Sovereign Hill

Melancong ke Australia adalah pilihan yang diambil oleh banyak orang Indonesia saat musim liburan tiba. Di beberapa daerah di sana memang dikenal sangat nyaman untuk berwisata terlebih saat musim panas tiba. Salah satu kota yang selalu dibanjiri wisatawan adalah Melbourne di negara bagian Victoria yang memang merupakan ibukota sekaligus pusat kegiatan perekonomian di sana. Melbourne memang dikenal sangat ramah bagi wisatawan yang dipastikan akan balik lagi ke kota ini bila datang ke Australia.

Namun ternyata selain di kota Melbourne ada juga daerah wisata yang sangat populer di Negara bagian Victoria yaitu yang terletak di kota Ballarat. Terletak tidak terlalu jauh dari kota Melbourne, Ballarat menawarkan sebuah pesona wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya yaitu wisata kota emas. Dinamakan wisata kota emas sebab memang Anda akan disuguhkan pengalaman menelusuri jejak-jejak tambang emas di daerah yang bernama Sovereign Hill yang merupakan kawasan tambang emas tertua di Australia.

Sovereign Hill adalah kota emas paling terkenal pada abad ke 19 hingga ke penjuru dunia. Saat ini jejak-jejak masa lampau di kawasan ini masih bisa Anda rasakan bila Anda mengunjungi Sovereign Hill yang konon masih mengandung emas juga.
Terletak sekitar 110 km dari pusat kota Melbourne, Sovereign Hill yang ada di kota Ballarat ini bisa ditempuh sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan dengan menggunakan transportasi kereta dari kota Melbourne.

Biasanya kereta menuju Stasiun Ballarat bisa Anda jangkau melalui Melbourne Central Station yang masih terletak di kawasan bisnis kota Melbourne. Jadwal perjalanan dengan kereta ini harus sangat diperhatikan, yaitu 4x keberangkatan dari kota Melbourne ke Ballarat dan 4x juga keberangkatan dari Ballarat kembali ke Melbourne. Jam keberangkatan kereta dari Melbourne biasanya sekitar mulai jam 9 pagi, dan kereta dari Ballarat biasanya jam 4 sore.

Dari Stasiun Ballarat, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi Sovereign Hill dengan menumpang bus yang tersedia langsung dari stasiun yang sudah mulai beroperasi pukul 7 pagi sampai 6 sore setiap harinya. Selang waktu keberangkatan antar bus biasanya 45 menit. Selama perjalanan menuju Sovereign Hill, Anda akan disuguhkan pemandangan zaman klasik ala Victorian Style yang tercermin dari rumah-rumah penduduk di kota Ballarat ini.

Sovereign Hill adalah perpaduan wisata historikal, jelajah harta karun dan juga penuh experiencial yang tidak akan dilupakan serta tidak pula akan mengecewakan pengunjung. Sovereign Hill dikategorikan sebagai “living museum” karena konsep unik yang dimilikinya yaitu berisikan jejak masa lampau yang masih bisa Anda rasakan secara “live” ketika mengunjunginya. Untuk dapat memasuki kawasan Sovereign Hill, Anda harus membayar uang tiket sebesar 45 Dollar Australia.

Dengan tiket tersebut Anda bisa menikmati kawasan zaman Victorian Inggris yang masih dipertahankan di Sovereign Hill ditambah juga sekaligus mengunjungi Gold Museum. Sovereign Hill buka sekitar jam 10 sampai jam 5 sore. Kawasan seluas kurang lebih 25 hektar itu berisikan bangunan-bangunan kayu bergaya zaman revolusi industri Inggris – Victorian Style yang klasik sederhana plus ditambah juga berpenghuni masyarakat yang masih berpakaian gaya revolusi industri tersebut.

Suasana klasik abad 19 sungguh terasa ketika Anda menyusuri satu per satu bangunan-bangunan yang masih memiliki fungsi aktif seperti toko emas, toko perabot dari besi, bank, kantor pos, restoran, dan lain-lain. Semuanya bisa Anda kunjungi satu per satu sekalian Anda bisa melihat sistem pembuatan dari barang yang dijual dengan cara tradisional, seperti contohnya toko perabotan dari besi yang masih menggunakan teknik peleburan dan pembentukan besi secara tradisional ala Inggris zaman revolusi industri dulu dengan pandai besi yang berpakain senada.

Sebagai kota emas yang mendunia pada zamannya, tentunya Sovereign Hill juga menawarkan tur tambahan lain untuk paket wahana Gold Mine Tours lagi sekitar 7.5 Dollar Australia yang akan membawa Anda naik kereta bawah tanah ke lokasi tambang harta karun emas sebenarnya lengkap dengan guide dan juga melihat bongkahan emas terbesar di dunia yang ditemukan dengan berat 67 kg.

Selain itu di sini juga sangat unik, di mana Anda juga bisa mencari emas di lahan yang disediakan atau Digging Tour pada jam-jam tertentu setiap harinya yaitu jam 11.30 siang dan juga jam 2 siang dan dan Goldpanning Tour yang bisa Anda nikmati selama tempat ini buka. Bila Anda beruntung maka butiran emas murni dari genangan air tambangnya bisa Anda bawa pulang.

Semua kehidupan di kota tambang emas bisa Anda rasakan dalam satu hari full berada di sini, mulai dari melihat sleuk beluk kehidupan tambang emas zaman dulu di sini sampai mempelajari kehidupan budaya masyarakat di sini yang juga bisa langsung Anda lihat karena tokoh-tokohnya juga dikondisikan masih hidup normal di sini. Karena masih memiliki setting zaman Victoria abad ke 19 dulu, maka kendaraan utama yang berlalu lalang di kota kecil Sovereign Hill adalah kereta kuda yang juga bisa Anda naiki dengan membayar sekitar 10 Dollar Australia dan berkeliling sekitar kawasan ini.

Jika Anda melancong ke Melbourne, sediakanlah satu hari untuk pergi ke kota tetangganya, Balarat karena di sana Anda akan merasakan petualangan zaman Victoria tempo dulu di kawasan tambang emas yang pastinya tidak pernah akan Anda lupakan. Ayo berburu dan jelajahi kota tambang emas di Victoria hanya di Sovereign Hill, Balarat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s