Royal Botanical Garden

Pembangunan yang terjadi pada kota-kota di Australia yang hampir semuanya sudah berwujud sebuah kota modern terutama untuk di ibukota-ibukota negara bagiannya yang merupakan simbol dari impresi setiap negara bagian di Australia. Bentang alam yang dimiliki Australia memang dikenal unik dengan ciri khas daratan di kawasan Pasifik Selatan yang kontur flora dan fauna yang hanya dimiliki wilayahnya.

Untuk massalah keindahan alamnya, Negara Australia memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi karena memiliki daya tarik keeksotisan khas daratan di selatan bumi. Garis pantai negri kangguru ini juga unik karena didominasi banyak karang-karang dan memiliki ombak yang tinggi dan kencang yang membuat Australia dikenal sebagai negara paling dituju untuk para surfer dari seluruh penjuru dunia.

Selain itu, untuk kontur alam di dataran tinggi yang lebih difokuskan pada hutannya yang juga punya bermacam-macam tipe seperti hutan sejuk subtropis serupa dengan suasana di Eropa yang pasti akan Anda rasakan. Hutan memang sedikit susah ditemui di kawasan perkotaan di Australia, namun kita bisa berbicara mengenai kepopuleran mini hutan yang biasa ada dalam kebun raya di sebuah kota.

Australia memiliki beberapa kebun raya yan terdapat di beberapa kota populer di Australia, yang menyimpan flora dan fauna yang multifungsi mulai dari sebagai tempat pelestarian alam, kebutuhan edukasi maupun tempat rekreasi. Di telinga wisatawan sendiri, kota yang populer adalah Sydney atau Melbourne karena memang kedua kota menjadi favorit untuk didatangi wisatawan.

Sydney terkenal dengan landmark populernya Opera House-nya yang legendaris. Selain itu Sydney juga punya berbagai alternatif wisata bisa Anda pilih mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata bangunan unik, wisata bangunan bersejarah sampai tempat-tempat hiburan.

Untuk kaitannya dengan wisata alam memang seperti yang telah dibahas tadi, bahwa di tengah kemodernan kota Sydney yang jadi ikon pariwisata Australia, kota ini juga memiliki kebun raya sebagai area hijau yang juga menyimpan berbagai flora untuk dikoservasi. Semuanya bisa Anda buktikan dengan berkunjung ke Royal Botanical Garden Sydney.

Bila menyebut keberadaan Royal Botanical Garden di Australia memang cukup banyak taman serupa seakan sudah menajdi wisata wajib yang harus diadakan di setiap kota terutama di kota tujuan wisata, seperti di Sydney. Untuk Royal Botanical Garden di kota Sydney ini memang cukup menarik karena sebagaimana yang diketahui bahwa Sydney sudah cenderung memusatkan perhatiannya pada pembangunan modern untuk segala bangunan dengan arsitektural yang megah.

Jadi Royal Botanical Garden yang letaknya di Mrs Macquaries Road kota Sydney ini selalu jadi pusat perhatian dan tak pernah sepi pengunjung. Untuk menuju sini, ada beberapa alternatif perjalanan dengan menggunakan transportasi umum di Sydney seperti dengan kereta dan bis yang jangkauannya luas.

Bila Anda menggunakan kereta, Anda bisa turun di beberapa stasiun terdekat dari RBG Sydney ini seperti Martin Place yang paling dekat, atau bisa juga di St. James Station dan juga Circular Quay. Dari sana Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki saja beberapa menit saja.

Bila Anda memilih menggunakan bis nomor 441 dan berhenti di depan Art Gallery of New South Wales (bis ini melewati mal populer di Sydney yaitu Queen Victoria Building dan juga Town Hall). Anda tentunya sudah mengetahui basis wisata kota Sydney yaitu Circular Quay yang juga patokan dari RBG Sydney, Jadi bila Anda sudah mengetahui patokannya dari sana Anda tinggal melanjutkan berjalan kaki saja.

Royal Botanical Garden ini juga tampaknya selalu buka dan terbuka dikunjungi wisatawan kapan pun, karena jam bukanya umumnya mulai jam 7 pagi sampai malam hingga jam 8 malam. Untuk masalah budget tiket tenang saja karena Anda gratis memasuki Royal Botanical Garden yang juga menjadi arena konservasi di tengah kota Sydney ini.

Secara garis besar, RBG Sydney ini terbagi dalam 3 area, yaitu arena general dari Royal Botanical Garden sendiri, Sydney Tropical Centre yang buka dari jam 10 sampai jam 4 dan Sydney Fernery and Succulent Garden yang buka dari jam 9 sampai jam 4.30 sore.

Selain memang sudah dapat dibayangkan bahwa RBG akan dipenuhi berbagai pohon dan tanaman liar nan asri yang hampir semuanya masih menjadi bahan penelitian ternyata RBG Sydney juga tak melulu hanya dipenuhi pohon-pohon saja. Arena Royal Botanical Garden yang dilatarbelakangi keindahan Parramatta River sangat asri untuk dijelajahi di mana banyak juga terdapat tempat-tempat menarik di sini, seperti Aboriginal Walk yang akan membuka pengetahuan anda mengenai sedikit seluk beluk tentang kebudayaan Aborigin.

Dan tentunya Heritage Walk yang isinya adalah tempat-tempat menarik seperti The Palm Grove, River Oak Casuarina, Royal trees, dan lain-lain yang rasanya tak akan terasa waktu seharian dalam menjelajahi semuanya.

Royal Botanical Garden Sydney ini memang bersatu dengan arena untuk tempat-tempat yang dilindungi pemerintahan kota karena kaitannya dengan budaya dan sejarah kota Sydney sendiri.

Menjelajahi keseluruhan arena RBG Sydney memang rasanya tak cukup seharian berjalan, namun meluangkan sehari saja untuk datang dan menelusuri keasrian Royal Botanical Garden kebanggaan kota Sydney harus Anda lakukan.

Apalagi tidak diperlukan biaya tiket yang bisa menghemat budget namun tetap tujuan berwisata tercapai. Masih di jantung kota Sydney RBG Sydney adalah salah satu tempat wisata yang tak boleh ketinggalan Anda kunjungi. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s