Perth Hills

Perth Hills merupakan nama sebutan bagi sebuah kawasan regional yang berada di Darling Scarp, tepatnya diantara daerah Kalamunda dan Mundaring. Nama Perth Hills bukanlah nama daerah resmi, namun hanya sebagai nama sebutan saja demi kepentingan pariwisata dan marketing.

Area ini berada di bagian barat Perth, jalur masuk dimulai dari Greenmount Hill yang dilewati oleh jalan raya utama Great Eastern Highway, dengan waktu tempuh selama kurang lebih 1 jam dari kota Perth. Salah satu hal yang menonjol dari Perth Hills adalah ragam perkebunan anggurnya, yang mulai ditanami sejak era 1880 di Darlington.

Beberapa produk anggur utama yang dihasilkan disini adalah Shiraz, Chardonnay, Merlot, dan Cabarnet Sauvignon. Sedangkan beberapa pembuat anggur yang berada di Perth Hills antara lain York Wines, Deep Dene Wines, Lawnbrook Estate Wines, Jarrah Ridge Winery, Millbrook Winery Piesse Brook Wines, serta pembuat anggur lainnya yang total terdiri dari 35 buah winery.

Perth Hills juga menawarkan keindahan lansekap Darling Range yang asri dan menawan. Terutama pada waktu musim semi, berbagai tumbuhan dan bebungaan di sekitar lokasi menjadi semakin rindang dan terlihat menyegarkan. Atraksi lainnya di sekitar Perth Hills adalah Mundaring Weir, Mundaring Arts Centre, taman nasional, serta bermacam pilihan restoran yang menawarkan hidangan yang menggiurkan dan pilihan anggur yang berkualitas.

Selain berbagai wahana dan atraksi tersebut, Perth Hills juga kerap kali menyelenggarakan berbagai event dan festival dengan tema-tema menarik yang bisa kita datangi saat sedang mengunjungi daerah ini. Event dan festival ini biasanya diadakan hampir setiap bulan, beberapa diantaranya merupakan acara rutin tahunan, dan lainnya adalah acara non rutin. Berikut beberapa event dan festival di Perth Hills yang bisa kita temui:

Darlington Arts Festival

Darlington Arts Festival merupakan acara tahunan yang telah diadakan sejak era 1950 di Perth Hills. Di festival ini kita bisa menemukan pameran berbagai karya seni, baik dari seniman amatir maupun seniman profesional.

Beberapa pembagian jenis karya yang dipamerkan disini adalah Open Exhibition, Youth Art Exhibition (untuk seniman berusia 13 sampai 18 tahun), Children’s School Art, Junior Art (berisi karya seni dari anak berusia 6 sampai 12 tahun), Retrospective (menyajikan rangkaian karya dari seniman lokal yang ternama), Invited Exhibition, dan Artist in Motion. Kita juga bisa mengikuti berbagai workshop seni dan kerajinan tangan yang dipandu oleh seniman lokal.

Selain itu, di Darlington Arts Festival juga terdapat suguhan pertunjukan musik yang diadakan di dua panggung, dengan jenis musik yang beragam. Kita juga bisa menemukan stand-stand yang menjual berbagai jenis barang, mulai dari hasil kerajinan tangan hingga makanan. Darlington Arts Festival diadakan tiap tahun di bulan November, berlokasi di Darlington Hall dan Oval.

Mundaring Truffle Festival

Anda familiar dengan truffle? Jika belum, truffle adalah sejenis jamur yang tumbuh di bawah tanah, dan harga jualnya sangat mahal dikarenakan truffle merupakan salah satu jenis jamur yang langka karena tingkat kesulitan menanam yang tinggi dan masa panen yang lama.

Di Perth Hills, jamur ini dirayakan dalam Mundaring Truffle Festival, dengan fokus utamanya adalah kuliner. Di festival ini, kita akan bertemu berbagai chef ternama yang mengadakan kelas memasak serta workshop. Ada juga Perth Hills Wine Show yang menyajikan pameran hingga 100 macam anggur yang bisa ikut kita cicipi disini.

Selain itu terdapat berbagai stand yang menjual makanan jadi serta bahan-bahan makanan pilihan produksi lokal. Dan tentu saja, disini kita bisa ikut mencicipi sampel hidangan truffle yang fenomenal itu. Jenis acara lain yang bisa ditemukan disini adalah The Truffle & The Riesling, The Divine Miss M, Long Tabble Lunches, serta berbagai hiburan lainnya. Mundaring Truffle Festival diadakan pada bulan Juli dan berlokasi di Mundaring Community Sculpture Park.

Bickley Carmel Harvest Festival

Festival ini sudah diadakan sejak 15 tahun terakhir dan merayakan berbagai keragaman hasil holtikultura yang dihasilkan di Bickley Valley. Disini kita bisa mencicipi berbagai sampel makanan yang diproduksi oleh warga lokal, seperti anggur, sari buah apel, berbagai buah-buahan, serta suguhan pameran seni dan pertunjukan hiburan. Kita juga disuguhi oleh keindahan area sekitar yang bernuansa musim gugur, karena Bickley Carmel Harvest Festival diadakan setiap bulan Mei.

Walk The Zig Zag

Event ini merayakan keberagaman nuansa alam dengan menyelenggarakan aksi jalan bersama menyusuri berbagai tumbuhan dan bebungaan di musim semi. Bawalah keluarga anda untuk menyaksikan pucuk bunga liar yang bermekaran dengan menawan diantara lansekap perbukitan.

Berbagai atraksi untuk anak-anak juga bisa ditemukan disini, seperti Camel Ride, Zig Zag, Display, Park & Ride, dan lainnya. Walk The Zig Zag juga berusaha untuk mempromosikan kesadaran lingkungan bagi kehidupan sehari-hari.

Trek The Trail

Trek The Trail merupakan aksi bersepeda dan jalan bersama yang diadakan di bulan September, berlokasi di sepanjang Railway Reserves Heritage Trail. Nikmati berbagai hiburan, seni, aktivitas, cerita bersejarah, dan aktifitas fisik yang dilaksanakan diantara lansekap alam Mundaring yang indah.

Selain berbagai event diatas, di Perth Hills juga mengadakan pasar bulanan, seperti Mundaring Sunday Markets, Kalamunda Farmer’s Market, dan Kalamunda Village Market. Event lainnya disini adalah Spring in the Hills Gem Camera Club Inaugural Photographic Exhibition, Cosham Slow Food Bounty Picnic, Kalamunda Open Studios, dan Antiques & Collectors Fair.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s