Penguin Island

Perth memiliki beberapa pulau kecil di seberang lautannya yang menyimpan potensi keindahan alam, dan beberapa diantaranya merupakan atraksi wisata yang sudah diakui keberadaannya oleh dunia. Selain Rottnest Island, area kepulauan yang juga terkenal adalah Penguin Island. Penguin Island dapat ditempuh dari selatan Perth dengan hanya selama 45 menit.

Kepulauan ini menawarkan konsep ekoturisme bagi para wisatawan yang hendak berkunjung kesini. Luas Penguin Island hanyalah 12,5 hektar. Kita bisa menuju kesini lewat pantai di daerah Rockingham dengan menaiki angkutan feri yang tersedia di sekitar pantai dan dari sini kita hanya memerlukan waktu 5 menit untuk menuju ke Penguin Island.

Sesuai namanya, tempat ini merupakan tempat habitat sebuah koloni penguin berukuran kecil yang biasa disebut dengan Fairy Penguin atau Little Penguin. Penguin yang terlihat lucu ini merupakan satwa khas asli Australia Barat dan hanya dapat ditemukan di Penguin Island saja.

Little Penguin merupakan jenis burung penguin yang memiliki ukuran tubuh paling kecil diantara jenis penguin lainnya, dan tinggi penguin dewasanya hanya mencapai hingga 33 centimeter dengan berat tubuh sekitar 10 kilogram. Bulunya berwarna kebiru-biruan dengan bulu dada yang berwarna putih, dan rentang waktu hidup Little Penguin adalah sekitar 7 sampai 9 tahun.

Di Penguin Island sendiri terdapat kurang lebih 1.200 ekor Little Penguin. Kepulauan ini mayoritas terdiri dari permukaan dari batu kapur, serta terdapat tebing, tanjung, gua laut, pantai, teluk, dan lainnya. Beberapa area penting yang terdapat disini adalah Pelican Bluff, McKenzies Well, Abalone Point, North Rock, North Beach, South Beach, dan Surfer Beach. Penguin Island dikelilingi oleh area lautan yang merupakan bagian dari Shoalwater Islands Marine Park.

Untuk melihat Little Penguin secara langsung, anda bisa berkunjung ke The Island Discovery Centre. Penguin-penguin yang terdapat disini didapatkan dari bayi penguin yang ditinggalkan induknya, atau penguin yang diselamatkan setelah terluka. Penguin-penguin ini cukup jinak dan telah terbiasa dengan manusia.

Walaupun begitu di Island Discovery Centre ini kita tetap bisa melihat kehidupan koloni penguin di tempat yang mirip dengan habitat aslinya. Jangan lewatkan proses pemberian makanan bagi para penguin yang dilaksanakan selama tiga kali dalam satu hari, yakni pada pukul 10.30 pagi, 12.30 siang, dan 02.30 siang.

Selain itu Penguin Island juga memiliki berbagai macam satwa lainnya. Saat sedang berada disini kita akan sering menemui berbagai jenis burung laut yang sedang terbang, ataupun di pinggir pantai seperti oystercatcher, albatross, little eaggle, arctic squa, darter, ospreys, serta koloni burung pelikan yang terdiri dari sekitar 500 ekor. Temui juga anjing laut dan lumba-lumba di area sekitar pantai.

Banyak hal yang masih bisa kita lakukan di Penguin Island selain menyaksikan keanekaragaman fauna yang dimiliki kepulauan ini. Kita bisa berjalan-jalan di sekitar Penguin Island di area berjalan yang telah disediakan sepanjang 1,5 kilometer. Dengan berjalan di area ini, maka kita bisa berkeliling di permukaan Penguin Island tanpa harus merusak lingkungan sekitar. Perkiraan waktu tempuh di area ini adalah kurang lebih 45 menit.

Di sepanjang perjalanan kita bisa menikmati lansekap pesisir yan gmenawan, pantai yang berpasir putih, serta teluk yang terpencil. Kita juga bisa berpiknik di beberapa area piknik yang telah disediakan. Pengalaman makan siang sambil menikmati pemandangan pantai yang indah pasti akan terasa lebih menarik.

Anda juga bisa berenang di area pinggiran pantai Penguin Island yang berada di dekat The Island Discovery Centre. Air lautnya yang hangat dengan serta permukaan air yang cukup dangkal membuat anda bisa membawa anak-anak dan keluarga lainnya untuk berenang disini dengan aman. Pastikan untuk tidak berenang terlalu sore agar tubuh anda tidak kedinginan terkena angin laut sore.

Jika ingin lebih mengeksplorasi area laut Penguin Island, maka cobalah untuk diving. Ada area yang terdiri dari batu karang, menjadikan area ini tempat yang sempurna bagi anda untuk menikmati diving dan snorkeling.

Di area bebatuan karang ini kita juga bisa menemukan satwa laut seperti bintang laut, moluska, bulu babi, dan lumba-lumba hidung botol. Olahraga air lain yang bisa anda lakukan adalah kayak, scuba diving, memancing, wind surfing, memancing, kite boarding, surfing, dan boogie boarding.

Penguin Island hanya dibuka bagi pengunjung pada siang hari, mulai pertengahan bulan September hingga awal Juni. Kepulauan ini hanya dibuka pada waktu tersebut agar tidak mengganggu waktu berkembang biak para penguin.

Selain itu di Penguin Island juga tidak ada sarana akomodasi karena pengunjung hanya diizinkan untuk mengunjungi kepulauan ini pada siang hari sehingga kita tidak perlu menginap. Fasilitas sumber air minum dan toilet juga telah tersedia disini. Anda juga harus membawa sendiri makanan dan minuman karena Penguin Island tidak memiliki restoran ataupun tempat menjual makanan.

Untuk menuju ke Penguin Island, anda bisa naik feri dari Rockingham Jetty yang beroperasi setiap pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Bahkan anda bisa pergi ke lokasi dengan berenang sejauh 700 meter, atau dengan mengayuh kayak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s