Wisata Brisbane

Langit biru jernih. Matahari bersinar terik. Hamparan pasir dibawah telapak kaki tidak terasa panas karena sepagian hujan sempat mengguyur Pulau Moreton, pulau di Samudra Pasifik, sebeleh timur laut Brisbane, Queensland, Australia.

Tiga puluhan pelancong tampak keluar dari dua bus wisata yang berhenti di lautan pasir di kawasan wisata yang termasyhur di pulau itu, Tangaloma.

Para wisatawan berjalan beriringan maniki bukit pasir setinggi 100-an meter. Masing-masing menenteng selembar papan hardboard berukuran sekitar 100×300 sentimeter. Sebelumnya, atas arahan pemandu wisata, mereka terlebih dahulu mengusapkan sebatang lilin ke sala hsatu permukaan licin papan yang nantinya menjadi piranti luncur bermain ski pasir itu.


Sesampai di puncak bukit, peserta ski berbaris. Antre menunggu giliran menuruni lereng pasir dengan kemiringan sekitar 40 derajat itu. Lalu, tibalah saat menikmati sensasi berski pasir, membayar kelelahan dan napas tersengal ketika mendaki bukit.

Papan yang permukaannya dilapisi lilin diletakkan di sisi bawah, menyentuh pasir. Kedua tangan menarik ke atas ujung depan papan sehingga posisinya menggantung di bibir lereng, sedangkan bagian papan lainnya masih berada di sisi datar puncak bukit, tempat pemain ski telungkup dengan posisi kedua kaki ditekuk ke atas.

Perlahan, pemandu mengarahkan papan dan badan peserta ski condong  ke bawah. Beberapa detik kemudian, wisatawan meluncur menuruni lereng pasir. Semakin lama, kecepatan papan semakin tinggi. Jeritan histeris kerap terdengar ketika papan  ski melesat turun dengan kecepatan hingga 40 kilometer per jam. Sampai pada akhirnya, papan luncur melambat dan behenti ketika sudah berada di hamparan datar kaki bukit setelah menempuh jarak ratusan meter.

Meluruskan kaki sehingga ujung jempol menyentuh pasir adala htips untuk mengerem dan menghentikan laju papan. Namun, jangan sekali-kali menurukan kedua tangan yang menerik ujung depan papan saat menuruni bukit.

Jika itu dilakukan, papan berikut orang di atasnya akan terguling-guling saat menuruni lereng.

Ski pasir merupakan salah satu atraksi yang ditawarkan bagi pengunjung kawasan resor Tangalooma di Pulau Moreton, sebuah pulau di Samudra Pasifik, sebelah timur laut Brisbane, Queensland.

Bermain papan luncur di bukit pasir ini pun sempat dilakoni anggota rombongan wartawan yang mendapat undangan dari Tourism Queensland dan maskapai Singapore Airlines untuk mengunjungi beberapa obyek wisata di negara bagian sisi timur Australia tersebut. Tak dilewatkan juga, bersafari menyusuri kawasan perbukitan pasir dan pesisir Tangalooma dengan kendaraan roda empat ATV, all terrain vehicle. Beberapa di antara kami juga menikmati panorama pantai dengan menaiki segway, kendaraan beroda dua yang bisa melaju dengan mencondongkan tubuh pengendara ke depan.

Ragam Tema

Beragam tema digarap para pengelola wisata di Queensland, mulai dari panorama pantai dan pulau, kegiatan bernuansa petualangan menikmati flora dan fauna di alam, hingga aneka tontonan  di obyek-obyek wisata. Kami juga sempat diajak menyaksikan pertunjukan sulap menampilkan ilusionis Joe Labero. Trik sulap dipadu dengan tampilan kabaret memukau pengunjung yang memenuhi bangku teater di Jupiters Hotel and Casino itu.

Sementara itu, di Dreamworld, kami berkesempatan menjajal wahana (sarana bermain) permainan Tower of Terror. Jantung berdetak kencang ketika kereta yang kami tumpangi tiba-tiba ditarik ke belakang dengan hentakan kuat, meniti rel hingga ketinggian puluhan meter dalam posisi tegak lurus, dan kemudian meluncur ke bawah. Pengalaman sembilan detik yang sungguh memacu adrenalin.

Beragam potensi wisata itulah yang menjadi magnet kunjungan turi. Project Coordinator International Media and Trade Relations Tourism Queensland, mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan kunjungan wisatawan  ke Queensland, termasuk wisatawan dari Indonesia.

Keberadaan hotel maupun apartemen yang tidak jauh dari lokasi pantai, pusat-pusat pertunjukkan, maupun pusat belanja, memudahkan akses pengunjung mendatangi tempat-tempat tersebut. Kami yang menginap di Mantra dan makan malam di Hoiday Inn pun hanya butuh waktu belasan menit jalan kaki untuk sampai ke pantai Gold Coast yang berpasir putih.

Kami pun berkesempatan melihat panorama kota Brisbane, dengan pantainya yang menghadap Samudra Pasifik, dari dek observasi Skypoint yang yang menjulang di ketinggian 77 lantai.

Sementara itu, jauh di bawah debur ombak Samudera Pasifik tampak memecah di pantai tempat wisatawan menikmati suasana sore.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s