St. Kilda Beach

Melancong ke luar negeri rasanya adalah hal yang menjadi cita-cita setiap orang Indonesia. Berwisata ke negeri tetangga saja sudah merupakan hal yang cukup mewah bagi sebagian orang. Namun sejak menjamurnya trend wisata backpacker sepertinya berkeliling dunia bisa dilakukan dengan budget yang terbatas asalkan Anda siap berpetualan dengan segala resiko. Salah satu negara terdekat dari Indonesia ternyata memiliki standarisasi yang cukup tinggi bila ingin berwisata ke sana, terutama ke kota-kota modern yang ada di sana.

Australia adalah negara favorit bernuansa ‘barat’yang sering dijadikan destinasi pariwisata bagi warga Indonesia. Bila tidak sanggup ke Eropa, mengunjungi Australia saja sepertinya sudah cukuo bisa mengobati keinginan tersebut. Apalagi bila Anda memilih melancong ke kota yang justru lebih tertata dan rapi dibandingkan dengan London, New York, LA, dan lain sebagainya yang sering menjadi impian wisatawan Indonesia. Kota yang dimaksud tersebut adalah Melbourne yang terletak di negara bagian Victoria, Australia merupakan salah satu kota yang paling sering dikunjungi orang Indonesia.

Seperti yang telah dikatakan, sisi menarik dair kota ini adalah begitu rapinya segala sistem bangunan, transportasi maupun pariwisata yang sudah saling terintegrasi satu sama lain. Tak heran bila Melbourne selalu dirindukan pendatang yang pasti merasa nyaman selama tinggal di kota modern ini. Memiliki bangunan modern dan pencakar langit yang mendominasi seisi kota ternyata di sisi pinggiran kota Melbourne terdapat sebuah pantai yang selalu ramai dijadikan tempat berlibur warga lokal yang bernama Pantai St. Kilda. Kondisi geografis kota Melbourne yang dilindungi Port Philip Bay membuat kota ini memiliki dua buah pantai yang menjadi favorit warga kota Melbourne, salah satunya Pantai St. Kilda itu sendiri.

Pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota ini bisa Anda jangkau dengan menggunakan fasilitas transportasi City Tram yang merupakan sistem transportasi aling terintegrasi di seluruh penjuru Australia. Nomor tram yang harus Anda naiki adalah nomor 16 dan berhenti di perhentian St. Kilda setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Pantai ini akan sangat ramai pada musim panas sebab air lautnya yang terkenal cukup dingin dan menyegarkan di tengah teriknya panas cuaca. Tak heran bila setiap akhir pekan pantai ini menjadi destinasi utama bagi warga kota Melbourne bersama keluarganya. Aktivitas seperti berenang menjadi hal yang paling utama dilakukan bila berada di sini. Bila saat musim dingin tentu tidak disarankan untuk mencoba berenang di pantai ini.

Selain itu berolahraga air kayak di sekitar lautnya , cricket atau sekedar bermain-main di pasirnya juga bisa menjadi alternatif aktivitas yang bisa Anda lakukan selain berjemur atau duduk-duduk di pinggir pantainya. Semua itu bisa Anda nikmati tanpa dipungut biaya masuk untuk karcis karena wisata di pantai ini gratis. Apalagi ditambah dengan pemandangan khas pantai luar negeri yang dibanjiri burung-burung laut yang berdampingan dengan manusia menikmati suasana St. Kilda.

Selain daya tarik pantai dan lautnya, St. Kilda juga memiliki banyak kafe atau restoran yang menunjang kegiatan pariwisata pantainya dengan menyajikan menu-menu santai seafood khas Australia yang unya view menghadap lautan dan pantai. Konsep pantai yang seperti playground membuat warga lokal ataupun wisatawan enggan beranjak dari pantai yang memiliki taman rerumputan di pinggiran pantainya ini.

Walau masih kalah dibandingkan panorama pantai dalam negeri, St. Kilda seakan memiliki magnet tersendiri terutama mengenai konsep bermain bersama orang tersayang ini. Beragam penjual jajanan pinggir jalan seperti es krim atau hotdog dan gulali juga mudah Anda temui. Jogging sore hari sambil menunggu matahari terbenam juga merupakan salah satu aktivitas warga yang tidak terlalu suka berjemur di terik matahari.

Pemandangan sunset dari St. Kilda ini terkenal sangat mengagumkan apalagi saat musim panas, di mana matahari akan lebih jelas terlihat. Sebuah bangunan yang paling menonjol di kawasan pantai ini adalah kawasan St. Kilda Sea Bath yang merupakan kawasan pemandian alami dengan air laut namun lebih terorganisir dan juga lebih berfungsi sebagai terapi. Khusus saat musim dingin pengunjung tempat ini tentu akan semakin ramai sebab di sini terdapat kolam air laut yang hangat. Di sini juga terdapat beberapa restoran yang siap memanjakan perut Anda setelah lelah berenang.

Sebagai destinasi favorit wisatawan, di sekitar pantai St. Kilda juga banyak terdapat hotel-hotel yang berbintang seperti Novotel, yang memang sebagain besar diminati oleh keluarga karena letaknya yang juga dekat dengan taman bermain Luna Park yang mirip seperti Dufan. Selain hotel berbintang ternyata St. Kilda juga memiliki penginapan khusus untuk para backpacker yang bernama Base Backpacker dengan bangunan modern yang bagus dan nyaman walau berbudget murah (untuk hitungan biaya di Melbourne).

Pokoknya saat musim panas, tempat berlibur favorit warga Melbourne adalah St. Kilda yang pasti selalu dibanjiri pengunjung. Dengan berbekal sistem transportasi yang mudah dan nyaman rasanya Anda tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi summer beach favorit warga Melbourne yang memberikan Anda gambaran betapa berharganya pantai di luar negeri yang terbatas jumlahnya, tidak seperti di Indonesia yang hampir semua daerahnya dikelilingi pantai. Selamat berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s