Old Melbourne Gaol

Kota Melbourne yang juga merupakan ibukota dari Negara Bagian Victoria sekaligus menjadi kota yang difavoritkan wisatawan untuk dikunjungi. Beragamnya penduduk kota Melbourne juga mempengaruhi wisatawan untuk menjadikan Melbourne destinasi wisata mereka di Australia sebab situasi multikulturalnya yang mempengaruhi suasana kota ini lebih seperti rumah sendiri dan begitu ramah serta terbuka bagi pendatang. Tak heran bila kota Melbourne berhasil mendapatkan predikat menjadi kota yang paling nyaman untuk ditinggali bersama beberapa kota lainnya di dunia.

Selain tata kotanya yang rapid an juga fasilitas serta sarana penunjang kehidupan masyarakat sangat tertata baik, kota Melbourne juga sangat mengandalkan tempat-tempat di kota ini yang dijadikan objek wisata untuk menarik jumlah wisatawan yang semakin mengalami peningkatan. Mulai dari objek wisata yang outdoor atau lebih kea lam sampai bangunan-bangunan indoor yang memiliki daya tarik tersendiri khususnya dalam segi historis yang terkait dengan perjalanan Australia khususnya kota Melbourne itu sendiri.

Berbagai museum, gedung tua pemerintahan, sampai pasar juga memiliki nilai historikal yang erat kaitannya dengan kaum Victorian Inggris yang dulu pertama kali menduduki kota Melbourne dan menggeser penduduk Wurundjeri sebagai penduduk asli kota ini. Menjadi tanah pelarian untuk tahanan kelas kakap khususnya dari Inggris, tentu Australia dulu memiliki beberapa titik penjara untuk menampung tahanan-tahanan tersebut.

Bagi yang menjadi tahanan bukan terkait criminal dibiarkan lepas menjalani kehidupan baru di tanah kangguru yang masih baru juga untuk mereka. Salah satu penjara bagi penjahat kelas kakap yang diasingkan di Australia terletak di kota Melbourne dan saat ini dijadikan sebagai objek wisata yang lebih sebagai museum.

Old Melbourne Gaol adalah nama tempat bersejarah yang merupakan bekas penjara pada abad 19 yang saat ini dibuka untuk umum untuk dijadikan semacam museum yang punya sensasi berbeda dari museum-museum lain di kota Melbourne. Terletak masih di pusat kota Melbourne, bekas penjara Old Melbourne Gaol ini berada di kawasan jalan besar La Trobe Street yang mudah dijangkau dengan City Tram ataupun Shuttle Bus service yang gratis untuk wisatawan.

Bila Anda menggunakan City Tram maka Anda bisa naik Tram No. 24 atau 30 yang melintasi kawasan La Trobe Street lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sebentar. Pilihan lain dengan menggunakan bis shuttle khusus turis dan berhenti di perhentian ke -5, perhentian yang sama dengan Melbourne Museum. Anda juga bisa menggunakan kereta dan berhenti di Melbourne Central Station lalu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki tidak sampai 5 menit.

Old Melbourne Gaol buka setiap hari mulai jam 9.30 pagi dan tutup pada jam 5 sore, dnegan biaya tiket sebesar 23 Dollar Australia untuk dewasa. Namun ternyata kehororan yang timbul di tempat ini adalah daya tarik utama dari Old Melbourne Gaol sehingga tempat ini juga membuka Night Tour pada jadwal-jadwal tertentu. Biasanya pada hari Selasa mulai jam 7.30 malam bila ada pengunjung yang ingin melakukan tur, tempat ini bisa dibook.

Selain itu untuk yang lebih menegangkan dengan sensasi dan tantangan lebih ada juga Hangman’s Night Tour yang biasanya diadakan 4x seminggu yaitu setiap Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu yang buka pada jam 8.30 malam pada summer serta pada musim dingin tur lebih awal yaitu pada jam 7.30 malam. Bayangkan saja biasanya pada siang hari saja, pengunjung sudah bisa merasakan sensasi horror yang membayangi penjara ini dari cerita-cerita guide tour apalagi pada malam hari tentunya akan lebih terasa nyata ketegangan yang ada.

Sewaktu memasuki tempat ini, deretan sel-sel tahanan akan menyambut Anda yang ada di lantai 1 dan lantai 2. ukuran ruangan yang sempit akan membawa Anda pada imajinasi sekejam apa kehidupan di dalam penjara ini. Konon banyak sekali penjahat kelas kakap seperti pembunuh atau pembantai yang dikurung dan dieksekusi di penjara ini.

Penjara tua ini masih dibiarkan dengan keadaan aslinya namun lebih bersih dan mengalami perbaikan di bagian yang rapuh, maklum penjara ini sudah ada sejak 1860-an dan akhirnya ditutup pada masa perang dunia I sekitar tahun 1924. Dinding bata nan lembab menjadi sekat antar sel yang berisikan dipan kayu dengan jeruji besi yang benar-benar memberikan kesan ngeri namun juga rasa penasaran untuk menyusurinya lebih lanjut.

Bagian yang paling menarik tentu lantai 2 di mana selain terdapat jejeran sel namun juga beberapa ruangan penting seperti sel khusus untuk tahanan yang gangguan jiwa (isolasi) dan tempat eksekusi hukuman gantung bagi narapidana yang mendapatkan vonis mati.

Berdasarkan keterangan guide, total napi yang mati karena hukuman gantung di tempat ini berjumlah 135 orang. Dan yang spesial adalah tali gantung serta kayu jati tempat terikatnya masih dibiarkan dengan keadaan seperti aslinya dulu. Banyak yang percaya tempat ini memiliki banyak penunggu yaitu roh-roh tahanan yang suka menampakkan diri atau suara-suara anehnya suka terdengar.

Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk Old Melbourne Gaol yaitu kehororan yang dimilikinya. Sebagai satu-satunya tempat wisata di Melbourne yang menawarkan sensasi horror dalam tur untuk wisatawan menjadikan tempat ini begitu diminati oleh wisatawan yang banyakan kaum muda yang suka dengan hal-hal seperti ini.

Bila Anda ingin menantang diri Anda masuk ke tempat yang dianggap horror oleh orang Melbourne datanglah ke Old Melbourne Gaol yang mungkin masih kalah seram dengan bangunan-bangunan tua di Indonesia. Jadi tidak usah takut dulu karena kata orang hantu Indonesia sebenarnya paling seram daripada hantu luar negri, pasti Anda berani mengikuti tur ditempat ini apalagi masih siang hari. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s