Albert Park

Menjadi pusatnya kawasan Pasifik, Australia semakin menjadi pertimbangan dunia karena kemajuan pesat yang dimilikinyanya kawasan Pasifik, Australia semakin menjadi pertimbangan dunia karena kemajuan pesat yang dimilikinya. Berawal dari hanya sebuah Negara jajahan untuk tempat tahanan Inggris kemudian dibangun perlahan-lahan dan menjadi lading investasi nan menjanjikan.

Gaya hidup perkotaannya juga sudah patut disejajarkan dengan kota-kota besar di Amerika dan Eropa. Sampai saat ini Australia juga menjadi Negara perantauan favorit selain Amerika oleh bangsa Eropa dan Asia tentunya karena tergiur untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di sini. Walau populasi asli benua ini yaitu suku Aborigin semakin terkikis keberadaannya akibat semakin dominannya pendatang yang menjadi penduduk Negara ini, Australia tetap patut dibanggakan dalam hal pembangunan.

Walau berada di ujung bumi selatan, Australia dikenal bukan sebagai bagian Negara berkembang seperti yang ada di sekitarnya namun memastikan diri sebagai salah satu Negara maju di dunia. Salah satu kota yang turut memberikan kontribusi pengakuan Australia sebagai Negara maju adalah kota Melbourne yang memang dikenal sebagai kota termodern di negri kangguru tersebut. Berjejeran lahan kotanya digunakan untuk pengembangan pembangunan modern seperti gedung-gedung pencakar langit, sistem transportasi yang paling terintegrasi, dll.

Walau tidak memiliki banyak area terbuka hijau, Melbourne justru dikenal sebagai kota sejuta taman karena banyaknya jumlah taman yang juga dibangun untuk menyeimbangkan pembangunan. Bahkan taman-taman terbuka di kota Melbourne selain berfungsi untuk lingkungan, namun juga memiliki peran sebagai tempat wisata karena keunikan masing-masing taman. Salah satunya adalah Albert Park yang menjelma sebagai kawasan penting yang memiliki fungsi lebih pada bidang olahraga disamping sebagai area hijau yang indah dan asri.

Albert Park adalah area terbuka yang berperan sangat penting untuk lingkungan maupun nama baik Australia dalam bidang olahraga. Sebab nama Albert Park ini semakin dikenal publik internasional karena menjadi lokasi digelarnya GrandPrix Formula 1 setiap tahunnya di Melbourne. Menjadi tuan rumah digealrnya event olahraga otomotif paling bergensin semakin memantapkan Melbourne menjadi kota berstandar internasional dan berada di atas Sydney, tetangganya.

Letaknya ada di sekitar St. Kilda Road yang mendekati pantai St. Kilda sehingga transportasi untuk menuju kawasan Albert Park ini adalah tram yang merupakan transportasi kebanggaan kota Melbourne. Anda bisa menaiki tram nomor 96 atau 112 yang menuju St. Kilda Beach. Kedua tram ini melewati kawasan Melbourne CBD sehingga mudah ditemui dari pusat kota Melbourne dengan tarif sekitar 4 Dollar sekali perjalanan yang armadanya 2-8 buah per jamnya yang beroperasi. Bila Anda menginap di kawasan St. Kilda tentu mudah sekali menuju taman yang tidak jauh dari sana mungkin bisa Anda jangkau dengan berjalan kaki atau sambil lari-lari pagi/sore hari bersama dengan masyarakat yang juga banyak datang ke Albert Park.

Awalnya Albert Park ini sangat populer dengan danau Albertnya yang berada di tengah kawasan dengan areal yang memang cukup luas dengan dikelilingi taman hijau nan asri. Albert Park juga merupakan kawasan di mana banyak sekali burung-burung liar singgah. Albert park menjadi salah satu daerah resapan air dan juga sumber air yang penting untuk kota Melbourne alias menjadi area konservasi juga.

Namun semakin kemari taman ini dijadikan sebagai pusat kegiatan beragam cabang olahraga mulai dari Formula 1 tadi, golf, renang, dll. Bila Anda ingin membayangkan yang serupa dengan di Indonesia adalah kawasan Senayan yang dipenuhi banyak arena olahraga, namun Albert Park jauh lebih indah dan kuat penghijauannya. Area lapangan golf yang juga dibuka untuk umum, Indoor Swimming pool yang juga bisa diperuntukkan untuk umum, ada pula beragam pusat olahraga air tawar yang memang biasa dilakukan di danau Albert ini.

Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini bila tidak berkepentingan menonton pertandingan di arena-arena tersebut, seperti jogging, bersepeda,bersantai di pinggiran danaunya yang juga indah. Kegiatan yang populer dilakukan di sini adalah melihat pemandangan burung-burung yang turun mencari makan terutama saat sore hari. Selain itu ada yang menarik dari Albert Park ini adalah keberadaan pulau buatannya di tengah Danau Albert yang bernama Gunn Island.

Untuk menuju sana tentunya Anda bisa menyewa boat yang tersedia di pinggir danau dan sekedar berjalan-jalan di pulau yang juga menjadi daya tarik wisata di sini. Di tengah Pulau Gunn juga terdapat hotel walau sebenarnya keberadaan pulau ini juga sebagai bagian dari wilayah konservasi di Albert Park. Bila Anda memilih untuk berpiknik bersama keluarga, Albert Park juga memiliki area khusus untuk berpiknik yang menyajikan pemandangan danau nan elok dengan pepohonan rimbun dan tentunya fasilitas tempat duduk dan arena bermain untuk anak di Swan Picnic Area.

Sebenarnya ada satu lagi hal menarik di Albert Park ini yaitu keberadaan Aqua Towernya yang ada di danau mirip seperti air terjun buatan yang dibentuk seperti menara namun sudah tidak difungsikan lagi untuk menghemat energi, padahal towernya masih bisa Anda lihat namun tidak dialiri air.

Bersantai mengunjungi taman multifungsi kebanggan kota Melbourne yang sudah go international rasanya harus Anda lakukan sebab Albert Park tidak akan membuat kecewa. Walau semuanya adalah buatan manusia namun tidak menghilangkan suasana alami yang memang sengaja ditujukan untuk menyeimbangkan sisi metropolitan kota Melbourne. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s