Kangaroo Island

Melihat satwa liar asli di alam liar di surga ekologi Pulau Kanguru.

Melihat burung pelikan merah jambu terbang berputar-putar di langit, anjing laut berbaring di atas pasir di Seal Bay dan koala yang mengantuk di atas pepohonan. Duduk di atas onggokkan pasir dan memandangi sekawanan pasangan burung penguin kecil yang bertualang setiap malam ke tepi laut di Penneshaw. Kemasi hasil tani segar – dari madu Liguria hingga ayam kampung dan telurnya – dan anggur yang dihasilkan oleh 30 petani mulai dari Cape Willoughby sampai Kingscote. Bermalam di fasilitas penginapan warisan masa lalu dan lihat beberapa mercusuar pertama Australia Selatan di Cape Willoughby, Cape Borda dan Cape du Couedic. Berenang di pantai terpencil di Stokes Bay, berselancar di Vivonne Bay lalu memancing ikan di Emu Bay. Lakukan perjalanan dengan pemandangan yang indah menuju gua-gua bawah tanah di Kelly Hill Conservation Park dan Remarkable Rocks di Taman Nasional Flinders Chase.

Lima cara bepergian di sekitar Pulau Kanguru

1. Bersama satwa liar: termasuk anjing laut dan platipus, koala dan kanguru

Beri makan burung pelikan lalu lihat sotong raksasa, kuda laut dan penguin kecil di Kingscote Wharf. Berkenalan dengan walabi, posum ekor sikat dan kanguru dalam tur malam hari di sepanjang American River. Mengelus-elus koala dan memberi makan langsung burung perkici, menggendong posum atau dililit oleh ular di Stokes Bay. Berjalan melintasi hutan semak melewati itik, angsa dan burung bangau penghuni Murray Lagoon di Cape Gantheaume Conservation Park. Melihat singa laut Australia di Seal Bay dan lebih dari 7.000 anjing laut bulu Selandia Baru saling bercumbu di sekitar Admirals Arch yang terletak di Taman Nasional Flinders Chase, yang juga merupakan rumah bagi ratusan kanguru jinak. Anda akan dapat melihat banyak koala lucu di mana-mana, namun beberapa tempat yang paling disukainya adalah di pepohonan Hanson Bay Sanctuary dan Western KI Caravan Park.

2. Dengan makanan dan anggur bermutu: di kantong dan di meja Anda

Mengunjungi pabrik anggur di kilang anggur terbesar dan pertama di pulau ini yang terletak di Cape Willoughby, mengupas tiram di Penneshaw lalu mengunjungi peternakan setempat yang membuat keju dari perahan susu domba dan madu Liguria terbaik di MacGillivray dan Kingscote. Di pulau kanguru juga terdapat kafe-kafe yang nyaman dan restoran mewah. Bersantap tiram Nepean Bay dengan pemandangan laut lepas dan cicipi makanan hasil laut bermutu lainnya yang sedang musim di Penneshaw. Nikmati jamuan ala hotel bintang lima di tengah hutan belantara di South Coast dan sepiring ikan marron dan makanan hasil laut saat terbenamnya matahari di samping kolam karang di Parndana. Isilah rumah pantai Anda dengan hasil bumi adiboga, siapkan kotak piknik untuk keperluan sehari lalu bawa pulang selusin anggur kesenangan Anda.

3. Dengan sejarah: pelaut, prajurit, penjelajah dan misteri Aborigin

Bermalam di pondok penjaga mercusuar yang sudah dipugar di Cape Willoughby yang terpencil di Dudley Peninsula. Atau bacalah buku harian penjaga mercusuar penggerutu yang berada dalam mercusuar di Cape Borda dan Cape du Couedic di Taman Nasional Flinders Chase. Menyelami kapal karam Portland Maru dan Loch Vennachar, yang menabrak karang terjal pesisir barat di tahun 1905,  menyebabkan hilangnya seluruh awaknya yang berjumlah 27 orang. Mengunjungi Frenchman’s Rock, tempat di Hog Bay di mana penjelajah Prancis yaitu Kapten Nicolas Baudin berlabuh di tahun 1803. Memanjat 512 anak tangga yang sama seperti yang dilakukan penjelajah Kapten Matthew Flinders untuk melakukan survei pulau ini di Prospect Hill. Melihat pohon murbei asli, sumur, dermaga, kantor pos dan situs tambang batu di pemukiman resmi orang Eropa pertama di Reeves Point, Australia Selatan. Pelajari tentang prajurit yang membuat rumah dan peternakan dari 100.000 hektar lahan semak belukar lebat yang belum dijamah di Parndana Soldier Settlement Museum. Sisa peninggalan alat batu dan tempat kemah Aborigin menunjukkan bahwa masyarakat Aborigin pernah tinggal di Pulau Kanguru setidaknya kira-kira 16.000 tahun yang lalu, namun mengapa mereka meninggalkan pulau tersebut, atau kapan mereka terakhir tinggal di pulau ini, hingga kini masih merupakan misteri.

4. Di tepi pantai: berenang, berselancar, snorkeling serta menyelam dari pantai dan teluk yang berkilauan.

Memancing dari dermaga bersejarah di Emu Bay atau bergabung dalam tur memancing dari American River, Penneshaw, Kingscote dan Emu Bay. Berenang di kolam yang dikelilingi batu karang di Stokes Bay dan Penneshaw Beach yang merupakan tempat piknik sempurna. Berselancar di pantai sepi di Stokes, Vivonne dan Pennington Bays. Berlayar melewati pantai berpasir dan gua terlindung di Nepean Bay. Berjalan melintasi hutan semak, menyelami kapal karam dan melihat burung bangau dan pelikan di D’estress Bay. Anda dapat menjelajahi lahan semak belukar, bukit pasir dan laguna di Antechamber Bay/Chapman River, dan berkano dan berkemah di sepanjang perjalanan. Di bawah air, Anda dapat menyelam dengan suhu terbaik yang ada di Australia. Mengamati Naga Laut Daun, ikan blue devil dan harlekin yang berenang ke sana kemari di antara dinding karang yang menjulang dan bunga karang merah, jingga dan putih.

5. Dengan petualangan di darat: bersepeda, berkendara dan meluncur di atas pasir

Temukan jalanan kecil di desa yang tenang, kota yang indah dan taman-taman nasional dalam tur bersepeda dari Penneshaw. Berkendara motor roda empat melintasi lahan semak belukar atau meluncur dari atas bukit pasir di Vivonne Bay. Masuk ke dalam gua bawah tanah yang ajaib di Kelly Hill Conservation Park, menyusuri lubang runtuhan dan gua besar. Anda dapat juga menyaksikan atraksi alam di pulau terbesar ketiga di Australia dengan berkendara sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Lihat lumba-lumba, lihat pantai terpencil Stokes bay dan temui binatang ternak langka dan satwa liar yang bersahabat di Rolling North Coast Drive. Melihat Remarkable Rocks pada saat matahari terbenam di Taman Nasional Flinders Chase dalam tur ke pelosok sebelah barat laut.  Ikuti perjalanan Dudley Peninsula ke mercusuar di Cape Willoughby lalu mengunjungi pabrik madu dan peternakan lobster, kebun lavender dan peternakan sapi perah dalam perjalanan melewati Kingscote District.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s