksi utamanya. Tak heran bila setiap tahunnya ada 100 ribu orang lebih yang mengunjungi Araluen setiap musim semi untuk menyaksikan langsung keindahan ini.

Tak hanya festival bunga, festival lain yang bisa kita kunjungi pada musim semi di Araluen adalah Araluen Folk Festival. Walaupun ini bukanlah festival dalam skala yang besar, namun tetap menarik untuk dikunjungi karena menghadirkan berbagai musisi dari berbagai negara yang membawakan bermacam jenis musik folk yang cantik. Sangat cocok dengan nuansa musim semi. Festival ini diadakan di Camp Simons, yakni sebuah hostel yang berada tepat di seberang Araluen Botanic Park.

Walaupun begitu Araluen Botanic Park tidak hanya merayakan musim semi saja. Berbagai event lain juga kerap diadakan disini. Misalnya adalah Chili Festival yang diadakan tiap bulan Maret. Event yang diadakan selama 2 hari ini merayakan keanekaragaman jenis cabai serta kekayaan kuliner yang berbahan dasar cabai.

Anda yang suka pedas pasti akan sangat menyukainya karena akan ada lebih dari 80 stand yang menjual berbagai produk dan makanan dari cabai. Event lainnya adalah Rose Pruning Demonstration yang merayakan keanekaragaman varietas bunga mawar dan diadakan pada bulan Juli.

Jadi tunggu apa lagi? Araluen Botanic Park hanya sejauh satu jam dari kota Perth dan buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 6 sore. Tiket masuk sebesar 4 AUD untuk dewasa dan 2 AUD untuk anak-anak. Maka jangan sampai lewatkan semaraknya Araluen Botanic Park di musim semi. Bunga-bunga tulip yang bermekaran telah menunggu anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s