Western Australian Museum

Salah satu museum utama di Australia Barat adalah Western Australian Museum. Museum ini pertama kali berdiri tahun 1891 di daerah Old Perth Gaol dengan nama Geological Museum, lalu baru di tahun 1897 tempat ini dinamakan menjadi Western Australian Museum yang hingga saat ini memiliki tujuh cabang yang terletak di Fremantle, Perth, Albany, Kalgoorlie-Boulder, dan Geraldton. Kali ini kita akan membahas Western Australian Museum Perth yang terletak di Perth Cultural Centre, James Street.

Di Western Australian Museum Perth, kita bisa menyaksikan berbagai peninggalan historis Australia Barat dalam sisi biologis dan sosio-kulturalnya. Mulai dari sejarah suku Aborigin, hewan-hewan purbakala, bangunan bersejarah, fosil, dan bermacam-macam bentuk mineral serta meteor dapat kita temui disini. Museum ini mengadakan bermacam-macam pameran serta galeri rutin dan non rutin yang variatif.

Beberapa pameran dan galeri rutin yang terdapat di Western Australian Museum Perth adalah Dampier Marine Gallery. Disini kita bisa menyaksikan keanekaragaman berbagai habitat bawah laut yang terdapat di kepulauan Dampier, terletak di teluk utara Australia Barat.

Galeri ini merupakan hasil kerjasama dari Western Australian Museum dan perusahaan Woodside Energy yang berupaya untuk mengeksplorasi kekayaan laut Dampier. Disini kita bisa menyaksikan berbagai hasil rekaman atas kehidupan bawah laut Dampier yang direkam langsung oleh para peneliti museum. Setelah itu kita bisa beranjak ke area yang khusus memamerkan ratusan species kupu-kupu yang semarak dan menawan di The Bankwest Butterfly Gallery.

Galeri ini menampilkan koleksi berbagai jenis kupu-kupu dari Afrika, Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan tentu saja dari Australia. Lalu ada Mammal Gallery yang menampilkan koleksi akan berbagai mamalia yang diawetkan serta dalam bentuk kerangka.

Koleksi di Mammal Gallery mayoritas berasal dari habitat di Australia, dan dari penjuru dunia lainnya. Beberapa mamalia yang bisa kita lihat langung disini adalah bison, gajah, unta, rusa, kangguru, wallabi, dan lain-lain. Galeri lainnya adalah Bird Gallery.

Galeri ini terletak di Jubilee Wing dalam ruangan yang bergaya Victorian dan menampilkan berbagai jenis burung yang ada di Australia Barat, mulai dari burung hutan sampai jenis burung tropis yang berwarna-warni cerah dan menakjubkan.

Atraksi pameran lainnya adalah Katta Djinoong. Area pameran ini berisi kisah tentang suku Aborigin pertama yang mendiami wilayah Australia Barat bernama suku Noongar dan perannya yang signifikan dalam perkembangan historis serta sosio kultural di Australia Barat dan sekitarnya.

Nama dari pameran ini berasal dari kalimat dalam bahasa Noongar yang berarti “lihat dan mengertilah kami”. Tidak hanya itu, disini kita juga dapat mengetahui kisah tentang dampak pendatang Eropa terhadap kehidupan suku.

Kita juga dapat melihat berbagai peninggalan seni dan kerajinan tangan dari suku Noongar. Lalu ada WA Land & People, sebuah pameran informatif yang mengeksplorasi sejarah Australia Barat dari masa ke masa, mulai dari era saat dinosaurus masih hidup, era dimulainya keberadaan suku Aborigin, hingga ke kisah-kisah di zaman sekarang.

Pameran ini mencoba untuk menjelaskan hubungan antara alam, manusia, dan lahan dalam sejarah Australia Barat. Area pameran ini berada di Hacket Hall, di bangunan yang dulunya adalah sebuah perpustakaan publik yang dibangun tahun 1913.
Ada dua buah area pameran rutin lain di Western Australian Museum Perth yang berhubungan dengan dinosaurus.

Yang pertama adalah Diamonds to Dinosaurs, dimana kita bisa menyusuri sejarah Australia Barat sejak 12 ribu tahun yang lalu. Temukan kisah tentang proses terbentuknya semesta, batu-batuan kuno yang ada di bumi, bahkan diantaranya berasal dari Mars dan bulan, lalu pameran akan berbagai berlian langka berusia jutaan tahun.

Disini kita juga bisa menemukan fosil dinosaurus serta menjadi saksi akan kisah evolusi berbagai makhluk hidup bumi yang terjadi hingga saat ini. Area pameran lainnya adalah Discovery Centre yang terutama dikhususkan bagi anak-anak.

Di Discovery Centre kita bisa mengerti tentang hal biologis dalam sejarah Australia Barat lewat berbagai program dan aktivitas interaktif yang menarik. Beberapa hal yang bisa ditemukan disini adalah fosil dinosaurus, bebatuan meteor, berbagai peralatan zaman batu, serta beberapa jenis makhluk hidup.

Selain museum ini juga mengadakan berbagai pameran dan acara non rutin yang menampilkan berbagai topik menarik. Diantaranya adalah dalam bentuk kuliah umum dengan tema In the Wild West Lecture Series yang membicarakan tentang keanekaragaman mineral dan bebatuan yang ada di Australia Barat, keberadaan dunia dinosaurus yang menakjubkan, kisah tentang Crimean War, serta bagaimana cara untuk memelihara koleksi benda-benda bersejarah kita di rumah.

Acara lainnya adalah berkreasi dengan membuat kerajinan tangan berbentuk dinosaurus di Craftosaurus Event, konser musik simfoni dengan tema Antarctic Convergence, pameran yang menampilkan kisah tentang Fremantle Prison dan Old Perth Gaol, serta pameran Dinosaur Petting Zoo yang menampilkan reka ulang tubuh dinosaurus dalam skala besar yang serupa dengan tampilan dinoasurus asli. Pameran non rutin lainnya yang pernah diadakan disini adalah A Day in Pompeii yang terkenal di dunia internasional dan menarik hingga 110 ribu pengunjung.

Western Australian Museum Perth buka setiap hari mulai pukul 9.30 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Untuk menuju tempat ini, anda bisa naik kereta api dan turun di Perth Train Station, lalu cukup berjalan kaki ke museum karena jaraknya yang cukup dekat. Kita juga bisa menemukan beberapa kafe dan toko souvenir yang berada di dalam area museum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s