Port Jackson

Berita yang menyatakan bahwa Australia kini sedang menikmati pemasukan barunya untuk ekonomi dari segi kepariwisataan memang tak salah. Tak bisa dipungkiri memang saat ini pariwisata Negara Australia sedang menunjukkan keunggulannya yang terlihat dari meningkatnya jumlah wisatawan luar negri yang datang ke negri kangguru ini.

Asal dari wisatawan yang punya ketertarikan khusus untuk datang ke Australia biasanya banyak yang berasal dari kawasan Asia terutama Asia Tenggara yang jaraknya lebih dekat. Faktor mengapa orang Asia khususnya kawasan Asia Tenggara datang ke Australia untuk berwisata salah satunya karena mereka menganggap negara ini memiliki suasana kekhasan nuansa negara ‘barat’ yang bisa dirasakan dekat dari negaranya.

Bagi masyarakat Asia, posisi Australia sebagai destinasi wisata yang menawarkan suasana kekhasan negara barat adalah sebagai penawar obat bagi wisatawan yang belum sanggup travelling ke Eropa ataupun Amerika. Sampai-sampai timbul ungkapan bahwa cukup ke Australia saja maka Anda sudah dapat merasakan dinginnya Eropa dan majunya Amerika.

Negara Australia memang memiliki iklim yang biasa dimiliki oleh negara barat dengan 4 musim walau terletak di kawasan eksotis tropis Pasifik. Untuk masalah kemajuan negara ini dikenal juga menjadi negara baru yang diperhitungkan di public dunia sebagai negara maju yang letaknya paling selatan di bumi.

Semuanya bisa lebih Anda rasakan bila Anda memilih kawasan bisnis dan perekonomian Australia sebagai tujuan wisata. Kota bisnis juga sangat identik dengan metropolitan yang diepnuhi gaya hidup modern yang menyelimuti kotanya. Dengan begitu rasanya sensasi ke-Eropa-an atau ke-Amerika-an dalam wisata Anda semakin mudah bisa Anda rasakan walau bukan berada di lokasinya langsung.

Salah satu kota yang selalu menarik perhatian wisatawan untuk dijadikan destinasi liburannya di Australia adalah Sydney yang juga merupakan kota bisnis dan juga kota paling modern di Australia. Sydney awalnya mencapai kepopulerannya sebagai tujuan wisata karena keberadaan Opera House yang dianggap sebagai simbol kemegahan arsitektur dunia di abad 20.

Sejak saat itu rasanya siapapun wisatawan yang datang ke Australia pasti berkeinginan untuk datang ke sini sampai sekarang. Hal ini juga berdampak pada brand equity Sydney sebagai ikon wisata Australia yang sudah melegenda di telinga wisatawan luar negri sehingga kota ini pasti tidak akan pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Namun kini semakin dieksplor Sydney bukan hanya menarik karena keberadaan landmark andalannya, Opera House namun juga karena Sydney juga punya tempat-tempat wisata yang punya daya tariknya tersendiri yang juga turut mendukung kestabilan status Sydney sebagai ikon pariwisata Australia.

Berbagai alternatif aktivitas wisata yang bisa Anda nikmati di kota Sydney diantaranya adalah wisata kuliner berbagai belahan dunia, wisata hiburan, belanja sampai wisata yang berkaitan dengan alam contohnya taman kota atau wisata pantai.

Kota Sydney memang populer sebagai kota pelabuhan sejak pertama kalinya Inggris datang ke sini. Kota yang dibatasi langsung dengan laut ini akhirnya juga kini membuat Sydney populer dengan keberadaan beberapa pantainya yang menjadi objek wisata paling dicari.

Selain pantai tentunya kawasan pinggir laut khas pelabuhan yang menyimpan sejarah bagi Sydney juga menjadi destinasi favorit wisatawan, yaitu pergi ke Port Jackson.

Port Jackson merupakan kawasan yang terdiri dari Sydney Harbour dan sebagian “head reserve” yang ada di tengah lautan. Berlatar belakang sebagai pelabuhan dengan peran terpenting dalam menyambut kedatangan bangsa asing pada ratusan tahun lalu, Port Jackson juga sekarang menjadi tujuan wisata yang unik di mana merupakan gabungan laut dan sejarah.

Berlokasi di Sydney Harbour yang lebih populer, Anda bisa menggunakan ferry untuk menuju pelabuhan yang alami ini. Ferry yang bisa Anda jangkau dengan mudah dari tengah kota Sydney adalah yang berlayar di Parramatta river.

Semua ferry yang ke sana biasnaya pasti melewati kawasan Sydney Harbour karena merupakan muara dari segala muara sungai ke laut. Harga ferry biasanya skeitar 13 AUD. Lokasinya juga sangat dekat dengan pusat kota Sydney sekitar 10-15 menit saja dengan ferry.

Walau masih berfungsi juga sebagai kawasan pelabuhan, Port Jackson juga tak kalah indah untuk masalah pemandangan lautnya. Memang tidak ada pantai yang bisa dipijak namun Anda bisa menikmati pemandangan laut lepasnya di beberapa titik indah di sekitaran Sydney Harbour.

Birunya laut dan juga beberapa pulau kecil yang termasuk kawasan Port Jackson juga sebagai kawasan konservasi yang juga menyimpan kekayaan alam di dalamnya. Apalagi bila Anda menemukan spot terbaik dalam melihat hamparan biru laut yang dihiasi pulau-pulau kecil yang dekat dari pelabuhan.

Selain itu ada juga kapal-kapal layar yang kerap digunakan sebagai aktivitas olahraga air juga mnghiasi lautan yang bisa dijadikan sebagai lokasi rileksasi sambil menikmati udara segar khas kawasan pinggir laut.

Wisatawan yang datang biasanya penasaran datang ke Port Jackson karena sejarah dan juga keindahan yang ditawarkan lautnya walau kita tidak bisa langsung menikmati di dalam air. Port Jackson yang kini juga lebih dikenal sama dengan Sydney Harbour (apdahal tidak) sebenarnya merupakan pusat kehidupan yang ada di Sydney Harbour karena merupakan muara dari sungai yang mengaliri kota ini.

Port Jackson adalah lokasi wisata yang menawarkan sesuatu yang baru selain karena lokasi pelabuhan wisata yang cantik, namun juga karena jejak sejarah yang membayanginya. Jangan lewatkan nikmati waktu menjelang senja di sekitaran Port Jackson dan pasti Anda akan dapatkan suasana romantis khas pelabuhan (pinggir laut). Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s