National Vietnam Veterans Museum

Australia memang bukan negara yang besar dari penduduk aslinya, namun maju karena pembangunan yang dilakukan imigran dari negara Eropa khususnya Inggris yang kemudian menjadi penduduk mayoritas menyisihkan penduduk asli Australia yaitu Aborigin.

Sejak kedatangan bangsa Eropa yang didominasi bangsa Inggris dalam melakukan ekspansi besar-besaran dalam rangka perburuan emas di pertengahan era 1800-an, Australia tidak lagi menjadi negara tempat orang buangan Inggris namun juga dihuni kaum bangsawan dan juga perantau dari negara Eropa lain.

Sejarah yang membayangi Australia sebagai negara titisan Inggris inilah yang tidak bisa memisahkan antara Inggris dan negara ‘anakannya’ dalam kehidupan politis yang mendapat dukungan penuh dari Australia ini.

Termasuk salah satunya dalam Perang Dunia I di mana Australia tampil menjadi bala bantuan tambahan bagi Inggris, dan juga tentunya pada Perang Dunia II di mana Australia berpihak kepada Amerika Serikat dalam melawan Jepang di kawasan yang dekat dari negaranya.

Hubungan Australia dengan Amerika memang dikenal terjalan baik, yang juga ditunjukkan dalam perang bermakna bagi Amerika yaitu Perang Vietnam yang juga mendapat dukungan dari Australia dnegan mengirimkan tentaranya ke Vietnam sana sekitar dari awal tahun 1960-an sampai selesai perang tersebut berlangsung.

Tak bisa dipungkiri perang legendaris yang memakan korban banyak bagi kedua belah pihak (Vietnam – AS) juga turut meninggalkan kedukaan bagi sebagian utusan Australia yang juga banyak gugur di sana dalam bertempur bersama Amerika dalam melawan Vietnam. Walau tidak mengirimkan banyak sekali utusan militer di Vietnam, duka dampak dari perang Vietnam juga terasa bagi Australia yang masih berbekas hingga kini.

Apresiasi para tentara yang berjuang di medan perang juga tak lupa dilakukan Australia di antaranya dengan membangun sebuah museum yang menampilkan gambaran pejuan Australia dalam perang Vietnam melalui foto ataupun barang-barang peninggalan yang letaknya ada di sebuah pulau kecil di negara bagian Victoria yaitu Phillip Island.

Banyak yang mengetahui Phillip Island ini sebagai alternatif lain pariwisata di Victoria selain Melbourne yang memiliki kelengkapan pilihan wisata. Selian populer karena keindahan alamnya dan keunikan fauna yang dijadikan objek wisata, ternyata Phillip Island juga punya situs sejarah yang sangat berarti bagi seantero penjuru negara Australia.

Museum yang bernama National Vietnam Veterans Museum ini menjadi satu-satunya museum yang menyajikan peninggalan veteran pejuan Australia dalam perang Vietnam.

National Vietnam Veterans Museum terletak di daerah Newhaven, Phillip Island Road merupakan salah satu museum yang paling memiliki nilai sejarah tinggi di PhillipIsland. Anda bisa mengunjunginya dengan datang ke Phillip Island sambil menghabiskan waktu beberapa hari di sini mengunjungi beberapa objek wisata yang beraneka ragam.

Dari Melbourne Anda bisa menggunakan bis atau kereta antara kota di Victoria. Selain itu untuk mempermudah perjalanan Anda, pilihan menggunakan tur yang banyak tersedia di kota Melbourne juga bisa Anda jalani. Mengunjungi Phillip Island memnag tidak cukup rasanya hanya sehari karena di pulau kecil ini karena di seluruh penjuru pulau tersebar banyak objek wisata yang patut Anda kunjungi termasuk National Vietnam Veterans Museum ini yang tidak terlalu jauh dari Phillip Island Nature Park yang menjadi destinasi favorit wisatawan di Phillip Island.

Apalagi untuk menuju Phillip Island yang dipisahkan lautan Anda hanya tinggal melewati jembatan yang mempersingkat waktu perjalanan. Dari kota Melbourne ke Phillip Island bisa ditempuh hanya dalam waktu skeitar 2 jam perjalanan darat.

Museum yang menjadi bukti kegigihan warga militer Australia dalam ikut serta secara tidak langsung membela negaranya sangat diapresiasi oleh beberapa organisasai non proft=it yang terus mengelola museum ini. Anda bisa mengunjungi musuem ini setiap hari yang buka mulai jam 10 pagi dan tutup pada jam 5 sore.

Biaya masuk museum ini juga merupakan harga standart dari museum yang ada di Australia yaitu 10 Dollar untuk pengunjung dewasa dan 6 Dollar untuk pengunjung anak-anak berusia 4-15 tahun. Museum yang buka sejak 2007 ini merupakan memorabilia bagi keluarga yang ditinggalkan akibat perang Vietnam, maupun bagi warga sipil lain termasuk juga wisatawan asing yang ingin melihat keadaan pernag Vietnam dari sisi negara sekutu Amerika Serikat, Australia.

Beberapa hal yang disajikan di dalam musuem sebagai pameran tetap yang ada adalah diorama dari Perang Vietnam dan keterlibatan tentara Australia di dalamnya, foto-foto, peninggalan seragam militer yang ada, peralatan militer selama perang baik senjata atau perbekalan dan tentunya kendaraan yang digunakan para veteran perang Vietnam dari Australia.

Museum ini juga ternyata mendapat bantuan sumbangan beberapa artefak dan juga informasi dari komunitas orang Vietnam di Australia yang kebanyakan berada di Melbourne. Selain itu di musuem ini juga terdapat The Light and Sound show yang merupakan tampilan gambaran dari keterlibatan Australia yang dibungkus dengan tata teknik cahaya dan suarayang menghasilkan pengalaman menyentuh bagi pengunjung yang melihatnya.

Sisi positif musuem ini adalah walaupun menyangkut perang namun ternyata kehadirannya adalah hanya sebagai apresiasi bagi para pejuan tanpa menggunakan pendekatan politik berpihak atau menyebar kebencian pada pihak tertentu, melainkan hanya menampilkan apa adanya sesuai dengan yang terjadi sebagai bentuk bagian dari perjalanan sejarah Australia.

Bentuk dedikasi yang tinggi bagi para veteran ini tentu bisa Anda apresiasi dengan datang ke museum ini yang akan memberikan Anda gambaran nyata mengenai situasi Perang Vietnam dan juga keadaan militer Australia di sana. Jangan lupa datang ke museum yang pernah mendapatkan penghargaan ini hanya di Phillip Island, Victoria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s