Taman Nasional Grampians

Berlokasi sekitar 235 km di barat Melbourne, taman nasional Grampians adalah sebuah taman nasional yang termasuk dalam daftar warisan nasional Australia sejak 2006 berkat kecantikan alamnya dan predikatnya sebagai salah satu situs yang memiliki peninggalan karya seni batu asli terbesar di benua tersebut.

Daya tarik utama dari taman nasional ini adalah rangkaian pegunungan batu pasir spektakuler yang terbentuk akibat pergerakan bumi. Sebanyak lima “puncak” terhampar dari utara ke selatan dengan lereng yang curam dan terjal di sisi timurnya dan lereng yang lebih ramah di sisi baratnya. Lembah, danau, gua, dan sejumlah air terjun melengkapi kecantikan panorama di taman nasional Grampians. Gunung William dengan puncak setinggi 1.167 meter adalah pusat dari taman nasional Grampians. Tidak mengherankan jika taman nasional ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para penggemar aktivitas jalan kaki, panjat tebing, memancing, mendayung, dan berkemah.

Lukisan-lukisan pada bebatuan di gua-gua kerap membuat takjub para wisatawan di taman nasional Grampians. Motif manusia, tangan manusia, jejak binatang, dan burung banyak ditemui di sana. Adalah orang Jardwadjali dan Djab Wurrung – dua suku Aborigin, yang banyak menorehkan peninggalan bersejarah tersebut.

Selama musim panas, cuaca di tempat ini sangat panas dan kering. Di musim semi, bunga liar yang tumbuh menjadi daya tarik tersendiri. Jika Anda berminat untuk berkemah atau menikmati taman nasional Grampians sambil berjalan kaki, waktu yang tepat adalah di musim dingin dan musim semi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s