Kota Valparaiso

Kota Valparaiso adalah pelabuhan yang paling penting di Chili. Dalam sejarahnya kota ini menjadi sangat terkenal karena merupakan tempat persinggahan bagi kapal-kapal yang melewati selat Maggelan. Tetapi semenjak di bukanya Terusan Panama, kota ini menjadi memudar dan lesu. Belakangan karena meningkatnya pariwisata, kota ini bergairah kembali. Demikian juga perkembangan produksi pertanian telah meningkatkan perekonomian dan membuat pelabuhan menjadi penting bagi ekport dan import. Chili merupakan pengekspor buah-buahan dan anggur terbesar di Amerika Latin, demikian juga hasil tambangnya berupa tembaga merupakan sumber alam utama penunjang ekonomi Chili.

Mendapat  kunjungan berkala dari kapal-kapal pesiar, pasititas pelabuhan dan infrastruktur pendukung pariwisatapun semakin banyak dari penyediaan bus-bus wisata, beserta perjalanan dengan menggunakan kereta api.

Cuaca hari ini di Valparaiso sekitar 23°C, tidak terasa sejuknya udara karena matahari bersinar terang. Dengan memakai bus yang di sediakan oleh pengelola pelabuhan, pengunjung dilarang berjalan kaki di sekitar pelabuhan. Hal ini dilakukan karena kegiatan bongkar muat dipelabuhan harus terhindar dari gangguan para pejalan kaki.

Kata valparaiso yang berarti Lembah Surga (Valle Paraíso) berlokasi di pertengahan negara Chili, sekitar 120 km kearah barat daya ibukota Santiago.

Menyusuri jalan panjang dengan pohon-pohon palem besar di kedua sisi menarik untuk di kunjungi para wisatawan. Tempat yang penulis tidak pernah absen untuk berkunjung adalah pasar yang dalam bahasa spanyolnya ‘mercado.’ Pasar jadi menarik karena disinilah semua kebutuhan pokok di perjual belikan. Untuk mengetahui produk pertanian apa yang mereka produksi kita bisa melihatnya di pasar.

Tempat lain yang tidak kalah menariknya dari negara yang bermata uang Peso ini adalah monumen-monumen yang di bangun di alun-alun kota dan di beberapa ruas jalan dan taman kota. Seperti Sotomayor Square, Biblioteca Sereverín, British Arc dll. Karena banyak bangunan bersejarah dan perlu mendapatkan perlindungan dunia maka Valparaiso menjadi salah satu tempat yang di lindungi oleh UNESCO sebagai situs Pusaka atau warisan Budaya. Funicular ride atau mengendarai kereta dengan rel terjal adalah salah satu dari warisan sejarah yang berumur ratusan tahun. Dan masih di operasikan. Gerbong yang mirip kereta gantung ini digerakkan oleh kawat baja tetapi tetap bergerak dalam rel.

Pusat kota yang berpenduduk lebih dari  276 ribu jiwa ini, bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari terminal pelabuhan laut. Berbagai souvenir khas Chili kita bisa dapatkan di toko-toko kecil sepanjang trotoar dan di pusat kota Valparaiso. Minuman  beralkohol bernama Pisco bisa di beli sebagai oleh-oleh khas Chili. Pisco adalah minuman hasil permentasi dari anggur dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kadar alkohol sekitar 30%-50%. Minuman terkenal dengan Pisco ini adalah ‘Pisco Sour’adalah dengan menambahkan sari buah jeruk nipis, putih telur dan sirup gula.

Chili merupakan produsen wine/anggur terbesar di Amerika selatan, bagi para wisatawan membeli sebotol anggur untuk oleh-oleh adalah sudah lumrah mungkin menjadi oleh-oleh wajib dari Chili.(man/waa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s