Yordania

YORDANIA ialah sebuah negara di Timur Tengah yang berbatasan dengan Suriah di sebelah utara, Arab Saudi di timur dan selatan, Irak di timur laut, serta Israel dan Tepi Barat di barat.

Negara ini menerima arus pengungsi Palestina selama lebih dari 3 dasawarsa, menjadikannya sebagai salah satu penampung pengungsi terbesar dunia. Negara yang miskin bahan tambang ini mengimpor minyak bumi dari negara-negara tetangga.

Selain itu Yordania juga mempunyai tempat terindah. Nah Ini lima tempat yang anda harus sambangi :
The Dead Sea

(foto: atlastours.net)
Tidak seseram namanya, laut mati merupakan sebuah Danau asin (bukan laut, karena berada pada daratan), istilah laut di pakai dikarenakan luasan nya yang mencapai 76 Km panjangnya dan memiliki lebar 16 Km, jadi bisa di bayangkan kalau danau ini begitu luas ( tapi danau ini telah mengalami penyempitan dan pengurangan debit air dikarenakan oleh penguapan yang berlebihan dan kurangnya pasokan air dari Sungai Jordan). Laut ini berada pada 420 meter di bawah permukaan laut yang merupakan daerah terendah di permukaan bumi (sedangkan titik terdalam di bumi sendiri di pegang oleh palung mariana).Laut mati berada diantara wilayah Jordania dan Israel.

Laut ini terletak di perbatasan Yordania, Israel, dan Palestina. Kadar garam yang begitu besar pada laut ini membuat kita bisa mengapung di atasnya tanpa susah susah berenang, bahkan sambil membaca buku sekalipun!

Konon kadar garam di laut mati ini mencapai 31.5 % ( itu berarti 9 kali lipat dari kadar garam laut normal yang sekitar 3,5 %. Karena kadar salinitas nya tersebut maka semua benda bisa mengapung diatasnya.

Terjadi penurunan debit air di laut ini yang mencapai 1 meter tiap tahun nya dikarenakan jumlah air yang masuk dari sungai jordan banyak di pakai untuk keperluan irigasi sehingga pasokan ke laut ini menjadi berkurang dan penguapan nya sangat tinggi, inilah yang menyebabkan mengapa laut ini menjadi asin.

Tak ada ikan yang hidup di situ, dan air laut mati bila terkena mata akan sangat perih. Di balik itu semua lumpur laut ini memiliki khasiat tersendiri bagi kaum wanita khususnya sebagai penghalus kulit (Lulur Lumpur laut ).

Selain kandungan garam yang amat sangat tinggi, air Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin karena itulah lumpur laut mati ini dianggap sangat berkhasiat.

Goa Ashabul Kahfi

goa-ashabul-kahfi
Goa ini merupakan tempat 7 pemuda dan seekor anjing yang mendapat petunjuk dan beriman kepada Allah tertidur lelap selama 309 tahun. Mereka melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus (QS. Al-Kahfi). lokasi gua terdapat di Yordania di perkampungan Al-Rajib atau dalam Al-Quran di sebut Al-Raqim, yang berjarak 1.5 km dari kota Abu A’landa dekat kota Amman- Yordania. Info terakhir yang didapatkan bahwa Raja Abdullah ke 2 (Raja Yordania) telah meresmikan untuk mendirikan di muka gua Ashhabul Kahfi masjid dan ma’had yang diberi nama “Masjid Gua Ahlul Kahfi” dan Ma’had Da’wah dan Dai’.

Petra

Jordan-Petra-Monastery-5_800x533
Petra (dari π?τρα petra, “batu” dalam bahasa Yunani; bahasa Arab: ???????, al-Bitr?) adalah sebuah situs arkeologikal di Yordania, terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘batu’. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan.

Roman Theater

Roman Theatre, Amman Jordan
Roman Theater dibuat pada masa kekaisaran Marcus Aurelius (dibuat sekitar 169-177 M). Teater yang berukuran besar dan curam ini sanggup menampung 6000 penonton. Dibuat di bagian lereng, bangunan ini berorientasi di utara untuk melindungi penonton dari sengatan matahari.

Teater ini dibagi menjadi tiga daerah horizontal (diazomata). Daerah pintu masuk (paradoi) terletak pada lantai dasar. ada menuju ke orkestra dan yang lain untuk panggung. Kamar di balik pintu masuk rumah sekarang adalah Musium Tradisional yang populer di Yordania di satu sisi, dan ada juga Musium Rakyat Yordania.

Bagian tertinggi kursi di teater itu (dan masih) disebut “The God”. Meskipun jauh dari panggung, bahkan ada yang sightlines sangat baik, dan para aktor bisa jelas terdengar, karena kecuraman gua.

Hercules Temple

temple_of_vesta_in_forum_boarium_2094_jpg_600x
Kuil yang terletak di Citadel, Amman ini dibangun antara tahun 162-166 M. Kuil ini jauh lebih besar dibandingkan kuil-kuil Romawi lainnya. Bangunan ini menghadap ke arah timur dan dapat terlihat dari sudut timur laut. Kuil ini ditopang oleh pilar-pilar setinggi 33 kaki. Dilihat dari kuil ini, terlihat jelas bahwa kuil ini sama sekali belum selesai dibuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s