Mont De Lancey Homestead and Museum

Berkunjung ke Negara bagian Victoria di Benua Kangguru adalah favorit wisatawan luar negri, khususnya yang ingin berkunjung ke kota Melbourne. Kota Melbourne merupakan daya tarik utama pariwisata yang ada di Negara bagian Victoria terutama untuk yang mencari obje wisata berbau urban modern yang mudah Anda temukan di bangunan-bangunan unik di kota Melbourne.

Namun ternyata selain kota Melbourne, kota-kota lain di sekitarnya yang masih bagian dari Victoria juga banyak sekali menyimpan potensi wisata yang menghadirkan suasana berbeda dari kota Melbourne terutama mengenai sisi keklasikan yang kental terutama tentang peninggalan zaman Victoria yang justru lebih terasa di kota-kota selain Melbourne.

Hal ini terjadi karena Melbourne sendiri sudah menjadi salah satu kota multikultural terbesar di Australia yang penghuninya banyak dari bangsa lain, sehingga bahkan warga-warga pendatang berabad lalu dari Inggris yaitu kaum Victorian yang semula mayoritas di sini akhirnya bergeser ke kota-kota kecil selain Melbourne dan banyak juga yang masih mempertahankan tradisinya.

Salah satunya memang kawasan Goldfields yang masih sangat kental mempertahankan keklasikan dari era Victorian dulu, namun ternyata ada juga daerah dekat dari Melbourne yang terlihat lebih populer karena lahan anggur terbesarnya di Australia yaitu Yarra Valley yang memiliki situs bersejarah masa peninggalan sekitar tahun 1860-an saat kejayaan Goldrush di Australia.

Sejarah Australia memang tidak bisa dilepaskan dari kaitan bangsa Inggris. Selain Inggris, Negara yang diketahui penduduknya menjadi imigran dan membangu kehidupan baru di sini adalah Italia, Yunani, Prancis, Spanyol, dll. Memang tak bisa dipungkiri bahwa wilayah yang menjadi favorit para pendatang untuk didiami dari dulu hingga sekarang adalah Victoria.

Negara bagian Victoria adalah wilayah yang bersejarah bagi Australia terutama saat masa Inggris melakukan ekspansi besar-besaran ke Australia yang menjadikan Victoria sebagai pusat tempat singgahnya para pendatang dari kawasan Eropa Barat sejak 1850-an di mana masa perburuan emas di sini.

Berbagai kota di Victoria pun semakin gencar dimasuki oleh pendatang dari Eropa sejak saat itu mulai dari kota Melbourne sampai dataran tinggi Yarra Valley pun yang lebih dikembangkan sebagai lahan perkebunan anggur. Di sini juga ternyata terdapat bangunan bersejarah ikon Yarra Valley dalam era Victorian yang bernama Mont De Lancey Homestead and Museum sebagai bukti peninggalan ekspansi bangsa Eropa klasik.

Mont De Lancey Homestead and Museum adalah sebuah komplek bangunan yang merupakan peninggalan kawasan tempat tinggal sebuah keluarga Eropa yang hijrah dari Melbourne untuk membangun kehidupan baru di sekitar Yarra Valley pada tahun 1867.

Lokasi Mont De Lancey Homestead and Museum ini tepatnya berada di Wandin, Yarra Valley yang tidak terlalu jauh dari kota Melbourne hanya sekitar 1 jam perjalanan. Mont De Lancey Homestead and Museum adalah rumah pertama yang ada di Wandin yang dibangun oleh imigran Eropa sebagai pionir dibangunnya kota ini.

Bangunan yang multifungsi sebagai galeri, museum maupun ada juga chapel yang kerap digunakan sebagai tempat pemberkatan pernikahan. Mont De Lancey Homestead and Museum buka setiap hari Rabu sampai Minggu mulai jam 10 pagi sampai jam 4.30 sore.

Untuk bisa menikmati keseluruhan komplek bangunan klasik ini, Anda harus membayar 9.5 Dollar untuk pengunjung dewasa, sedangkan bila Anda hanya ingin mengunjungi museum dan galerinya saja maka hanya perlu membayar 5.5 Dollar.

Dengan paket full tadi, Anda akan mendapatkan layanan tur dengan guide dari volunteer yang ada di sini ke St Mary’s Chapel, the Homestead, Blacksmiths and Machinery Shed yang merupakan peninggalan klasik sebagai bukti pada keluarga pionir ini berusaha membangun kehidupan di Wandin. Mont De Lancey Homestead and Museum sangat spesial karena pemandangan sekitarnya adalah pemandangan bukit perkebunan anggur nan asri di tengah keklasikan yang dimiliki komplek bangunan ini.

Di Blacksmith Anda akan melihat jejak pandai besi dalam menempa dan membentuk peralatan dari besi yang biasa dimanfaatkan untuk perkebunan ataupun transportasi dan perkakas lain. Bahkan di tempat-tempat tadi pada waktu tertentu suka diadakan acara yang sering dikunjungi oleh warga Wandin. Selain itu tentu melihat isi bangunan atau homestead adalah yang dicari pengunjung.

Anda akan melihat peninggalan klasik asli yang dimiliki oleh keluarga pertama penghuni sekaligus yang membangun rumah ini yaitu keluarga Henry dan Martha. Keadaan kamar tidur yang dihiasi tempat tidur klasik, ada juga mesin jahit yang merupakan hadiah pernikahan anak keempat dari keluarga pertama di sini sekitar tahun 1902.

Untuk galeri museum di Mont De Lancey Homestead and Museum isinya adalah berbagai karya seni berbentuk benda seperti dari kayu atau besi yang sebagian bahkan merupakan koleksi yang pernah diikutkan dalam kontes.

Mont De Lancey Homestead and Museum adalah bukti pembuka bagaimana Wandin ini terbentuk menjadi sekarang karena komunitas terkecil yaitu keluarga pertama yang datang dan memulai kehidupan di sana.

Hingga sekarang Mont De Lancey Homestead and Museum memang masih sangat digemari oleh pengunjung baik yang lokal maupun wisatawan asing yang ingin melihat peninggalan dan perkembangan kehidupan imigran pertama di Wandin dalam membangun daerahnya melalui membuka lahan perkebunan anggur dan segala pabrik kecil dalam membangun daerahnya.

Jika Anda datang ke daerah Yarra Valley ingin merasakan sisi klasik dari era Victorian tak ada salahnya bergerak ke Wandin dan kunjungi Mont De Lancey Homestead and Museum. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s