Luna Park

Australia sudah dikenal di mata dunia sebagai negara terkuat dan termaju secara umum di belahan bumi bagian selatan (Southern Hemisphere). Negara ini juga termasuk salah satu negara yang sudah sangat dipertimbangkan dari segala sisi terutama di hadapan publik dunia sebaga negara maju. Sisi yang paling disorot tentunya pertama adalah dari segi ekonomi.

Australia semakin menunjukkan peningkatan dimana nilai mata uang Australia yaitu Dollar Australia lebih tinggi dibandingkan dengan nilai Dollar Amerika yang merupakan pembanding universal. Hal ini juga membuktikan bahwa taraf hidup masyarakat Australia sudah baik terutama di wilayah perkotaan besar yang modern.

Dari taraf hidup yang baik juga timbul fenomena lain di mana biaya hidup di Australia juga tak kalah tinggi dengan kota besar modern lainnya di dunia. Di Australia sendiri memang yang menjadi kawasan bisnis utama adalah kota Melbourne (ibukota Victoria) dan Sydney (Ibukota New South Wales) yang memegang peranan paling penting dalam terciptanya kemajuan ekonomi dan pembangunan Australia.

Ini juga membuat dua kota ini dinilai sebagai kota berbiaya tinggi di Australia. Akan tetapi kedua kota ini juga sangat populer di mata wisatawan dunia sebagai destinasi utama untuk pariwisata di Australia. Kepopuleran yang paling melekat di benak wisatawan tentang wisata di Australia adalah tentunya kota Sydney yang sudah cukup melegenda sedari dulu.

Kota Sydney sendiri memang sudah menjadi ikon destinasi favorit wisatawan yang datang ke Australia sejak beberapa puluh tahun silam. Segala suasana yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi di Sydney semakin diperkuat dengan tata kotanya yang modern layaknya kota-kota maju di negara barat lainnya.

Sydney memang ingin memantapkan diri untuk mengedepankan motor perekonomiannya salah satunya melalui wisata yang bisa mengundang daya tarik wisatawan luar negri untuk datang ke sini. Tujuan yang dimiliki wisatawan luar negri ketika berlibur tentunya adalah untuk mendapatkan suasana yang berbeda dan lebih baik dari yang dihadapi sehari-hari di negaranya.

Seperti itu juga lah tujuan dari wisatawan yang datang ke Australia terutama yang dari kawasan Asia, datang ke Australia dengan harapan bisa mencicipi suasana kehidupan negara Barat. Popularitas kota Sydney di mata wisatawan tak lepas karena keberadaan landmark yang paling populer di dunia yaitu Opera House, yang menjadi wujud kemegahan arsitektur abad ke-20 di Southern Hemisphere.

Selain Opera House kini Sydney juga banyak mengandalkan berbagai daya tarik wisatanya yang lain. salah satunya adalah dengan mengutamakan wisata bertemakan hiburan kota modern yang biasanya menjadi penanda semaju apa kota tersebut.

Dalam berwisata tentu yang paling dicari selain tempat makan dan belanja adalah adanya taman hiburan yang biasanya berisi wahana-wahana permainan modern yang menguji adrenalin ataupun sekedar senang-senang mencobanya.

Di kota Sydney juga ada tempat seperti yang dari namanya saja sudah tidak asing karena begitu melegenda di Australia, taman hiburan tersebut bernama Luna Park yang kebetulan ada juga di kota Melbourne.

Luna Park adalah sebuah taman hiburan merakyat yang punya konsep karnival pasar malam. Di dalamnya tentu juga dipenuhi banyak wahana permainan mulai dari yang biasa saja untuk anak-anak sampai yang menegangkan yang disukai kaum muda. Bisa dikatakan Luna Park adalah taman hiburan untuk semua kalangan. Konsep yang dihadirkan memang tak jauh berbeda dengan yang ada di Melbourne, yang merupakan Luna Park pertaman dan tertua di Australia.

Hal unik yang juga tipikal dari taman ini adalah pintu masuknya yang berupa mulut karakter manusia karnival seperti badut yang terbuka besar di mana area masuknya adalah rongga mulutnya yang seakan mengajak Anda untuk menjelajah yang ada di dalamnya. Luna Park Sydney terletak di kawasan Milsons Point yang juga masih satu kawasan dengan Sydney Harbour Bridge sehingga sangat mudah menjangkau taman ini karena rutenya sama dengan untuk menuju jembatan legendaris ini.

Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus dan juga jalan kaki tentunya. Untuk yang menggunakan kereta, Anda bisa naik dari Central Station ambil jurusan North Shore and Western train atau Northern Line juga bisa dan setelah 15 menit naik, Anda harus turun di Milson Point Station kemudian ambil keluar ke arah Enis Road atau Broughton Street lalu melanjutkan jalan kaki menuju arah Luna Park yang letaknya bersebelahan dengan Sydney Harbour Bridge.

Untuk dapat masuk dan menikmati suasana di dalam Luna Park, Anda tidak perlu membayar uang tiket alias gratis. Sistemnya bukan ‘tiket terusan’ tapi tiket biasa di mana bila Anda ingin menaiki suatu wahana barulah Anda harus membayar karcisnya per wahana yang ingin Anda naiki.

Sistem ini lebih fleksibel dibandingkan dengan kebijakan membayar borongan dengan sistem seperti Dufan, tentunya bisa lebih menghemat uang. Jadwal operasiona Luna Park ini adalah pada waktu-waktu tertentu (bisa Anda lihat jadwalnya operasional hari nya di http://www.lunaparksydney.com dan buka biasnaya mulai pukul 11 pagi sampai bisa jam 11 malam. Akan tetapi di beberapa hari tertentu dalam satu bulan Luna Park juga buka saat weekdays terutama saat Summer Vacation mulai dari jam 11 pagi bahkan sampai jam 11 malam.

Wahana yang ada di sini juga lebih beraneka ragam dan menantang seperti ada Ferris Wheel, Bom Bom Car, mini coaster, sampai wahana permainan indoornya yang semuanya menyenangkan bila dicoba. Konsep Luna Park Sydney juga jauh lebih dinamis daripada yang ada di Melbourne yang lebih klasik. Pastikan cek dahulu jadwal bukanya Luna Park Sydney. Patikan Anda menciptakan pengalaman tak terlupakan yang menyenangkan tentunya di Luna Park Sydney. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s