Gravity Discovery Centre

Apakah anda beserta keluarga mencari kegiatan yang menghibur sekaligus mampu memberikan edukasi untuk mengisi waktu liburan? Maka anda bisa berkunjung ke Gravity Discovery Centre yang terletak di sebelah utara Perth. Tempat ini merupakan pusat edukasi sains yang berada dalam area Australia International Gravitational Obeservatory di dekat daerah Gingin.

Gravity Discovery Centre menjadi pusat utama untuk tempat pembelajaran fisika dan astronomi di area Australia Barat, serta menjadi satu-satunya pusat edukasi di Australia yang memfokuskan diri pada bahasan mengenai kosmologi, astronomi, dan gravitasi.

Tempat ini dikelola oleh University of Western Australia, dan disekitarnya dikelilingi oleh area semak-semak yang di waktu-waktu tertentu ditumbuhi oleh berbagai macam jenis bunga liar. Gravity Discovery Centre pernah mendapatkan penghargaan Eureka Prize di tahun 2005 untuk usaha mengenalkan pemahaman sains bagi khalayak luas.

Disini tersedia berbagai fasilitas yang menarik dan unik yang bisa dinikmati oleh anak-anak, keluarga, pelajar, dan wisatawan. Gravity Discovery Centre memiliki misi untuk menyadarkan bahwa umat manusia merupakan penjaga dari sebuah planet kecil di tengah alam semesta yang luas dan menakjubkan ini, serta untuk memberikan inspirasi, menantang, serta mendidik melalui eksplorasi atas waktu, ruang, dan gaya gravitasi.

Di tempat ini kita bisa melakukan sains, menerjemahkan sains, mengkomunikasikan sains, sehingga semua orang juga bisa tertarik dan terlibat dalam sains.

Salah satu atraksi utama yang menjadi kebanggaan Gravity Discovery Centre adalah Leaning Tower of Gingin. Leaning Tower of Gingin merupakan menara yang terbuat dari struktur baja dengan tinggi mencapai hingga 45 meter dengan kemiringan 15 derajat. Kemiringan sudut ini bertujuan untuk meniru beberapa kondisi percobaan yang telah dilakukan oleh berbagai ahli cendekiawan dunia.

Untuk menuju ke atas menara, kita bisa menaiki tangga yang memiliki 222 buah anak tangga untuk dilewati. Dari puncak menara ini kita bisa melihat pemandangan di sepanjang Wallingup Plains sampai ke Darling Scarp. Melihat pemandangan dari lokasi setinggi ini tentu saja akan membuat kita bisa mengapresiasi lansekap ini dalam bentuk keindahan yang berbeda.

Learning Tower of Gingin dirancang untuk meniru percobaan Galileo saat 444 tahun yang silam. Saat itu ia mencoba untuk menguji hipotesis Aristoteles yang menyatakan bahwa benda yang berat dapat jatuh dengan lebih cepat daripada benda yang lebih ringan. Lalu ia mengadakan percobaannya di Menara Pisa dengan menjatuhkan berbagai jenis barang dari puncak menaranya.

Di Solar System Walk kita bisa menemui jalur sepanjang 1 kilometer yang berlatar belakang simulasi tata surya kita, mulai dari matahari sampai ke Planet Pluto. Disini kita bisa mengetahui dengan lebih jelas perbandingan ukuran berbagai planet, terutama tentang betapa kecilnya ukuran planet bumi jika dibandingkan dengan ukuran-ukuran planet yang lain.

Saat sedang berjalan di jalur Solar System Walk, kita bisa menemui kangguru yang dimiliki oleh Gravity Discovery Centre. Anda juga bisa mengunjungi Biodiversity Gallery berbagai keanekaragaman flora dan fauna.

Temui beberapa makhluk predator berukuran kecil disini serta berbagai tetumbuhan. Beberapa diantaranya bisa anda teliti dibawah mikroskop. Dalam kesempatan tertentu, diadakan kegiatan memburu binatang diantara semak-semak dan pepohonan di Biodiversity Gallery, dan hasil penangkapannya akan dipamerkan dalam galeri.

Jangan lupa untuk mengunjungi Cosmology Gallery yang didedikasikan untuk mengeksplorasi asal-usul alam semesta serta peran umat manusia di dalamnya, dengan keanekaragaman perspektif dari ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan masyarakat. Disini kita bisa menemui timeline penciptaan alam semesta mulai dari proses big bang hingga ke masa sekarang.

Kita juga bisa mengetahui berbagai proses evolusi yang terjadi di bumi. Lalu ada Niobium Bar yang terdapat alat detektor gelombang gravitasional, atau yang biasa disebut dengan Niobe. Niobe merupakan hasil dari teknologi canggih yang berdasarkan pada superkonduktivitas dan gelombang mikro, serta dikembangkan di Australia Barat.

Dalam Cosmology Gallery juga terdapat berbagai hasil karya seni dari seniman lokal yang bertemakan budaya, sains, agama, dan astronomi. Selain itu ada juga Celestial Visions, yakni pameran karya fotografi yang menampilkan gambar-gambar alam semesta yang indah, beserta berbagai tempat serta lansekap yang berada di dalamnya.

Selain itu kita juga bisa menemui berbagai pameran yang mendemonstrasikan berbagai proses eksperimen serta cara kerja sains. Beberapa pameran yang terdapat disini adalah The Corkscrew Laser, The 4D Cube, dan The Ion Drive Lifter. Atau kunjungi Gingin Observatory yang terdapat di sebelah Gravity Discovery Centre.

Disini kita bisa melihat bintang, bulan, planet serta hal-hal lain yang berada di tata surya kita melalui teleskop. Gravity Discovery Centre juga mengadakan event-event tertentu setiap tahunnya, misalnya adalah event National Science Week yang diadakan pada bulan Agustus. Atau jika anda lapar dan ingin menikmati makan siang, ada Stargazer Café yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman.

Gravity Discovery Centre buka setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 09.30 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Harga tiket bagi dewasa adalah 15 AUD, untuk anak-anak sebesar 10 AUD, dan 12 AUD untuk pelajar atau warga senior. Gravity Discovery Centre terletak di 1098 Military Road, Gingin West 6503.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s