Conuhu Koala Park

Binatang koala sudah menjadi salah satu simbol utama dari negara Australia. Pada awalnya dahulu di abad ke delapan belas saat para koloni datang ke benua ini, mereka mengira koala adalah semacam jenis dari beruang. Walaupun begitu, koala bukanlah beruang. Ia adalah binatang marsupial yang merupakan jenis dari mamalia.

Keunikan binatang marsupial ini adalah memiliki semacam bagian menyerupai kantung di tubuhnya yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh dan merawat bayinya. Kata “koala” berasal dari bahasa Aborigin yang artinya “tidak minum”. Hal ini dikarenakan koala memang tidak pernah minum air secara langsung, ia mendapatkan pasokan air dari daun eucalyptus yang menjadi bahan makanan utamanya.

Koala di Australia terbagi dari tiga jenis subspesies, yakni yang berasal dari daerah Victoria, New South Wales, dan Queensland. Hingga saat ini koala paling sering digunakan sebagai ikon industri pariwisata di Australia. Karena itu, kita dapat menemui banyak tempat di berbagai belahan negeri Australia yang menawarkan interaksi langsung dengan koala. Salah satu tempat tersebut yang berada di Perth adalah Cohunu Koala Park.

Cohunu Koala Park pertama kali didirikan tahun 1982 di lahan seluas 14 hektar. Tempat ini berada di kaki bukit Darling Range dan berjarak tempuh sejauh 49 kilometer dari kota Perth, atau dengan waktu tempuh selama 40 menit.

Pada awal didirikannya, Cohunu Koala Park hanya memiliki koloni koala yang terdiri dari 4 ekor koala yang berasal dari Australia bagian selatan. Sekarang jumlahnya telah bertambah hingga mencapai 25 ekor. Tempat ini sebelumnya berada di Mills Park Road, daerah Gosnells. Pada tahun 2005, Cohunu Koala Park dipindahkan ke lokasinya yang sekarang yakni di Nettleton Road, Byford.

Hal paling utama yang bisa anda lakukan di Cohunu Koala Park tentu saja adalah bertemu dengan para koala. Anda bisa memegang dan memeluk langsung para koala yang ada disini. Namun demi alasan keamanan, anak-anak dengan tinggi dibawah 140cm tidak boleh memeluk koala, tapi hanya diperbolehkan untuk memegang dan memberi makan.

Agar koala betah berlama-lama di pelukan anda, jangan lupa untuk membawa serta beberapa ranting daun eucalyptus agar bisa dimakan oleh koala. Memeluk tubuh koala yang empuk serta berbulu lembut pastilah akan terasa menyenangkan dan berkesan.

Jangan lewatkan kesempatan ini, karena Cohunu Koala Park adalah tempat satu-satunya di Australia Barat yang mengizinkan pengunjung untuk berlama-lama menyentuh dan memeluk koala. Selain itu anda juga bisa melihat bagaimana kehidupan koala secara langsung, melihatnya saat sedang memanjat, bermain, makan, tidur, atau mungkin jika anda sedang beruntung anda bisa melihat bayi koala yang sedang digendong oleh induknya.

Ya, koala di Cohunu Koala Park melahirkan sekitar enam sampai delapan bayi setiap tahunnya dan mayoritas para anakan ini dijual kepada berbagai kebun binatang di Australia. Selain itu kita juga bisa berfoto sambil menggendong koala di Cohunu Photo Session yang dilaksanakan setiao hari mulai pukul 10 pagi sampai dengan 4 sore. Untuk biaya berfoto memang agak mahal, yakni 25 AUD per orang, serta 15 AUD untuk foto tambahan.

Tidak hanya koala, di Cohunu Koala Park juga terdapat berbagai jenis binatang lain. Beberapa jenis binatang khas Australia yang ada disini adalah kangguru, burung emu, dingo, quokka, echidna, dan walabi. Kangguru yang ada disini dibiarkan bebas berkeliaran di areanya dan kitapun bisa memberi makan mereka.

Binatang lain yang bisa anda beri makan langsung lewat tangan anda adalah rusa, burung hantu, dan alpaca. Cohunu Koala Park masih memiliki banyak koleksi binatang lainnya, seperti ilama, kuda poni, angsa hitam, burung unta, burung pelikan, serta berbagai jenis burung yakni burung hantu, burung betet, burung merak, dan kookaburra. Anda bisa melihat secara langsung burung elang bertubuh besar yang tingginya mencapai 3 kaki disini.

Kita juga bisa berkunjung ke area taman yang memiliki bermacam-macam patung. Mayoritas patung yang ada disini adalah patung dinosaurus yang berukuran cukup besar dari berbagai jenis serta hewan purba lainnya, sehingga membuat kita seakan sedang berada di Jurassic Park. Maka itu jangan sampai anda tidak mengambil foto diantara patung-patung ini.

Selain itu anda juga bisa menaiki Cohunu Park Railway, yakni kereta mini yang mengelilingi area Cohunu Koala Park. Kereta ini lebih sering dioperasikan saat weekend atau hari libur. Anda cukup membayar dengan 4 AUD untuk menaikinya. Kita juga bisa berjalan-jalan diantara area semak yang menjadi lansekap khas alam liar Australia.

Area semak ini telah disediakan meja dan kursi piknik, sehingga kita bisa bersantai sejenak disini. Jika anda merasa lapar, maka bisa datang ke kafetaria yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Disini juga terdapat toko souvenir jika anda ingin pulang dengan membawa oleh-oleh khas dari Cohunu Koala Park.

Cohunu Koala Park buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah 15 AUD, sedangkan untuk anak-anak adalah 5 AUD. Untuk anak balita dibawah umur 4 tahun tidak dikenakan biaya masuk.

Jadi tunggu apa lagi, segera datang ke Lot 103 Nettleton Road, Byford untuk memeluk para koala di Cohunu Koala Park. Untuk menuju kesini dari kota Perth, anda bisa menaiki kereta sampai ke Armadale Station. Setelah itu anda bisa menaiki taksi atau bus ke lokasi yang hanya memakan waktu tempuh 10 menit dari stasiun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s