Perth Zoo

Ya, tak lengkap rasanya berada di Perth tanpa mengunjungi Perth Zoo. Kebun binatang seluas 17 hektar ini pertama kali dibuka untuk publik pada tanggal 17 Oktober 1898 di South Perth, Australia Barat. Beberapa wahana satwa yang pertama kali berada disini adalah Gua Beruang, Rumah Mamalia, Rumah Kera, dan istana buatan untuk Guinea Pig, dengan total 6 orang staff kebun binatang.

Selain memperluas koleksi satwanya, pendiri Perth Zoo juga berupaya menghadirkan berbagai koleksi botani dan taman. Saat ini Perth Zoo telah bertumbuh pesat dengan memiliki 250 orang staff dan lebih dari 300 orang sukarelawan, serta koleksi satwa yang mencapai 1300 ekor dari 230 spesies.

Perth Zoo memiliki tiga area utama, yakni Asian Rainforest, African Savannah, dan Australian Walkabout. Selain itu terdapat juga beberapa area lain yang berukuran lebih kecil seperti Main Lake, Galapagos Tortoises, Lesser Primates, Talking Zoo, dan lain-lain.

African Savannah

Area ini merupakan proyek pembangunan terbesar yang ada di Perth Zoo di era 1898, dang menghadirkan habitat padang savana Afrika yang liar. Disini kita bisa menemui cheetah, zebra, babun, singa, jerapah, hyaena, kura-kura tortoise, anjing liar afrika, meerkat, dan badak.

Asian Rainforest

Disini tentu saja terdapat berbagai hewan liar yang berasal dari Asia. Selain itu area ini juga menjadi area yang paling banyak menyumbangkan konservasi hewan langka, salah satunya adalah Orangutan Sumatra. Hewan lain yang bisa ditemui disini adalah panda merah, harimau sumatra, beruang madu, gajah india, berang-berang, dan lain-lain.

Australian Walkabout

Area ini dibagi menjadi beberapa bagian yang kesemuanya menampilkan hewan liar khas Australia. Area tersebut adalah Penguin Plunge dimana kita dapat bertemu penguin berjenis kecil, Cockatoos tempat bagi berbagai jenis burung kakaktua, Reptile Encounter (berisikan reptil seperti kadal, ular, tokek, dan kura-kura berbagai jenis).

Lalu ada Nocturnal House, tempat bagi hewan-hewan yang aktif mencari makan di malam hari (terdiri dari tarantula australia, tikus air, tupai terbang, bilby, berbagai jenis burung hantu, dibbler, chuditch, kelelawar hantu, quenda, kalajengking, berbagai jenis tikus, dan lain-lain).

Selanjutnya adalah Australian Bushwalks (berisi dingo, emu, koala, numbat, quokka, berbagai jenis kangguru, wallabi, tasmanian devil, wombat, dan sebagainya), dan yang terakhir adalah Australian Wetland (menampilkan berbagai jenis angsa, itik, buaya, bebek, dan lain-lain). Selain itu kita juga dapat menemukan berbagai jenis burung lain seperti burung kasuari, burung nuri, burung betet, dan lainnya.

Lesser Primates

Disini anda akan menemukan rupa-rupa jenis monyet dan lemur, yakni pygmy marmoset, lemur ekor cincin, tamarin, bolivian squirrel monkey, dan capuchin.

Main Lake

Area yang terdiri dari satwa dari berbagai penjuru dunia, seperti berbagai jenis kangguru, burung pelikan, lemur, gibbon, dan burung kasuari.

South American Birds

Menghadirkan jenis burung dari kawasan Amerika Selatan yang cerah dan berwarna-warni, yakni nondau conure, sun conure, yellow crowned amazon, blue & yellow macaw, sun parakeet, nanday parakeet, green cheek parakeet, dan amazon parrot.

Seperti yang telah disebutkan, Perth Zoo juga ditumbuhi oleh berbagai jenis flora serta taman-taman yang rindang. Beberapa tumbuhan unik yang dapat kita temui disini adalah Acorn Banksia, Baluka Bamboo, Buddha’s Belly Bamboo, Firewood Banksia, Dune Moses, Jam Wattle, dan lain-lain.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat sedang berada di Perth Zoo adalah sebagai berikut:
• Dilarang memberikan makanan pada binatang.
• Dilarang membawa binatang peliharaan pribadi ke area kebun binatang.
• Perth Zoo merupakan area bebas rokok.

Perth Zoo memiliki beberapa fasilitas digital menarik yang bisa anda download dan nikmati, seperti Talking Zoo dimana anda dapat mengunduh berbagai informasi tentang binatang ke perangkat pribadi, lalu Heritage Trail yang merupakan panduan perjalanan digital yang membawa anda mengelilingi berbagai wahana satwa dan bangunan bersejarah yang berada di Perth Zoo.

Selain itu terdapat berbagai jenis tur dan kegiatan yang diadakan disini, seperti Ride A Zebra dimana anda akan dibawa mengelilingi lokasi dengan kendaraan yang diwarnai serupa zebra, atau tur yang diarahkan oleh para sukarelawan pemandu dengan berjalan kaki diseputar lokasi.

Disini kita juga bisa memberi makan kepada beberapa hewan di area yang telah ditentukan, seperti memberi makan jerapah di Savannah Outlook Tower. Atau bisa juga melihat langsung kegiatan para staff dalam merawat berbagai hewan di Behind The Scene Tour dan Keeper For A Day Tour.

Bagi anda yang lapar di tengah perjalanan, anda bisa datang ke tiga tempat makan yang berada disini, yakni Eat Fast Food, Velluto, dan Merkats Café. Jangan lupa juga kunjungi Zoonique, toko souvenir yang menjual berbagai barang yang berhubungan dengan satwa dan Perth Zoo.

Kebun binatang ini berada di 20 Labouchere Road, South Perth dengan waktu tempuh hanya selama 5 menit dari Central Business District dengan menggunakan bus jalur 30 dan 31 yang akan turun langsung di pemberhentian yang berada tepat di depan lokasi.

Kita juga bisa berjalan kaki atau bersepeda dari Central Business District karena jarak tempuhnya hanyalah 500 meter saja. Perth Zoo selalu buka setiap hari setiap pukul 9 pagi sampai 5 sore, dan bahkan tidak pernah tutup satu haripun sejak dibuka di tahun 1898! Harga tiket masuk ke tempat ini mulai dari 11 AUD sampai dengan 58 AUD. Perth Zoo juga memberikan berbagai paket promosi dan diskon menarik untuk tiket masuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s