Taronga Zoo

Berdasarkan letak geografis negara Australia adalah satu-satunya negara barat yang berbatasan langsung dengan Indonesia, dengan kata lain negara ini merupakan negara barat terdekat dari Indonesia. Dari fakta mengenai kedekatan geografis ini, Australia tentu menjadi salah satu primadona destinasi wisata yang dinilai punya daya tariknya tersendiri bagi warga Indonesia,terutama karena suasana ala negara-negara barat seperti di Eropa atau Amerika.

Atau bisa disimpulkan bahwa Australia merupakan salah satu alternatif pilihan destinasi wisata ataupun pelarian keinginan wisatawan yang belum bisa terbang jauh ke Eropa atau Amerika. Seperti yang sudah dibayangkan bahwa memang suasana kehidupan nuasan negara barat layaknya Eropa atau Amerika semakin terasa bila Anda menjadikan kota-kota termodern di Australia yaitu Sydney ataupun Melbourne sebagai tujuan wisata Anda.

Sydney sendiri mungkin nama yang sudah tak asing lagi dalam menjadi tujuan berwisata di Australia. Memang benar berdasarkan kenyataan yang sudah ada, nama Sydney selalu ada di itinerary wisatawan yang berwisata ke Australia.

Kawasan utama yang menjadi prioritas tujuan seperti contohnya ke kawasan sekitar Sydney CBD atau juga Circular Quay. Kedua tempat itu memang merupakan pusat aktivitas wisata bagi wisatawan karena banyaknya yang bisa mereka lakukan selama berada di sekitar dua lokasi di atas.

Nama Sydney juga sudah sangat identik dengan keberadaan landmark andalannya yaitu Opera House yang merupakan daya tarik utama untuk siapapun yang dtang menginjakkan kakinya ke Australia.

Salah satu penyebab lain yang mmebuat wisatawan hobi datang ke Sydney adalah bertaburannya berbagai macam objek wisata mulai dari yang outdoor-indoor, modern-classic, sampai kebun binatang yang merupakan salah situs wisata favorit bagi keluarga juga ada di kota ini.

Australia memang sangat populer sebagai benua yang memiliki kekayaan fauna yang merupakan spesies khas Negara Oceania. Fauna Australia yang paling populer di dunia, seperti keberadaan kangguru, koala, wallaby, dll dijadikan pula simbol kebanggaan bangsa ini.

Dengan hanya menjual daya tarik dari koleksi binatang lokalyang dimiliki Australia saja, kebun binatang di sini selalu diminati, termasuk juga di Sydney. Walau sudah berada di kota termodern di Australia, Sydney, terbukti masih banyak sekali wisatawan yang datang sekalian ke Sydney untuk melihat langsung kehidupan hewan-hewan khas Australia langsung di tanah habitatnya.

Salah satu kebun binatang terpopuler di kota Sydney yang letaknya masih di pusat kota adalah yang bernama Wildlife World. Namun kebun binatang yang letaknya benar-benar di pusat kota tidak berukuran terlalu besar karena keterbatasan lahan yang menyebabkan sisi kealamian yang dicari wisatawan tak begitu dapat Anda rasakan.

Tapi tenang saja sebab Sydneynjuga masih memiliki kebun bintana yang sangat populer juga namun letaknya ada di utara kota Sydney (mengarah ke Manly) yang biasa dikenal dengan nama Taronga Zoo di kawasan Mosman – Sydney.

Taronga Zoo berlokasi bukan di pusat kota Sydney namun lebih mengarah ke utara di pinggir jalur menuju Sydney Harbour. Alternatif transportasi yang bisa Anda pilih untuk sampai ke kebun binatang biasanya banyak dari jalur air di mana Anda harus menggunakan ferry yang ditempuh selama 12 menit saja menuju Sydney Harbour dan dekat dari kebun binatang.

Bis juga bisa Anda gunakan namun rutenya memutar dan lebih jauh, jadi menggunakan ferry adalah yang sangat direkomendasikan. Konsep kebun binatanang ini cukup berbeda dengan Wildlife World yang ada di pusat kota di mana dengan sistem indoor visiting.

Di Taronga Zoo yang mungkin menyerupaia Ragunan atau Melbourne Zoo konsepnya lebih terasa sisi kebun binatang yang dinikmati outdoor. Hewan-hewan yang ada di sini pun hidup lebih leluasa karena arena kandangnya dibuat lebih luas dan alami. Maklum saja total luas kawasan kebun binatang mencapai 300 hektar.

Untuk bisa masuk menikmati pertunjukan dan melihat beraga, koleksi hewannya, Anda dikenakan biaya cukup mahal yakni 44 AUD untuk general entry. Namun tingginya harga juga sebenarnya sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan, di mana koleksi binatangnya dirasa jauh lebih lengkap daripada Wildlife World.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pertunjukkan ala-ala Taman Safari, di alam terbuka dnegan bangku penonton seperti burung, primata, dll. Untuk menikmati pengalaman yang lebih eksklusif lagi Anda bisa menambahkan kunjungan Anda dengan merasan pengalaman berada di balik kandang dan dekat dengan hewan asli Australia dengan arahan zookeeper. Untuk bisa mendapatkan pelayanan ini Anda harus membayar sekitar 140 AUD (sudah termasuk tiket masuk umum).

Berbagai satwa yang ada di sini seperti jerapah, gajah, harimau Sumatera, Harimau India, berbagai jenis burung, primata, hewan-hewan endemic asli Australia, dll. Anak-anak pasti menyukai datang ke lokasi karena beragamnya hewan yang smeuanya tampak hidup nyaman di Taronga Zoo dengan suasana sedikit ke Afrikaan.

Taronga Zoo adalah kebun binatang yang paling disukai masyarakat khususnya warga Sydney karena lebih berasa suasana kebun binatangnya walau harus berpans-panasan di terik matahari. Selain itu hiburan lain yang anda dapat adalah menaiki cable car (kereta gantung) yang mengelilingi area kebun binatang sehingga pemandangan aktivitas binatang dari atas bisa Anda perhatikan.

Jika Anda memiliki budget ang cukup dan bersama anak-anak, maka lebih baik eksplor juga Taronga Zoo yang juga memaerkan koleksi hewa khas Australia dekat dari Anda sebagai pengunjung. Jadi pengalaman yang dirasakan juga pasti tak terlupakan terutama bagi yang belum pernah melihat secara langsung hewan-hewan tersebut. Selamat berkunjung dan berlayar ke Taringa Zoo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s