Historical Site

Bagian dari Amerika Utara yang terkenal adalah Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan negeri impian bangsa-bangsa dari Eropa sejak abad pertengahan. Jutaan warga negara Eropa melakukan imigrasi menuju benua Amerika yang dikenal sebagai tanah kebebasan. Mereka berasal dari Inggris, Perancis, Belanda, Spanyol, Portugal dan beberapa negara lain. Oleh karena itu, budaya yang berkembang di Amerika Serikat sangat beragam dan merupakan hasil percampuran beberapa budaya bangsa di Eropa.

Perasaan senasib dan sepenanggungan warga imigran mengantarkan mereka mencapai kemerdekaan pada 4 Juli 1776. Salah satu kota bersejarah bagi perjuangan kemerdekaan Amerika dari kolonialisasi Inggris adalah Washington DC, ibukota negara Amerika Serikat. Pemberian nama kota Washington DC sendiri berasal dari nama George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Washington DC memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Tempat wisata di Washington DC memiliki nilai sejarah yang tinggi terkait perjuangan bangsa Amerika mendapatkan kemerdekaan dari Inggris. Lembaga siaran Amerika, Voice of America (VoA) merekomendasikan sejumlah obyek wisata di Washington DC yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa diantaranya:

Washington National Cathedral

Negara Amerika boleh saja menyatakan diri sebagai negara sekuler. Namun dalam sejarah kebudayaan dan aktifitas sehari-hari, warga Amerika memiliki keyakinan terhadap kehidupan beragama. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan bangunan bersejarah Washington National Cathedral. Washington National Cathedral merupakan katedral Gereja Episkopal di Washington DC.

Bangunan Washington National Cathedral adalah katedral terbesar kedua di Amerika Serikat dan terbesar keenam di dunia. Batu pertama pembangunan katedral ini diletakkan pada tahun 1907 namun baru selesai dibangun tahun 1990. Saat ini Washington National Cathedral menjadi salah satu tempat wisata bersejarah di Amerika Serikat yang menarik kunjungan wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Islamic Center of Washington

Walaupun agama Islam merupakan agama minoritas di Amerika, namun Pemerintah Amerika memberi jaminan bagi setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadah mereka. Karlina Amkas dari VoA sering memberikan liputan seputar perkembangan agama Islam di Amerika yang berpusat di Islamic Center of Washington. Masjid di pusat kota Washington DC berfungsi sebagai lembaga dakwah sekaligus tempat bersosial bagi warga Muslim Amerika.

Islamic Center of Washington adalah masjid terbesar di Washington DC yang dibuka pada tahun 1957 dan dapat menampung lebih dari 6000 jemaah. Hal menarik yang berhubungan dengan Islamic Center of Washington adalah beberapa hari setelah serangan 11 September 2001, Presiden George W. Bush mendatangi masjid ini dan menyatakan bahwa negara Amerika Serikat tidak berperang melawan Islam.

Washington Monument

Washington Monument merupakan tempat wisata bersejarah di Amerika yang tidak boleh dilupakan setiap wisatawan. Washington Monument memiliki pemandangan yang indah dan sangat sayang untuk dilewatkan untuk dipotret sebagai gambar tempat wisata. Sebagai obyek wisata bersejarah di Amerika, Washington Monument dikelola dengan baik oleh Pemerintah dan menjadi salah satu ikon kota Washington DC.

Monumen dari marmer dan granit setinggi 169 meter ini merupakan bangunan batu tertinggi dan obelisk tertinggi di dunia. Washington Monument dibangun untuk memperingati jasa-jasa presiden pertama Amerika Serikat, George Washington dalam memperjuangkan kemerdekaan Amerika. Tugu ini mulai dibangun pada tahun 1848 dan baru resmi dibuka pada tahun 1888.

Washington Union State

Washington Union State adalah stasiun kereta dan pusat wisata yang beroperasi sejak tahun 1907 dan dikunjungi lebih dari 30 juta orang setiap tahunnya. Arsitektur bangunan ini merupakan gabungan dari berbagai gaya klasik dan layanan kemewahan, termasuk ruang tunggu utama setinggi 29 meter. Memasuki stasiun kereta api Washington DC serasa sedang berada di dalam istana transportasi darat.

Bagi Anda para backpacker yang berlibur ke kota Washington DC, Washington Union State adalah obyek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Banyak backpacker yang memanfaatkan kemegahan Washington Union State sebagai tempat bermalam gratis selama liburan di kota Washington. Meski gratis, tentu saja terdapat sejumlah peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap backpacker.

Smithsonian Castle

Sejak abad ke-19, negara Amerika menjadi salah satu pusat penemuan teknologi dan pengetahuan dunia. Banyak ilmuwan hebat melahirkan karya mereka di Amerika Serikat. Hal tersebut tak lepas dari dukungan Pemerintah terhadap pengembangan lembaga riset ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu tempat wisata bersejarah untuk penemuan iptek adalah Smithsonian Castle.

Smithsonian Castle berlokasi di lapangan National Mall di Washington DC. Serikat ini merupakan pusat administrasi dan informasi Smithsonian Institution. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1852 ini bergaya arsitektur abad ke-12. Smithsonian Institution merupakan lembaga pendidikan dan kompleks museum terbesar di dunia.

Indonesia Embassy

Sebenarnya Indonesia Embassy bukanlah sebuah tempat khusus yang menjadi tujuan wisata saat berlibur ke negara Amerika. Namun hal menarik yang bisa kita temukan dari Indonesia Embassy adalah karena karena kedutaan besar Republik Indonesia di Washington DC ini terletak di kawasan bersejarah Embassy Row. Selain mengurus keperluan administrasi, mungkin Anda perlu berkunjung kesana untuk tujuan berlibur.

Bangunan Indonesia Embassy sendiri dikenal sebagai Walsh-McLean House yang dibangun pada tahun 1901. Wisma yang termasuk dalam daftar tempat bersejarah nasional Amerika ini dibeli Pemerintah RI tahun 1951 untuk digunakan sebagai kedutaan. Indonesia Embassy layak disebut sebagai salah satu jajaran obyek wisata bersejarah di Amerika Serikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s