Scarborough Beach

Perth memiliki banyak pantai yang berpasir putih, mencapai hingga sekitar dua puluh pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian barat daya Australia. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah Scarborough Beach yang terletak di daerah Fremantle.

Pantai yang memiliki pasir putih yang lembut ini sangat cocok dikunjungi untuk mengisi waktu liburan anda, sambil bersantai atau bersenang-senang dengan melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga dan teman. Salah satu aktivitas paling terkenal yang bisa anda lakukan di Scarborough Beach adalah surfing.

Ombaknya yang cukup besar membuat permukaan laut Scarborough beach menjadi medan yang baik untuk surfing, sehingga kita bisa menemui berbagai surfer dari seluruh dunia yang ingin mencoba untuk mengendarai gelombang ombak di pantai ini.

Bagi anda yang belum bisa mengendarai papan surfing atau masih amatir dalam olahraga ini, ada fasilitas yang menyediakan pelatihan dasar surfing bagi pengunjung. Papan surfing juga bisa anda sewa disini. Atau anda juga bisa mencoba bodyboarding. Secara sekilas olahraga ini terlihat mirip dengan surfing, sama-sama mengendarai ombak dengan sebilah papan.

Walaupun begitu, perbedaan antara bodyboarding dengan surfing adalah dari segi teknik berseluncur yang digunakan. Papan yang digunakan untuk bodyboarding terbuat dari bahan busa. Bodyboarding juga cenderung memilih gelombang ombak yang curam untuk dilalui.

Jenis olahraga air lain yang bisa anda coba di Scarborough Beach adalah Kitesurfing, Windsurfing, dan Skimboarding. Dalam kitesurfing kita akan menaiki sebilah papan di permukaan laut lalu ditarik oleh layangan besar dari atas. Sementara dalam windsurfing, kita mengendarai sebilah papan yang memiliki semacam layar, kemudian jalannya papan ini akan dipacu oleh angin.

Selain itu anda juga bisa melakukan snorkelling atau scuba diving di area Marmion Marine Park yang memiliki berbagai keanekaragaman habitat laut yang menawan. Disini terdapat sebuah laguna dangkal yang memiliki bermacam-macam terumbu karang tempat habitat hidupnya berbagai makhluk laut.

Anda juga bisa memancing di sepanjang Scarborough Beach, karena di area pinggir laut hingga sepanjang 100 meter terdapat banyak varietas ikan laut karena habitat sekitarnya yang subur. Memancing merupakan salah satu aktivitas yang populer di Perth.

Pada pertengahan musim panas, ikan terbaik untuk dipancing di pagi hari adalah ikan herring, sedangkan di akhir musim panas kita bisa menangkap ikan terbang. Ikan whiting bisa ditangkap sepanjang tahun, sedangkan di musim dingin lebih cocok untuk menangkap cumi-cumi.

Di sepanjang pasir pantai kita juga bisa menemukan berbagai jenis kerang yang bisa dipungut. Atau bangunlah istana pasir beserta berbagai bentuk bangunan lainnya dari pasir pantai yang berwarna putih dan lembut.

Sambil menikmati suasana sekitar pantai, anda bisa berkeliling dengan mengendarai sepeda. Anda juga bisa menyewa sepeda di tempat penyewaan sepeda yang tersedia di Scarborough Beach. Kayuhlah sepeda anda ke arah utara hingga ke Hillarys selama 25 menit, atau ke arah selatan lewat jalur sepeda lewat Cottesloe Beach hingga ke Fremantle selama 1,5 jam.

Anda juga bisa menyusuri jalur yang menghubungkan Scarborough Beach dengan Trigg Beach. Di sekitar jalur ini terdapat area semak-semak yang juga ditumbuhi berbagai tumbuhan dan pepohonan. Ada juga jenis-jenis olahraga lain yang bisa anda lakukan disini, seperti bermain tenis di Sportsman Club, golf, sepakbola, dan bowling di dekat arah timur Scarborough Beach Road.

Berkunjunglah ke taman bermain yang berada di area Scarborough Beach. Taman bermain ini telah memiliki atap, sehingga anda bisa bermain di bawah keteduhan. Disini terdapat beberapa fasilitas alat permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan keluarga.

Ada dinding batu besar yang bisa dipanjat, beserta beberapa perosotan dan ayunan. Taman bermain ini tidak memiliki pagar dan menghadap langsung ke area pantai, jadi dari sini kita bisa langsung menikmati pemandangan Scarborough Beach yang indah beserta semilir angin pantai.

Diantara area pantai dan area parkir juga terdapat area berumput yang bisa kita gunakan untuk duduk-duduk atau berpiknik. Kita bisa menemukan beberapa gazebo dan meja piknik di area berumput ini. Selain itu di musim panas, amphitheater di Scarborough Beach menyelenggarakan berbagai event, seperti pertandingan olahraga pantai dan pertunjukan hiburan.

Kehidupan malam disini juga tak kalah ramainya, karena night club, pub, restoran, dan kafe di Scarborough Beach biasanya selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menikmati malam ataupun berpesta.

Fasilitas lain yang terdapat di Scarborough Beach adalah toilet serta tempat untuk ganti baju. Di sekitar area pantai juga ada berbagai toko makanan serta restoran dan kafe. Ada yang menjual fast food, kebab, atau makanan ringan yang bisa anda beli untuk dimakan saat berpiknik di pantai.

Sebelum berkunjung ke Scarborough Beach, anda bisa mengisi perut terlebih dahulu di Café Del Pescatore yang terletak di pinggir jalan menuju area pantai. Selain itu di sekitar area pantai juga tersedia berbagai macam pilihan fasilitas akomodasi, mulai dari hotel, apartment, hingga hostel untk penginapan bagi para backpacker yang sedang berkunjung ke Scarborough Beach.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s