Koala Conservation Centre

Australia menjadi pilihan bagi warga Indonesia yang ingin berlibur ke luar negri karena suasana kehidupan baratnya yang terasa dekat dari negara Indonesia. Selain itu dari segi pembangunan negara Australia sudah disetarakan dengan Negara-negara di Eropa dan juga Amerika.

Memang tidak hanya Indonesia yang merupakan asal dari para wisatawan luar negri yang datang ke Australia, negara-negara lain di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Timur juga kerap berdatangan ke sini.

Destinasi mereka di berbagai kota di Australia memang tergantung dari tujuan liburan mereka, siapa yang lebih tertarik mencari pantai terbaik untuk dijadikan lokasi surfing tentu wilayah Gold Coast di Queensland menjadi tujuan utama yang sangat direkomendasikan, namun bagi yang ingin merasakan pembangunan dengan city tourist disertai jejak sejarahnya, belakangan wilayah Victoria lah yang lebih menarik perhatian wisatawan karena berbagai keunikan yang dimilikinya.

Kota yang memang menjadi pusat perhatian di bidang pariwisata adalah tentunya ibukota Melbourne yang merupakan kota termodern di Australia. Namun Victoria juga memiliki paduan yang unik sebab kesan klasik ala Victorian Style, urban modern serta alam yang banyak juga didominasi dataran tinggi menjelma menjadi destinasi pariwisata yang menarik.

Semua wisatawan pasti sudah membaca review dari banyak wisatawan yang sudah mengunjungi Victoria tentang bagaimana nyamannya dan menariknya berwisata di kota Melbourne. Namun ternyata selain Melbourne, ada juga sebuah kawasan di Victoria yang menjadi pusatnya kepariwisataan Victoria karena punya daya tariknya tersendiri yang mengharuskan anda untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di sana.

Tempat tersebut adalah Phillip Island yang sangat populer dengan Nature Park nya. Australia dikenal sebagai benua yang memiliki kekayaan fauna yang merupakan spesies khas Negara Oceania – Pasifik. Fauna Australia yang paling populer di dunia contohnya adalah kangguru, koala, wallaby, dll yang kemudian dijadikan pula simbol kepariwisataan Australia dalam meningkatkan perhatian negara lain terhadap Australia.

Hal tersebut terbukti sangat efektif dalam menarik wisatawan luar negri yang ternyata sengaja datang ke Australia untuk melihat langsung kehidupan hewan-hewan khas Australia langsung di tanah habitatnya. Apalagi beberapa di antara hewan khas Australia tersebut ada yang dilindungi oleh pemerintahannya sehingga sulit ditemui di Negara lain seperti koala atau wallaby.

Phillip Island memiliki juga konservasi khusus untuk hewan-hewan tersebut terutama koala yang bisa ada dekati di habitat aslinya yang menjadi juga pusat konservasi di Phillip Island ini. Phillip Island memiliki sebuah kawasan khusus konservasi beberapa hewan dengan nama Phillip Island Nature Park yang sangat populer akan keberadaan pusat dari beberapa hewan seperti penguin, fur seals, dan tentunya koala. Anda bisa mengunjungi koala di habitat aslinya saat datang ke Phillip Island hanya di Koala Conservation Centre.

Tentunya menemukan koala di habitat aslinya yang bisa Anda lihat dari dekat tentu tidak mudah kecuali hanya di beberapa tempat di Australia. Wisata melihat hewan lucu nan langka asli Australia ini tentu disukai segala umur. Dengan konsep seperti di hutan pohon eucalyptus yang merupakan pohon kesukaan koala, Koala Conservation Centre ini tentu sangat menarik untuk dikunjungi.

Bila Anda ingin mengunjungi tempat ini dari kota Melbourne yang biasanya merupakan pusat datangnya wisatawan dari luar negri, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bis atau kereta yang melayani perjalanan antar kota di Victoria. Datang ke Phillip Island melalui darat tidak perlu transfer lagi menggunakan ferry atau kapal sebab antara daratan Victoria dengan Phillip Island sudah dihubungkan dengan jembatan yang lebih mempermudah wisatawan yang datang ke sini.

Perjalanan dari kota Melbourne saja hanya ditempuh selama 2 jam. Anda bisa mengambil tur menuju Phillip Island yang pasti mengunjungi kawasan Phillip Island Nature Park termasuk Koala Conservation Centre yang membuat Anda lebih mudah berwisata. Koala Conservation Centre sendiri buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore baru tutup.

Untuk bisa masuk ke Koala Conservation Centre, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 11 Dollar untuk pengunjung dewasa dan 5.5 Dollar untuk anak-anak berusia 4-15 tahun. Di dalam Koala Conservation Centre, Anda bisa melihat dari dekat para koala yang biasanya memang sedang asyik tidur di dahan-dahan pohon dengan muka imutnya.

Banyaknya jejeran pohon Eucalyptus di sini tidak akan membuat Anda bingung mencari keberadaan koala di atas pohon sebab pastinya setiap pagi petugas hutan sudah menempatkan papan-papan tanda di pohon eucalyptus tempat koala-koala pada hari itu bertengger untuk memudahkan pengunjung.

Dalam area 6 hektar di Koala Conservation Centre ini ada dua buah kawasan boardwalks yaitu Koala Boardwalks dan Woodland Boardwalks yang merupakan habitat juga bagi beberapa hewan Australia asli seperti wallaby, echidnas, burung-burung, dan satwan liar asli Australia lagi.

Di sini juga terdapat Visitor’s Centre yang merupakan arena bagi pengunjung untuk mengetahui mengenai seluk beluk kehidupan koala di sebuah media interaktif. Selain hanya bisa melihat beberapa koala yang masih tidur di atas pohon, Anda juga tentunya diberikan kesempatan untuk berfoto dengan koala sebagai kenang-kenangan.

Kenang-kenangan lain yang bisa Anda dapatkan dari sini tentunya dengan membeli merchandise di toko souvenir di sini. Pokoknya Anda akan mendapatkan pengalaman berharga dalam melihat kehidupan koala seperti di habitat aslinya dnegan datang ke Koala Conservation Centre di Phillip Island Nature Park. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s