Phillip Island Penguin Parade

Australia dikenal sebagai benua paling selatan di bumi bersama dengan New Zealand. Walau terletak di bawah peta Australia memiliki keistimewaannya tersendiri terutama dari segi alam dan juga kontur hewan serta tumbuhannya. Banyak sekali hewan asli Australia yang tidak ditemukan di Negara lain seperti koala. Inilah yang membuat Australia menjadi pertimbangan pilihan sebagai destinasi wisata.

Selain karena memang alam dan flora faunanya, Australia juga dikenal sebagai Negara modern yang memiliki pembangunan dengan kemajuan pesar setara dengan Negara di Eropa Barat maupun Amerika. Bahkan berdasarkan kurs mata uang nilai Dollar Australia lebih tinggi dari Dollar Amerika. Wisatawan Asia pasti memiliki mimpi untuk mengunjungi Benua Kangguru ini karena banyak sekali hal-hal menarik yang ditawarkan Australia baik dari segi kemodern-annya maupun kontur alamnya. Salah satu daerah yang selalu dibanjiri wisatawan dari luar negri, terutama Indonesia adalah wilayah Negara Bagian Victoria khususnya kota Melbourne yang dikenal menyenangkan untuk wisatawan.

Mayoritas destinasi wisata di Melbourne memang lebih dipusatkan pada sisi modern pembangunan oleh tangan manusia. Akan tetapi bila kita berjalan sedikit ke luar wilayah kota Melbourne, begitu banyak pariwisata alam yang sangat menakjubkan untuk didatangi. Salah satu yang populer di Negara Bagian Victoria adalah Phillip Island yang merupakan Taman Nasional kebanggaan Australi yang terkenal dengan keragaman hewan yang hidup bahagia dan dilindungi di sana. Salah satu yang membuat Phillip Island begitu menarik adalah pulau kecil ini adalah tempat persinggahan ratusan bahkan ribuan penguin setiap harinya pada saat-saat tertentu.

Penguin yang singgah di Phillip Island adalah jenis penguin kecil yang merupakan satu-satunya jenis spesies penguin yang ditemukan di Australia. Daya tarik melihat kehidupan alami dari perpindahan penguin inilah yang menjadikan Phillip Island destinasi wisata utama di Negara bagian Victoria. Untuk menuju pulau kecil ini, Anda memiliki banyak alternatif perjalanan terutama dari kota Melbourne yaitu dengan bis atau ferry.

Bila Anda berkendara dengan menggunakan kereta maka yang digunakan adalah transportasi antarkota di Victoria yang disebut dengan Viclink, dimana akan berangkat dari kota Melbourne. Namun biasanya yang ingin mengunjungi Phillip Island sudah mengikuti tur dari kota Melbourne agar tidak kerepotan mengurus diri di sana termasuk masalah transportasi.

Jarak kota Melbourne ke Phillip Island sekitar 140 km yang bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Sebagai Taman Nasional yang dilindungi tentunya di sini tidak hanya terdapat penguin, namun juga hewan utama lain yang dilindungi Pemerintah Australia seperti Koala, anjing laut, dan lain-lain. Selain itu ada pula daya tarik lain yang dimiliki Phillip Island dalam segi entertainment yang berpadu dengan sisi alami pulau indah ini, seperti adanya sirkuit motoGP yang rutin digunakan setiap tahun.

Penguin Parade adalah atraksi alam dari ribuan koloni penguin yang sehari-harinya berkelana di lautan lalu akan kembali saat-saat setelah matahari terbenam sebelum berkelana lagi keesokan harinya. Bisa dikatakan bahwa Phillip Island adalah rumah bagi spesies penguin terkecil ini yang hanya bisa Anda temui satu-satunya di dunia di tempat ini. Untuk menyaksikan atraksi alamiah ini, Anda harus mengetahui jadwal setiap harinya biasanya kapan penguin tiba. Untuk berjaga-jaga maka tetaplah tinggal di Phillip Island sampai matahari terbenam karena biasanya jadwal kedatangan penguinnya tidak lama setelah itu.

Maka dari itu biasanya yang datang ke Phillip Island akan menghabiskan waktunya minimal 2 hari 1 malam dan menginap di salah satu penginapan yang banyak sekali terdapat di sini. Untuk masalah range harga penginapan, Anda tidak perlu khawatir sebab level penginapan tersedia mulai dari kelas untuk backpacker sampai yang kelas bintang lima juga ada. Tentunya tidak gratis menyaksikan atraksi alamiah dari penguin secara langsung, Anda harus membayar tiket minimal 22.10 Dollar Australia untuk dewasa dan menyaksikan dari kelas general saja atau dari jauh memantaunya.

Jika ingin lebih close up pemandangannya , Anda bisa mengambil paket Penguin Plus yang terbatas untuk 190 orang saja dengan biaya 44 Dollar Australia. Ada juga pilihan melihat penguin parade ini secara private di view terbaik dan terdekat yaitu dengan biaya sebesar 72.80 Dollar Australia untuk dewasa, dan yang spesial adalah mengikuti paket Ultimate Tour dimana hanya terbatas untuk 10 orang saja Anda akan ditemani ranger memantau gerak gerik penguin dari dekat dengan biaya sebesar 78.4 Dollar Australia.

Semua itu bisa Anda saksikan sesuai dengan budget yang Anda miliki namun harus diperhatikan bahwa peraturan di sini adalah Anda tidak boleh mengabadikan penguin-penguin tersebut baik dengan kamera ataupun video dengan maksud untuk melindunginya. Setelah menyaksikan Penguin Parade biasanya pengunjung akan nongkrong makan-makan di Boardwalk Café yang terletak di lokasi tersebut. Setelah itu barulah menuju penginapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s