The Yarra Valley

Menjadi turis di benua Australia rasanya tidak sulit untuk menemukan beragam daya tarik wisata yang memang unik dan menghadirkan suasana khas Negara Barat yang letaknya di tengah kawasan Asia Pasifik. Perpaduan budaya Eropa Barat yang bercampur dnegan budaya asli Australia yang merupakan bagian dari kebudayaan Oceania menjadikan Australia merupakan Negara unik terutama dari segi pariwisataannya.

Sebagai Negara tujuan perantauan bagi bangsa Eropa membuat beberapa daerah di Australia dijadikan lahan “perekonomian” yang hampir serupa dengan yang ada di beberapa daerah di Eropa, seperti banyaknya bangunan pabrik besi, dan yang populer adalah keberadaan beberapa lahan perkebunan anggur di Australia yang ternyata dikembangkan oleh para perantau dari Eropa.

Tak jarang para pendatang dari tanah Eropa malah lebih makmur membina kehidupan baru sebagai petani anggur yang kemudian dikembangkan menjadi minuman wine khas Australia. Salah satu wilayah yang menjadi favorit para pendatang dari Eropa untuk mengembangkan bisnis perkebunannya adalah kawasan Negara Bagian Victoria yang memang terkenal sangat subur dan dicintai oleh bangsa Eropa karena populer juga sebagai ladang emas.

Ladang-ladang anggur legendaris yang ada di wilayah Victoria biasanya berada di rural area yang tidak mungkin ada kota di modern seperti Melbourne. Salah satunya adalah yang terdapat di Yarra Valley yang berada di kawasan perbukitan di luar Melbourne, lahan perkebunan anggur di sini adalah yang terbesar di Australia dan sudah sangat mendunia.

The Yarra Valley terletak hanya sekitar 50 km dari pusat kota Melbourne yaitu kawasan Melbourne CBD-nya, tepatnya di kawasan Healesville. Untuk menuju Yarra Valley ini Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan mobil ataupun bis dalam waktu sekitar 1 jam. Kawasan sejuk khas perbukitan yang membuat anggur dari Prancis atau Itali yang dulu ditanami di sini sudah memiliki cita rasa kekhasan tersendiri setelah tumbuh di tanah Australia.

Seluruh penjuru dunia sudah tau di mana letak menemukan kilang anggur terbesar dan terbaik di Australia yaitu hanya di Yarra Valley. Tentunya bila datang ke sini tanpa merasakan beragam cita rasa wine yang ditanam di sini pastinya ada yang kurang. Untuk memudahkan wisatawan yang mengkhususkan datang untuk melihat dan merasakan beberapa tester wine di sini maka diadakanlah tur Yarra Valley Wine yang akan menunjukkan Anda seluk beluk proses pembuatan wine dari mulai dipanen tumbuhan anggurnya sampai menjadi minuman bercitarasa tinggi.

Selain itu Yarra Valley juga menawarkan suasana farm yang terkenal dengan kejunya di mana diadakan juga tur yang menunjukkan bagaimana proses pembuatan beragama keju yang dibuat di sini, mulai dari memeras susu sapinya. Selain hanya mencoba keju yang dibuat dari susu sapi ataupun susu kambing di sini yang ada di Cheese Factory, Anda juga bisa membawa oleh-oleh keju asli Yarra Valley di Cheese Shop Yarra Valley Daily yang beroperasi mulai jam 10.30 pagi sampai jam 5 sore setiap harinya kecuali Hari Natal.

Jam operasional Cheese Shop juga sama dengan jam operasional kunjungan ke Cheese Factory di sini. Jangan khawatir bila Anda mengikuti tur yang dirancang pihak Yarra Valley maka segala transportasi sampai memastikan Anda merasakan produk andalah Yarra Valley yang dituju.

Setiap musimnya, Yarra Valley merupakan tempat terkenal diadakannya beragam festival baik kuliner sampai dengan kuliner. Seperti contohnya pada Summer adalah saat-saat di mana festival musik terbesar di sini diadakan yang bernama Rochford Summer Concert Series yang menampilkan berbagai penyanyi papan atas Australia.

Festival yang berbau kuliner rutin diadakan juga di sini seperti pada saat Autumn yang merupakan musim di mana penampakkan lahan anggur ini dan pepohonan di sekitarnya pada masa indahnya, diadakan Longest Lunch yang dipadukan juga dengan semarak pesta dengan hadirnya wine asli dari tanah Yarra Valley ini. Pada musim dingin ada juga festival makan siang yang lebih intim kekeluargaan bernama Shortest Lunch masih dengan sajian wine khas Yarra Valley.

Yarra Valley adalah wilayah lembah yang subur selain ditanami anggur juga banyak ditanami tumbuhan lain seperti hazelnut, atau menjadi farm bagi hewan-hewan khas pegunungan. Bila Anda tertarik untuk merasakan hasil bumi khas Yarra Valley di sini juga semacam jalur wisata yang bertemakan Yarra Valley Regional Food Trail di mana Anda bisa membeli juga berbagai macam hasil bumi asli Yarra Valley.

Saking banyaknya tawaran paket wisata di Yarra Valley rasanya lebih baik Anda mengakses http://www.visityarravalley.com.au yang akan memberikan Anda gambaran dan penjelasan lengkap mengenai hal apa yang menarik perhatian Anda. Dan jangan lupa cocokkan jadwal kedatangan Anda dengan jadwal tur yang bisa dicek di sana juga.

Bila Anda merasa pelarian Anda sementara dari kota Melbourne ke dataran tinggi Yarra Valley ini kurang bila hanya dilakukan seharian, maka Anda juga bisa mencari penginapan yang beragam kelasnya di sekitar Yarra Valley agar lebih memuaskan Anda menikmati keindahan dan kehijauan pemandangan di sini. Selamat berkunjung ke dataran tinggi terdekat dari kota Melbourne, Yarra Valley.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s