Birrarung Marr

Inilah taman bermain terbaru yang dibuka untuk umum di Melbourne. Letaknya di pinggir sungai Yarra, dengan luas area sekitar 8 hektar. Konstruksinya dimulai pada tahun 2000 dan resmi dibuka untuk umum pada 2002.

Birrarung Marr dirancang sebagai tempat terbuka yang bertingkat-tingkat. Bagian paling bawah tepat bersisian dengan sungai Yarra dengan permukaan tanah yang ditutupi kerikil. Bagian tengah berada di timur taman dengan permukaan tanah yang ditanami rumput. Bagian atas di utara taman bersisian dengan jalan Flinders, sekitar 10 meter di atas sungai Yarra, di mana pengunjung taman dapat menikmati pemandangan kota yang spektakuler. Jalur pejalan kaki dan sepeda juga tersedia di taman ini.

Bertujuan sebagai wadah masyarakat untuk mengekspresikan diri, banyak festival maupun kegiatan perorangan diselenggarakan di Birrarung Marr. Sejumlah atraksi seni juga terdapat di sana, antara lain :

  1. Federal Bells – sebanyak 39 lonceng perunggu dengan berat antara 500 gram hingga 1,2 ton dipasang terbalik pada tonggak-tonggak. Lonceng-lonceng ini dibunyikan secara berkala setiap harinya dan dapat didengar dari jarak 100 meter bila suasana di taman cukup tenang.
  2. Speaker’s Corner – sebuah sudut di taman yang dulu kerap dimanfaatkan oleh mereka yang ingin menyampaikan aksi protes, aspirasi, maupun informasi yang bermanfaat. Hamparan rerumputan dan pepohonan di sekitarnya membuat sudut ini sangat asri dan teduh.
  3. Three-legged Angel – sebuah patung berkaki tiga setinggi 10 meter berdiri tepat di pinggir sungai dengan corak dan paduan warna yang sangat unik.
  4. ArtPlay – sebuah tempat bermain dan belajar bagi anak-anak. Pelbagai workshop kesenian sering diselenggarakan di sana, baik pada hari sekolah maupun akhir pekan dan hari libur.
  5. Sebuah jembatan panjang dengan desain yang sangat modern menghubungkan ketiga level taman dan sekaligus memberikan akses bagi para penyandang cacat

Birrarung Marr telah memperoleh beberapa penghargaan atas desainnya yang fungsional, unik, dan indah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s