Melbourne Museum

Kota Melbourne saat ini sudah sering disejajarkan dengan kota-kota modern lain di Eropa Barat bahkan Amerika seperti New York karena kemajuannya yang begitu pesat di kawasan Australia – Asia Pasifik. Tak heran bila Melbourne menjadi salah satu pusat perekonomian bagi Australia terutama di bidang bisnis dan juga sektor pariwisatanya yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya terutama dari wisatawan luar negri.

Bangunan-bangunan uniknya yang menjadi landmark kota Melbourne juga semuanya pasti mengundang wisatawan untuk datang. Segala fasilitas penunjang kegiatan pariwisata seperti visitor center, transportasi, tempat makan, penginapan tidak akan sulit ditemui di sini karena petunjuknya yang jelas dan tidak membingungkan. Wisatawan Indonesia pasti menjadikan kota Melbourne sebagai destinasi wisata mereka selain Sydney jika berada di Australia.

Sightseeing mengitari kota Melbourne adalah hal yang wajib Anda lakukan bila berada di Melbourne sambil berdecak kagum dengan kerapihan dan keteraturan tata kotanya. Rasanya memang tidak berlebihan bila Melbourne baru-baru ini masuk ke dalam daftar kota yang nyaman untuk ditinggali dan juga menyenangkan untuk wisatawan.

Selain sekedar memperhatikan pemandangan kota secara garis besar dari jalan, Anda juga bisa masuk ke salah satu landamark-landmark andalan kota Melbourne yang memiliki daya tarik wisata. Salah satu diantaranya adalah keberadaan Melbourne Museum yang masuk juga ke dalam salah satu daya tarik wisata di kota Melbourne menurut Pemerintah Kota Melbourne.

Melbourne Museum ini terletak masih di dekat kawasan Melbourne Central Bussiness District (CBD) yang merupakan kawasan metropolitan kota ini, tepatnya di Nicholson Street yang terletak di utara Melbourne CBD dekat dari Victoria Street. Untuk bisa menuju Melbourne Museum Anda punya banyak sekali alternatif transportasi umum yang merupakan andalan dari kota Melbourne.

Salah satunya adalah dengan menggunakan City Circle Tram yang gratis ke arah Victoria Parade, ada juga layanan gratis untuk wisatawan yang ingin mengunjungi landmark wisata andalan kota ini yaitu dengan City Tourist Shuttle Bus yang memang disediakan khusus wisatawan kota Mebourne. Jika Anda menggunakan layanan bus gratis ini Anda harus berhenti di perhentian ke-4 tepat di depan Melbourne Museum.

Ada juga alternatif dengan menggunakan kereta yang turun di Parliament Station lalu melanjutkan jalan kaki lurus hingga Melbourne Museum di Nicholson Street, namun itu terkesan lebih ribet bila Anda berangkat masih dari kawasan Melbourne CBD. Dari luar, penampakan sekitar museum cukup terlihat asri dengan taman rumput di depannya, dan yang jelas futuristic unik modern arsitekturnya terlihat dari adanya warna warni di kubus raksasa yang menyerupai rubiks.

Ternyata itu adalah children section di dalam museumnya. Untuk bisa masuk dan menikmati seluruh sajian yang dipamerkan di museum ini, Anda harus membayar tiket sebesar 10 Dollar Australia untuk menikmati sajian umum yang ada di Melbourne Museum. Sebagai informasi bahwa Melbourne Museum ini buka dari jam 10 pagi dan tutup pada jam 5 sore.

Melbourne Museum sangat tepat dikategorikan sebagai wisata sumber ilmu pengetahuan yang dikemas secara menarik dan tidak membosankan. Segala aspek ilmu bisa Anda dapatkan informasi lengkapnya di sini mulai dari biologi, sejarah sampai arkeologi dengan pameran yang disuguhkan menarik rasanya akan membuat Anda betah untuk menggalinya lebih dalam.

Anda akan disambut dnegan kerangka-kerangka dinosaurus yang pernah menghuni bumi dulu, ada juga fosil armadillo, dan beberapa fosil hewan serta tumbuhan lainnya yang lengkap dengan keterangannya. Untuk bagian human, Anda akan mempelajari seluk beluk secara biologis tentang fenomena yang terjadi pada manusia.

Yang paling menarik mungkin pemutaran video mengenai cara kerja reproduksi manusia hingga bisa melahirkan bayi yang tergambar jelas layaknya yang terjadi pada kehidupan asli manusia. Perjalanan sejarah Australia, khususnya kota Melbourne juga bisa Anda ketahui melalui area yang dinamakan The Melbourne Story. Ada juga section mengenai seluk beluk kehidupan suku asli Australia yaitu Aborigin.

Melbourne Musuem juga memiliki section tersendiri yang mengkhususkan pameran mengenai Peradaban Mesopotamia Kuno yang menjadi bagian dari sejarah dunia termasyur. Untuk bisa memasuki area Mesopotamia, Anda harus membayar tiket lagi sebesar 24 Dollar Australia dan Anda bisa menjelajahi sensasi Peradaban Kuno di Asia Barat yang biasa disebut Mesopotamia.

Di area ini Anda akan disuguhkan dengan berbagai peninggalan artefak asli dari tanah Babylonia, Assyria, dan Bangsa Sumeria yang ternyata ditransfer dari British Museum. Informasi mengenai kehidupan kerajaan pada masa itu, kehidupan masyarakatnya dari segi ekonomi, dan kehidupan religiusnya juga tertera di sini.

Selain berbau pameran ilmu pengetahuan dari peninggalan-peninggalan masa kuno, Melbourne Museum juga menyediakan teater IMAX yang menampilkan film-film 3D yang berbau pengetahuan maupun film komersial di bioskop. Tentunya Anda harus membayar tiket lagi untuk bisa menonton film di sini, namun bila Anda merupakan pengunjung museum yang ingin nonton di IMAX Melbourne ini maka ada diskon khusus paket keduanya sehingga harganya lebih murah.

Selain itu di sini juga terdapat kafe yang bisa Anda sambangi selepas mengelilingi museum dan ada juga toko souvenir. Bisa dikatakan bila Melbourne Museum adalah tempat sumber ilmu pengetahuan yang menghibur untuk semua umur bahkan dari balita. Mengunjungi museum dengan suasana yang tidak membosankan serta mengikuti perkembangan zaman rasanya Melbourne Museum adalah tempat yang wajib Anda datangi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s