Melbourne Central

Menjelajahi benua terkecil di dunia yang populer dengan beragam satwa khasnya seperti kangguru dan koala, Australia, tentunya akan menimbulkan kesan tersendiri. Pasalnya benua sekaligus Negara ini memiliki banyak tempat menarik yang harus dikunjungi dengan bermacam latar suasana atau tema dari aktivitas berbau outdoor seperti yang berhubungan dengan alam atau yang indoor, lebih daya tarik ke dalam isi bangunan.

Sebagai salah satu tanah jajahan Inggris, Negara ini tentu memiliki keseragaman tersendiri dengan Negara di Eropa Barat tersebut. Maka tak heran bila cerminana kehidupan Australia juga tidak kalah metropolitannya dengan kehidupan masyarakat Eropa Barat khususnya bahkan Amerika. Beberapa kota di Australia bahkan sudah layak disejajarkan dnegan berbagai kota metropolitan di dunia seperti New York, LA, London, dll.

Untuk masalah julukan sepertinya kota yang selalu mengundang pendatang untuk mengunjungi kota ini karena beragam daya tarik yang dimilikinya layaknya New York di Amerika, adalah kota Melbourne untuk julukan sebagai New York-nya Australia. Ibukota Negara bagian Victoria ini memang menjadi tujuan utama para perantau untuk membangun kehidupan baru makanya masyarakat Melbourne memang terdiri dari banyak suku bangsa hingga muncul sebutan sebagai kota Multikultural terbesar di Australia.

Kota Melbourne juga sangat menarik dari segi kepariwisataannya yang lebih mengandalkan berbagai landmark modern urban style ataupun yang masih berbau sejara Victorian Style. Landmark populer di kota Melbourne juga seakan memiliki konsep “one stop visiting”, di mana selain memang memiliki fungsi wisata ternyata fungsi utama beberapa landmark juga sebagai sarana transportasi, perkantoran, tempat tinggal, dll. Salah satu yang terkenal adalah Melbourne Central.

Melbourne Central adalah satu rangkaian fasilitas mencakup pusat perbelanjaan dan juga stasiun yang bernama Melbourne Central Station yang letaknya ada di bawah Shopping Centre (stasiun bawah tanah). Melbourne Central masih terletak di kawasan Melbourne CBD, tepatnya di antara jalan La Trobe dan jalan Swanston.

Perpaduan one stop visiting ini adalah andalan dari Melbourne Central yang Shopping Centrenya kerap dijadikan tempat pertemuan bagi anak muda sekitar Melbourne, termasuk warga Indonesia. Letaknya yang strategis serta akses yang mudah membuat Melbourne Central Shopping Centrenya maupun Stationnya selalu dibanjiri masyarakat. Untuk menuju Melbourne Central selain dengan berjalan kaki bila penginapan Anda terletak di dekat sini, Anda juga bisa menggunakan kendaraan bis atau tram yang banyak sekali armada yang melewatinya.

Seperti untuk tram, Anda bisa menaiki tram dnegan nomor 03, 05, 16, 19, 24, 27, 30, 57, 59, dan 64 yang melewati Melbourne Central, jadi Anda bisa berhenti di perhentian sekitar sana. Hal spesial dari kota Melbourne adalah Anda diberikan pilihan untuk menggunakan transportasi yang bebas uang tiket alias gratis seperti Melbourne City Tourist Shuttle Bus yang khusus difungsikan untuk wisatawan dalam mencapai landmark-landmark populer di kota Melbourne.

Untuk menuju Melbourne Central memang tidak ada perhentian yang berhenti langsung di depan Melbourne Central, namun Anda bisa berhenti di perhentian ke-8 lalu melanjutkan perjalanan lagi dnegan sedikit berjalan kaki. Sedangkan ada pula layanan City Circle Tram yang juga gratis dan beroperasi hanya di sekitar jalan-jalan utama kota Melbourne, termasuk menyusuri sepanjang jalan La Trobe ini dimana Melbourne Central berada.

Selain populer sebagai pusat perbelanjaannya yang dipenuhi ratusan outlet mulai dari kebutuhan dari ujung kepala sampai ujung kaki ditambah dengan banyaknya kafe atau restoran, Melbourne Central juga dilengkapi beberapa tempat penunjang kebutuhan entertainment warga Melbourne seperti keberadaan Cinema Theatre yang bernama Hoyt, atau ada juga arena permainan khas mal. Di samping beberapa hal yang memang umum berada di suatu mal urban, yang sangat menarik dari Melbourne Central adalah arsitekturalnya yang memiliki banyak ornament-ornamen modern urban style yang sangat mencerminkan kedinamisan kota Melbourne.

Jika Anda mengunjungi Melbourne Central rasanya sayang bila melewatkan beberapa ornamen unik yang ada di dalamnya. Hal yang pertama adalah yang paling menonjol keberadaannya yaitu Coop’s Shot Tower yang merupakan bangunan tertinggi di dalam Melbourne Central ini hingga mencapai 50 meter menjulang di dalam Melbourne Central. Dengan memiliki lantai 9 Shot Tower yang dulu difungsikan sebagai pabrik amunisi merupakan bangunan tertinggi di Melbourne pada awal tahun 90-an.

Masuk sebagai National Trust Building pada saat itu sehingga dibangunlah kubah tinggi sekali untuk melindunginya yang saat ini tampak indah selaras dengan shot tower itu sendiri. Selain shot tower ada juga sebuah ornament unik penghias dinding menara yaitu adanya Vertical Garden yang benar-benar ditanami tanaman hidup namun tanpa menggunakan media tanah, yang bentuknya seperti merambat pada dinding menara.

Sayang bila Anda melewatkan kesempatan mengunjungi kedua hal unik di Melbourne Central yang bisa dijangkau di Lantai Dasar. Selain itu, Melbourne Central juga memiliki jam yang sangat besar disponsori oleh SEIKO merek jam paling populer di Jepang dengan bentuk bulat seberat 2 ton yang dibawahnya ada hiasan bonek lucu, bila jam berganti jarum tiap jamnya maka boneka-boneka dari besi itu akan keluar dan bergerak lucu. Inilah yang membuat Melbourne Central begitu menarik selain dari segala aspek perpaduan pusat perbelanjaan, tempat makan dan juga stasiun itu.

Pasti semua wisatawan yang datang ke kota Melbourne akan menyempatkan diri main-main ke Melbourne Central karena letaknya yang strategis dan juga memberikan kita segala segi entertainment mulai dari shopping, playing, sampai berwisata ke point-point andalan arsitektural di sini. Bila semua wisatawan ke sini, tentunya Anda juga harus melangkahkan kaki Anda dan menghabiskan waktu berjalan menyusuri Melbourne Central sebelum berjalan-jalan lagi via stasiunnya. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s