Tumbalong Park

Nama Sydney sebagai salah satu kota paling modern di Australia selain melbourne memang sudah sangat tidak asing bagi masyarakat dari penjuru dunia. Mengidentikkan negara Australia dengan Sydney memang sering sekali dilakukan oleh wisatawan asing yang mengeneralisasikan keseluruhan negara Australia pasti serupa dengan kota Sydney.

Hal ini terbilang bagus juga sebagai pencitraan bahwa dari kota Sydney orang akan memandang Australia memiliki taraf hidup yang baik dan memiliki pembangunan yang modern, sehingga layak disejajarkan dengan negara-negara barat lainnya. Menjadikan kota Sydney sebagai destinasi wisata Anda ke Australia rasanya adalah keputusan tepat.

Kota ini memang sangat identik sebagai simbol kepariwisataan negara Australia karena keberadaan Opera House di Sydney yang merupakan kebanggaan Australia. Selain populer karena landmark legendarisnya, keberagaman jenis objek wisata yang terdapat di kota Sydney ini membuat wisatawan tak akan pernah merasa bosan untuk datang lagi ke sini.

Mulai dari kawasan belanja, makan, tempat hiburan lain ataupun wisata alam dan sejarahnya selalu menarik untuk dikunjungi karena selalu memberikan pembaruan yang menarik. Segala sarana dan pra-sarana penunjang kegiatan pariwisata di kota Sydney juga sudah sangat tersedia dengan baik, mulai dari transportasi – pusat informasi dan lain-lain.

Segala kemudahan untuk wisatawan tersebut berdampak kenyamanan pula untuk mereka yang membuat kota Sydney selalu dibanjiri wisatawan mancanegara terutama saat musim liburan tiba. Tempat-tempat yang menjadi favorit untuk mereka kunjungi adalah di sekitar daerah CBD ataupun Circular Quay yang merupakan jantung kota Sydney dan juga sebagai pusat tempat wisata di sini.

Ibaratnya bila Anda tidak menghabiskan waktu ke sekitar 2 tempat ini maka Anda belom sah mengunjungi Sydney. Karena tergolong sebagai kota modern, Sydney memang cukup identik dengan wisata indoor yang menjual kemenarikan sebuah bangunan atau situasi tertentu. Akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa kota ini dibelah oleh Parramatta River yang terlihat megah dan menjadi salah satu daya tarik wisata di kota ini terlebih di kawasan sekitar dua jantung kota Sydney di atas.

Keseimbangan antara kehidupan modern dan juga alam memang cukup dimiliki Sydney yang juga punya areal terbuka sebagai lahan hijau sekaligus arena bermain atau bersantai bersama keluarga. Salah satu yang paling populer di sekitar pusat kota Sydney adalah Tumbalong Park yang masih berada di sekitar Sydney Central Business District.

Tumbalong Park tergolong sebagai taman utama di kota Sydney yang banyak sekali difungsikan dengan berbagai tujuan, mulai dari rekreasi – event besar kota – olahraga, dll. Terletak di kawasan Darling Harbour yang tidak jauh dari Sydney CBD, Tumbalong Park sangat mudah ditemui karena merupakan satu-satunya taman asri nan luas yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Berbagai pilihan transportasi juga tersedia beberapa alternatif. Anda bisa menggunakan transportasi umum populer di kota Sydney yaitu kereta, bis dan juga lightrail. Bila Anda menggunakan kereta, Anda bisa turun di Town Hall Station yang ada di Darling Harbour dan keluar ke arah Bathrust Street, dari sana Anda hanya mengikuti jalan saja sambil melihat indahnya taman dari kejauhan.

Bila Anda menggunakan bis, Anda juga harus turun di perhentian Bathrust Street atau bisa juga di Liverpool Street yang sama-sama merupakan area terdekat dari pintu masuk Tumbalong Park ini.

Bila dengan lightrail Anda harus turun di perhentian yang ada di Paddy’s Market (Station) yang letaknya juga dekat dari Tumbalong Park jadi hanrus dijangkau dengan jalan kaki dari beberapa perhentian di atas. Untuk masalah biaya masuk tentunya taman ini gratis dari uang tiket karena masih tergolong fasilitas umum dari pihak pemerintahan kota Sydney.

Tumbalong Park sendiri dikonsepkan sebagai meeting point untuk segala umur, mulai dari keluarga kecil, teman-teman, sampai orang-orang terkasih yang datang untuk menikmati piknik sesaat di arena seluas 5 hektar ini. Konsep urban memang begitu lekat dengan Tumbalong Park yang memang sengaja dibuat sebagai tempat dilakukannya festival-festival urban outdoor di kota Sydney ini.

Taman ini secara garis besar terdiri dari area rerumputan, pepohonan, jogging dan bicycle track serta teater terbuka dan juga playground yang diperuntukkan untuk umum. Areal playground ini berisikan jenis mainan anak yang bisa mengasah ketangkasan dan kreativitas mereka dengan beralaskan pasir yang membuat anak-anak pasti betah bermain bersama kawan-kawan barunya di sini. Tumbalong Park memang sebuah alternatif area untuk keluarga yang masih mengutamakan sisi natural dan juga menyenangkan buat anak-anak.

Apalagi ditambah dengan keberadaan beberapa air mancur di taman ini yang terus nyala untuk menambah daya tarik taman ini menajdi lebih asri. Biasanya wisatawan yang datang selalu menyempatkan diri untuk datang ke titik-titik di mana air mancur itu berada karena keunikannya tersebut. Selain sda air mancur, ada juga festival-festival atau konser musik yang dilakukan di Tumbalong Park.

Konsep urban berpadu alam adalah bukti keberadaan dari tumbalong Park ini. Anda juga belum resmi datang ke Sydney kalau belum mengunjungi Tumbalong Park yang sangat hip di Sydney saja. Untuk itu dengan bekal pengetahuan transportasi dan juga kebutuhan makan tim kita masih belum terlalu terpuruk. Jadi datanglah ke arena hijau rekreasi untuk keluarga yang paling populer di kota Sydney yaitu Tumbalong Park. Tong hilap nya’ (Jangan lupa ya). Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s