Australian Museum

Memiliki keanekaragaman fauna nan eksotis yang menjadi ciri khas negaranya adalah sebuah hal unggul yang dimiliki Australia. Adanya koala ataupun kangguru yang bahkan resmi dijadikan sebagai ikon Negara ini juga berbandng lurus dengan perkenbangannya dari sisi kepariwisataan Negara ini juga.

Wisatawan luar negri tak bisa dipungkiri juga menjadi salah satu penyumbang pemasukan bagi Negara yang sangat membanggakan kangguru dan koala ini karena semuanya menjadikan Australia sebagai destinasi wisata mereka yang regular dikunjungi bila musim liburan tiba.

Perhatian publik dunia pada Australia memang tak melulu hanya dari segi faunanya saja, namun juga dari segi pembangunan negara ini yang semakin mengalami kemajuan hingga pada taraf bisa disejajarkan dengan beberapa Negara di Eropa, bahkan melebihi Negara-negara di Asia secara keseluruhan.

Inilah yang juga menjadikan sepertinya Australia tampil menjadi pemimpin negara kawasan Oceania-Pasifik yang umumnya merupakan Negara kepulauan kecil. Untuk setiap daerah yang terdapat di Australia, memang setiap Negara bagian di mempunyai ciri khasnya masing-masing yang saling menyebar, seperti contohnya kawasan Australia Barat yang memiliki bentang alam cenderung kering ala gurun atau seperti juga Queensland yang populer karena pantainya sampai menjadi tujuan wisata surfing dunia atau kota Canberra yang merupakan pusat pemerintahan Australia.

Wilayah yang populer karena kemajuan pembangunan modernnya adalah kota Sydney dan Melbourne. Kedua kota ini juga menjadi destinasi favorit untuk wisatawan yang melancong ke Australia, dengan salah satu alasannya karena kedua kota ini dianggap sebagai ikon metropolitan modern dari Australia.

Nama Sydney sendiri memang lebih melegenda untuk dikunjungi dan pastinya tak pernah dilewatkan wisatawan luar negri, dibandingkan dengan kepopuleran Melbourne yang baru meningkat belakangan ini.

Sebagai destinasi utama untuk wisatawan yang datang ke benua Australia, Sydney tentunya memiliki objek-objek wisata yang beraneka ragam segmentasinya mulai dari keluarga sampai urban style bagi anak muda. Untuk destinasi wisata bagi keluarga atau bisa dikatakan cocok untuk segala umur, Sydney punya beberapa tempat yang pasti sayang bila tidak dikunjungi seperti museum yang pasti ada di setiap kota di dunia.

Untuk di kota Sydney sendiri memang banyak sekali museum yang ada dan maisng-masing punya keunikannya masing-masing dalam segi koleksinya. Untuk museum yang sangat memberikan edukasi bagi pengunjungnya tak peduli berapa umurnya adalah keberadaan museum paling populer se-Australia yaitu Australian Museum yang kebetulan terdapat di kota Sydney, karena dianggap sebagai ikon pariwisata negara Australia.

Australian Museum adalah one-stop location yang menyajikan sajian lengkap mengenai ilmu pengetahuan mulai dari alam dan isinya (flora fauna), antropologi, dll. Terletak masih di pusat kota Sydney tepatnya di antara College St dan William St yang bersebrangan dengan Hyde Park serta dekat dari St. Mary’s Cathedral.

Untuk menuju Australian Museum Anda juga tidak perlu bingung masalah transportasi karena berbagai alternatif transportasi umum yang menjangkau sini tersedia, seperti kereta atau bis. Bila Anda menggunakan kereta maka Anda bisa turun di beberapa stasiun terdekat seperti St. James Station, Museum Station dan juga Town Hall Station kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki karena jarak dari ketiganya tidak terlalu jauh, sekitar 7-10 menit jalan kaki.

Untuk bis, monorail dan lightrail Anda bisa turun di sekitaran George Street atau di Town Hall Station lalu berjalan kaki kea rah Park Street tadi sekitar 7-10 menit. Artinya dari Sydney CBD Anda hanya tinggal berjalan kaki saja. Museum ini buka setiap hari mulai jam 9.30 pagi sampai jam 5 sore.

Koleksi dari Australian Museum ini sendiri terbagi dalam dua kelompok besar yaitu Natural dan juga Cultural yang kesemuanya adalah rangkuman sejak tahun 1828 di Australia. Seperti pada Natural Science yang punya koleksi mengenai hewan-hewan yang hidup di belantara Australia mulai dari serangga sampai ada juga koleksi hewan yang hidup di benua lain atau zaman lain seperti dinosaurus.

Ada juga koleksi hewan dan gambaran kehidupan di bawah laut yang tak terbayangkan sebelumnya. Mengenai perjalanan biologis manusianya dari setiap regional di Australia juga dicatatkan dalam dokumen museum untuk kepentingan penelitian. Intinya koleksi dari natural Science terbagi dalam koleksi Geoscience, Invertebrate, Vertebrate, Biology Tisuue, Biodiversity dan juga mengenai seluk beluk teori evolusi.

Sedangkan mengenai koleksi yang berhubungan dengan ‘Cultural’, Anda bisa melihat gambaran kehidupan masyarakat dan perkembangannya sejak lampau baik dari masyarakat asli Australia, yaitu Aborigin masuk dalam bagian Indigenous Australia serta Australian Archaelogy.

Selain itu ada juga mengenai kehidupan budaya masyarakat dari negara sekitar Australia yang masuk dalam Apsific Culture sampai juga ada kehidupan masyarakat Asia, Eropa dan Amerika yang masuk dalam World Culture. Tak heran Australian Museumjuga dianggap sebagai salah satu surga ilmu antropologi di Australi khususnya Sydney. Untuk bisa menikmati semua itu Anda harus membayar 12 Dollar untuk pengunjung dewasa dan 6 Dollar untuk pengunjung anak-anak.

Natural Cultural adalah dua hal yang paling ingin ditonjolkan museum ini sebagai simbol bahwa kedua hal tersebut lah yang membuat Australia begitu dikenal dunia, karena alamnya dan faunanya serta karena kemultikulturalan budaya akibat dominasinya imigran.

Sydney juga dipilih karena dianggap sebagai kota wisata yang pasti dikunjungi wisatawan luar negri. jadi ketika Anda singgah di Sydney tak ada salahnya mengunjungi Australian Museum yang merupakan lokasi penuh edukasi namun juga menarik sebagai tempat wisata. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s