Kings Park

Jika anda baru pertama kali berkunjung ke kota Perth, pasti setiap orang akan merekomendasikan untuk mengunjungi sebuah tempat yang bisa dibilang menjadi permata kota Perth, yakni Kings Park. Kings Park adalah taman dan kebun raya seluas 400 hektar yang berlokasi di jantung Perth, tepatnya 1,5 km dari sebelah barat Cental Business District, serta berada di dekat Darling Range dan Swan River.

Taman ini dibangun tahun 1872, namun baru resmi dinamakan sebagaimana sekarang di tahun 1901. Disini juga terdapat sebuah bukit yang bernama Mount Eliza. Kings Park adalah salah satu bukti atas berbagai aspek historis Australia Barat, yang diwujudkan dalam koleksi flora, situs budaya, dan berbagai cerita bersejarah yang ada dibaliknya.

Sesampai di Kings Park, pertama-tama kita bisa mengunjungi Botanic Garden. Keunikan area seluas 17 hektar ini adalah bahwa di dalam tempat ini hanya terdapat tumbuhan lokal khas Australia. Ada sekitar 12.000 jenis tanaman yang tumbuh disini. Di gerbang masuk, kita akan disambut oleh dahan-dahan pohon Silver Princess dengan bunganya yang berwarna merah muda.

Setelah itu kita akan melewati jembatan bernama Lotterywest Walkway, yang dibuat dengan menghubungkan dua pohon besar. Disini kita bisa melihat-lihat pemandangan Kings Park dan kota Perth dari atas, sambil menyebrangi jembatan sejauh 620 meter.

Saat menyusuri jembatan ini kita juga bisa melihat-lihat beberapa taman yang ditumbuhi tumbuhan liar, lalu melewati Tuart Lawn dan Water Garden Valley. Setelah menuruni jembatan kita bisa menemui sebuah pohon baobab raksasa, lalu berbagai jenis taman seperti Water Garden, Acacia Garden, Grevillea & Hakea Garden, Roe Garden, dan Banksia Garden. Tak lupa juga Conservation Garden seluas 4600 meter persegi yang berisi tumbuhan-tumbuhan langka.

Selepas dari Botanic Garden, kita akan disuguhi Fraser Avenue. Disini kita bisa bersantai di tepi Swan River, menikmati hidangan mewah di Fraser’s Restaurant, atau sekedar mengobrol sambil minum kopi di Botanical Cafe. Ada juga tempat untuk berpiknik, yakni Pines Picnic Area. Jika merasa lelah untuk melanjutkan berjalan kaki, kita bisa melintasi Kings Park dengan City Sightseeing Bus.

Kita juga akan menemui State War Memorial Precinct, yakni monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang orang-orang Australia yang tewas dalam peperangan.
Beranjak dari Fraser Avenue, ada Lotterywest Family Area yang cocok dikunjungi bagi keluarga.

Disini terdapat Ivey Watson Playground, yakni taman bermain yang ditujukan bagi anak balita. Jika anak anda berusia lebih tua dari umur 5 tahun, maka tempat bermain yang lebih tepat adalah Synergy Parkland. Kita bisa menjumpai replika dinosaurus dalam skala besar disini.

Setiap musim panas juga rutin diadakan pagelaran bioskop outdoor. Di area bebas asap rokok ini kita juga menikmati makanan Zamia Café atau Bovell Kiosk.

Terakhir adalah Rio Tinto Naturescape, tempat bagi keluarga dengan anak-anak berumur 5 sampai 12 tahun. Walaupun begitu tempat ini bukanlah taman bermain, namun lebih sebagai arena petualangan tempat kita bisa mengenal dan berinteraksi dengan alam lebih jauh. Berbagai arena yang bisa ditemui disini adalah Lotterywest Bushbase, The Spring, Illyarrie Shelter, Chubby-Building Zone, Kulunga Gully, dan lain-lain.

Tiap musim semi bulan September, diadakan Kings Park Wildflower Festival yang merupakan festival kelas dunia. Disini kita bisa menikmati pameran tumbuhan dan bunga liar khas Australia, live music, pameran serta workshop. Festival dimulai di tanggal 1 September dan berakhir pada 7 Oktober.

Festival lain yang juga rutin diadakan yaitu Summer Events Program, yang diisi dengan pertunjukan musik serta pemutaran film dan teater. Selain itu tiap tahun di Kings Park juga menyelenggarakan perayaan hari nasional Australia di tanggal 26 Januari. Dan masih banyak lagi berbagai acara rutin dan non rutin yang kerap diadakan di Kings Park.

Bagi anda yang membutuhkan berbagai informasi atau peta lokasi Kings Park, langsung saja datang ke Visitor Information Centre yang terletak di Fraser Avenue. Atau bagi yang hobi bertanam, bisa mendapatkan informasi serta tips seputar flora di Garden Advisory Service.

Selain itu tak lengkap rasanya jika pulang dari Kings Park dengan tangan kosong, bukan? Jika ingin berbelanja souvenir atau membeli karya seni, ada dua tempat yang bisa dikunjungi. Pertama adalah Aspects of Kings Park di Fraser Avenue, lalu Aboriginal Art Gallery yang juga menampilkan berbagai karya dari seniman Aborigin.

Sebagai ruang publik, Kings Park buka setiap hari selama 24 jam. Walaupun begitu ada juga area-area yang hanya buka di hari dan jam tertentu. Jika anda ingin mengunjungi Kings Park dengan transportasi umum, maka bisa menaiki bus Transperth route 37 dan 39.

Anda ingin menginap di area sekitar Kings Park? Beberapa tempat yang bisa dituju adalah Kings Park Motel (0,9 km dari Kings Park), Sullivans Hotel (1,6 km dari Kings Park), Adelphi Hotel Apartments (1,8 km dari Kings Park), dan The Richardson Hotel & Spa (2 km dari Kings Park). Selain itu masih banyak juga lokasi penginapan lainnya yang tersedia. Maka, sampai bertemu di Kings Park!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s