Sydney Tower

Australia memang telah berhasil menarik perhatian dunia untuk Negara di kawasan Pasifik Selatan yang memiliki modernisasi paling pesat. Banyak juga yang mensejajarkan benua kangguru ini dengan Negara-negara barat lainnya di kawasan Eropa dan Amerika karena kemajuannya.

Saat ini Australia memang disimbolkan layaknya pemimpin dari Negara-negara kawasan Pasifik Selatan yang umumnya merupakan Negara kepulauan kecil. Walau bukan dikenal sebagai Negara yang hobi mengeluarkan teknologi yang mutakhir, Australia justru mewujudkan kemajuannya dalam segi pembangunan di kota-kota yang dimilikinya.

Memang jika dilihat dari tata kotanya, beberapa kota besar di Australia yang dihiasi bangunan-bangunan atau gedung-gedung pencakar langit yang urban dan rapi sehingga indah dipandang mata.

Walaupun begitu sebenarnya setiap negara bagian di Australia memiliki kekhasannya tersendiri, seperti Australia Barat yang didominasi bentang alam gurun keringnya, atau juga Queensland yang menjadi tujuan wisata surfing dunia karena kaya akan pantai berombak ekstrem atau kota Canberra yang merupakan pusat pemerintahan Negara ini.

Selain itu tentunya Australia yang dikenal sudah sangat modern ini tentu punya kota yang dijadikan sebagai pusat bisnis dan juga metropolitan sifatnya sebagai ‘representative’ kemajuan Australia, layaknya New York atau L.A. di Amerika. Untuk di Australia sendiri, wilayah yang menjadi percontohan dalam segi pembangunan modern adalah kota Sydney dan Melbourne.

Kedua kota ini juga menjadi tujuan wisata favorit untuk wisatawan dari Asia yang ingin merasakan suasana kehidupan di negara barat yang maju. Salah satu yang paling melegenda tentunya adalah Sydney yang pasti tak pernah ditinggalkan oleh wisatawan untuk dikunjungi selama berada di Australia.

Lahan di kota Sydney sudah dipenuhi bangunan-bangunan modern yang juga menjadi daya tariknya tersendiri apalagi bila masalah fasilitas. Gedung-gedung pencakar langit yang menghiasi kota Sydney juga tidak semuanya hanya dijadikan perkantoran, namun beberapa di antaranya memanfaatkan ketinggian dan sajian pemandangan sekitar kota Sydney untuk dijadikan objek wisata yang dibuka untuk umum.

Mungkin Anda sudah mengetahui keberadaan Eureka SkyDeck yang memiliki 88 lantai dan sebagai gedung tertinggi di Australia yang terdapat di kota Melbourne. Walau tidak memiliki gedung tertinggi di Southern Hemisphere seperti Eureka Skydeck, namun Sydney cukup membanggakan juga dengan memiliki gedung kedua tertinggi di Australia dan juga Southern Hemisphere yang dimanfaatkan pula untuk kepentingan wisata sightseeing bagi publik yang bernama Sydney Tower.

Sydney Tower adalah gedung/menara tertinggi yang ada di kota Sydney dan New South Wales tentunya dengan ketinggian sekitar 300-an meter lebih di atas permukaan laut. Terletak masih di sekitar Sydney CBD tepatnya di kawasan Westfield yang juga mudah untuk dijangkau karena ada di jalan yang sering dilalui wisatawan, seperti Market Street.

Bila Anda menggunakan kendaraan Anda bisa menggunakan banyak pilihan trasnportas termasuk salah satunya adalah Monorail. Anda bisa turun di City Centre Station dan keluar menyebrang kea rah Market Street. Selain itu ada juga Lightrail yang pemberhentian terdekatnya ada di Capitol Square yang dekat dari Pit Street, tempat QVB ini ada.

Tentunya tidak ada lagi yang lebih baik daripada transportasi gratis, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis ini dengan menaiki bis 555 yang melewati jalan-jalan sekitar CBD. Anda bisa turun di sekitar George Street yang dilalui rute bis ini lalu melanjutkan perjalanan sebentar.

Menara ini bersatu dengan Pitstreet Mal yang ada di lantai dasarnya. Sydney Tower buka setiap hari dari jam 9 pagi dan tutup sampai jam 10.30 malam, sepertinya ini adalah bangunan publik yang tutup paling malam di kota Sydney. Untuk bisa naik ke atas Anda harus membayar tiket sebesar 26 Dollar untuk pengunjung dewasa dan juga 15 Dollar untuk anak-anak.

Sebelum naik ke atas dengan lift, Anda akan disuguhi bioskop 4 dimensi yang memperlihatkan beragam tempat-tempat indah yang ada di kota Sydney. Setelah itu Anda akan naik menuju Observation Deck yang menawarkan pemandangan terbaik 360 derajat ke segala penjuru kota Sydney.

Bahkan bila cuaca sedang cerah, Blue Mountain yang populer itu bisa terlihat dari kejauhan di Observation Deck Sydney Tower ini. Di keseluruhan area Observation Deck ini terdapat beberapa panel touch screen yang akan memberikan Anda informasi mengenai Landmark- Landmark terkenal di Sydney sesuai dengan pilihan Anda.

Selain Obeservation Deck dan bioskop 4 dimensi, di sini juga terdapat sebuah wahana populer yang cukup memacu adrenalin bernama Skywalk yang merupakan sebuah platform kaca (dinding dan lantainya terbuat dari kaca) setinggi 280 meter yang terletak di luar menara.

Anda akan berdiri dan berjalan di sana. Untuk bisa merasakan sensasi tersebut Anda harus membayar 65 Dollar yang sudah termasuk dengan tiket masuk di bawah tadi dan akan mendapatkan sensasi seperti berjalan di atas udara dengan ditemani guide professional. Skywalk ini kira-kira berdurasi sekitar 45 menit secara keseluruhan.

Menikmati pemandangan kota Sydney secara keseluruhan dari berbagai penjuru arah memang paling mantap dilakukan di atas Sydney Tower, dengan tinggi dan fasilitas observation deck yang dimilikinya. Wisatawan pasti akan merasa tertantang juga untuk mencoba segala hal yang ada di lantai teratas gedung ini, termasuk skywalk.

Ayo tantanglah diri Anda untuk naik ke gedung tertinggi di kota Sydney ini dan nikmati juga pemandangan indah dari sini. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s