Swan River

Swan River adalah urat nadi yang mengaliri Perth. Sungai yang memisahkan antara daerah southern suburb dengan downtown ini menyajikan pemandangan yang indah dan kaya. Hulu Swan River berawal di kaki bukit Darling Range, dimana airnya menyuburkan area Swan Valley yang merupakan kawasan anggur ternama di Australia Barat.

Sungai yang memiliki panjang sampai dengan 300 kilometer ini mengalir melewati area Guilford, dan berakhir di dekat Fremantle Harbour, menyeruak lepas ke Samudera Hindia.

Swan River memiliki tiga anak sungai, yakni Helena River, Avon River, dan Canning River, dimana terdapat bendungan di Canning River (Canning Dam) dan di Helena River (Mundaring Weir). Sungai ini diberikan nama oleh Willem De Vlamingh, seorang penjelajah berkebangsaan Belanda, di tahun 1797.

Saat itu ia takjub dengan keberadaan koloni angsa hitam yang berada di sungai ini, sehingga menamakannya demikian. Hingga saat ini, Swan River menjadi salah satu pusat aktivitas di Perth, salah satunya menawarkan berbagai atraksi dan fasilitas wisata. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Swan River?

1. Berpesiar
Menyusuri Swan River dengan kapal pesiar adalah atraksi utama yang seringkali ditawarkan. Dengan berbagai pilihan jasa tur dan kapal pesiar, kita bisa menikmati pemandangan Swan River serta tempat-tempat disekitarnya.

Rata-rata kegiatan pesiar menghabiskan waktu 2 jam sampai dengan 3 jam, dengan rute perjalanan yang biasanya dimuai dari Perth sampai Fremantle. Salah satu kapal pesiar yang terkenal adalah Captain Cook Cruises. Kapal ini juga menawarkan berbagai fasilitas, salah satunya adalah fine dining dan wine tasting.

2. Menaiki Gondola
Ya, tidak perlu jauh-jauh ke Venice untuk menikmati pengalaman romantis menaiki Gondola. Di Swan River pun anda juga bisa menikmatinya lewat jasa tur Gondola of the Swan. Kapal Gondola yang ada disini juga didesain seperti Gondola tradisional di Venice.

Untuk menikmati fasilitas ini, harga yang ditawarkan adalah mulai 350 AUD untuk Paket Bronze sampai dengan 950 AUD untuk Paket Gold. Perjalanan dengan Gondola dimulai dari Claisebrooke Cove di barat kota Perth.

3. Mengendarai Jet Boat
Bagi anda yang menyukai petualangan, anda bisa menelusuri Swan River dengan mengendarai Jet Boat, dengan kecepatan sampai 80 km/jam. Jet Boat ini dipacu selama 25 menit melewati Old Swan Brewery dan Kings Park. Kapal ini bisa dinaiki sampai dengan 12 orang, dengan biaya sebesar 55 AUD bagi dewasa dan 35 AUD bagi anak-anak.

4. Berjalan Kaki Menelusuri Tepi Sungai
Nikmatilah berjalan di tepi Swan River yang asri dan mempesona dengan lansekap berbagai bunga-bungaan serta pohon palem yang tinggi. Area bagi pejalan kaki ini dinamakan Swan River Walk. Kita juga bisa bersantai sejenak dengan duduk-duduk di kursi taman yang juga banyak tersedia. Jalur Swan River Walk dimulai dari belakang Tom Perrot Reserve Park, selanjutnya kita akan bertemu dengan percabangan dua jalur yang menuju area North Fremantle dan Bicton.

5. Memancing
Berbagai jenis ikan yang mendiami Swan River menjadikan tempat ini menjadi lokasi menarik terutama bagi mereka yang hobi memancing. Beberapa jenis ikan yang bisa ditemukan disini adalah Bull Trout, Cutthroat Trout, Rainbow Trout, serta berbagai jenis ikan tailor, makarel, herring, dan tarwhine. Kita juga bisa menyewa kapal khusus memancing dengan biaya sewa mulai dari 75 AUD.

6. Bertandang Ke Swan Canning Riverpark
Taman ini berada di area seluas 72 kilometer persegi. Disini kita bisa menemukan berbagai situs budaya dan historis yang merefleksikan sejarah dari peran Swan River terhadap keberlangsungan hidup bagi daerah sekitarnya selama lebih dari 40 ribu tahun. Disini kita bisa menemukan berbagai lansekap seperti sumber air panas dan vegetasi alami. Selain itu dapat juga dilihat berbagai situs bersejarah peninggalan suku Noongar (suku Aborigin yang dahulu mendiami kawasan ini).

7. Menjelajahi Swan Estuary Marine Park
Fasilitas ini dibangun untuk melestarikan 3 area penting seputar Swan River yang memiliki peran biologis yang signifikan. Area tersebut adalah Alfred Cove yang luasnya sekitar 190 hektar dan berlokasi dekat pinggiran Applecross dan Attadale, Milyu yang luasnya 95 hektar dengan lokasi di dekat tepi pantai Como dan jalan Kwinana, serta Pelican Point yang terletak di Crawley dengan luas 40 hektar. Disini kita juga bisa melihat berbagai jenis burung yang tinggal di sekitar sungai.

8. Tur Historis tentang Suku Aborigin
Tur ini dimulai dari area Point Walter, sekitar 45 menit dari Perth Harbour. Sambil menyusuri Swan River, kita bisa mendengarkan cerita tentang sejarah suku Noongar, serta berbagai fakta-fakta kulturan dan pengaruh mereka terhadap keberadaan orang kulit putih. Saat baru tiba di Point Walter, pengunjung diharuskan untuk mengikuti upacara selamat datang khas Noongar.

9. Berfoto di Blue Boat House
Bangunan yang unik ini berada di tengah Swan River dan biasa digunakan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding. Namun bagi anda yang datang ke Swan River untuk berwisata juga tetap bisa berpose di Blue Boat House sebagai kenang-kenangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s