Nepal

Kathmandu merupakan kota terbesar di Nepal dan juga ibu kota Nepal. Kathmandu terletak di sebuah lembah di jantung Nepal. Medan dan areal Kathmandu banyak dihiasi tanjakan-tanjakan yang curam. Turun dari ketinggian Himalaya ke dataran dalam jarak pendek, mungkin adalah sebagai penyebab kontur wilayah ini.  Kathmandu berbatasan langsung dengan dua negara terbesar di dunia, China dan India dan hal ini juga telah mengakibatkan hubungan dagang dan kemitraan dalam eksport dan import yang sangat baik dan relatif konstant. Menurut legenda yang ada di masyarakat Nepal, Kathmandu ditemukan oleh raja Gun Kamdev di tahun 723 M. Nuansa legenda rakyat, banyak sekali berbaur dengan Obyek wisata Nepal. Masih menurut legenda yang sama, dikatakan bahwa Kathmandu merupakan danau di masa lalu, namun Manjushri, seorang murid Buddha Shakyamuni, membelah bukit ke arah selatan dan membiarkan air mengalir keluar dari danau tersebut, hal mana yang kemudian menyebabkan daerah ini menjadi wilayah hunian.

fhoto kathmandu

Asal usul nama Kathmandu tidaklah jelas, tapi salah satu teori lebih mungkin adalah bahwa hal itu dinamai Kastha-mandap (“kuil kayu” dalam bahasa Sansekerta), setelah sebuah pagoda diukir dari sebuah pohon tunggal atas perintah Raja Lakshmi Narasingha Malla pada tahun 1596. Kathmandu terkenal karena banyak kuil-kuil Buddha dan didalamnya, sebagian besar berasal dari abad ke-17. Salah satu contoh adalah Kathmandu‘s Durbar Square. Bangunan yang mengundang banyak decak kagum sebagai Obyek wisata Nepal ini dibangun pada abad 16, berisi sebuah istana kerajaan yang mengagumkan dan banyak candi yang dibangun dalam gaya Pagoda tradisional. Di alun-alun Durbar Square terdapat sebuah bangunan yang disebut Chowk Kumari. Chowk Kumari adalah bangunan yang disediakan bagi ‘Kumari’, seorang gadis kecil yang dipilih sebagai inkarnasi hidup Dewi Hindu.

Istana kerajaan yang juga adalah sebuah bangunan tua, merupakan bagian dari Durbar Square, sebagi jantung tradisional dari kota tua dan warisan arsitektur tradisional yang sangat spektakuler. Raja tidak lagi tinggal di sini sejak gempa bumi di tahun 1934 yang merusak kompleks Istana, namun tetap merupakan tempat menarik untuk wisata budaya di Kathmandu. Anda dapat mengunjungi Kathmandu melalui Tribhuwan International Airport yang terletak sekitar 7 kilomter dari Kathmandu. membutuhkan sekitar 20 menit untuk sampai ke Kathmandu dari bandara dengan berjalan kaki atau sekitar 10 menit dengan menggunakan taksi. Taksi dari banyak hotel di Kathmandu dapat memperlancar perjalanan anda dari Bandara atau Anda dapat memilih transportasi sesuai keinginan anda sendiri.

Alun-alun utama kota masih dihiasi dengan banyak bangunan kuil lain dan ornamen-ornamen budaya bernilai arsitektur tinggi lainnya seperti :
* Gerbang Singa
* Patung Raja Bhupatindra Malla
* Golden Gate
* Candi Batsala
* Replika Candi Pashupatinath.

Gerbang Singa yang dibangun oleh Raja Bhupatindra Malla. Gerbang Singa ini dihiasi dengan Arca batu tokoh Hanoman, Bhairav, dan Narasingh Narayan. Sebuah patung Raja Bhupatindra Malla yang sedang melaksanakan ibadah, ditempatkan pada posisi yang menghadap menghadap ke arah istana. Dari begitu banyak patung yang ada di Nepal, patung Raja Bhupatindra Malla inilah dianggap paling mengesankan.
Golden Gate adalah pintu masuk utama ke halaman dan Istana 55 jendela. Golden Gate Itu dibangun oleh Raja Ranjit Malla dan merupakan salah satu ornamen yang paling indah dan kaya dengan ukiran. Golden Gate ini menunjukkan Dewi Kali dan Garuda, burung tunggangan Dewa Wisnu. Gapura ini juga dihiasi dengan patung yang memiliki tingkat kerumitan luar biasa dalam pemahaman dan bentuk ukirannya. Masih ada juga Istana 55 jendela, Istana 55 jendela ini dibangun pada abad ketujuh belas oleh Raja Bhupatindra Malla.

 

Candi Batsala
Candi Batsala, yang juga merupakan sebuah ornamen yang berada di Square Durbar, penuh dengan ukiran yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Candi ini juga mempertontonkan keindahan gaya arsitektur Shikhara di Nepal.

Lonceng Gonggongan Anjing
Masih ada juga sebuah lonceng yang terbuat dari perunggu yang diletakan di teras candi, lonceng ini juga dikenal dengan sebutan “lonceng gonggongan anjing.” Dinamakan lonceng gonggongan anjing karena Ketika ketika lonceng dibunyikan, maka anjing-anjing yang ada disekitar pastikan akan mulai menggonggong. Lonceng ini, ditempatkan dikuil sekitar tahun 1737 Masehi oleh Raja Ranjit Malla, lonceng ini digunakan sebagai suara yang menandakan jam malam ketika itu selama masa pemerintahan Raja Ranjit Malla.

Candi Bhairavnath, Jaya Malla dan Fatteh Malla
Candi ini pertama kali dibangun satu lantai selama masa pemerintahan Raja Jagat Jyoti Malla, dan kemudian dirubah menjadi sebuah kuil bertingkat tiga pada tahun 1718 M oleh raja Bhupatindra Malla. Bangunan ini terkenal karena kemegahan dan bentuk artistiknya. Masih ada juga Pagoda bertingkat lima yang dibangun pada 1702 M oleh Raja Bhupatindra Malla. Pada masing-masing teras terdapat pasangan patung yang sedang berjongkok, dua gajah, dua singa, Baghini dan Singhini, harimau dan Dewi Singa. Setiap pasangan tokoh dianggap sepuluh kali lebih kuat dari yang berada di bawahnya, sedangkan pasangan terendah, adalah patung dua orang laki-laki, yaitu patung Jaya Malla dan Fatteh Malla, yang konon kabarnya sepuluh kali lebih kuat daripada orang lain. Ini adalah salah satu pagoda tertinggi dan terkenal yang memiliki struktur cukup besar. Candi ini dibangun untuk Dewi Laksmi.

Kuil Dattatraya
Kuil ini dibangun dengan menggunakan batang pohon tunggal. Dibangun pada tahun 1427 Masehi pada masa pemerintahan Raja Yakchhya Malla dan kemudian diperbaiki pada tahun 1458 M oleh Raja Bishowr Malla.

Surya Vinayak
Surya Vinayak adalah kuil Ganesha, Dewa berkepala gajah, terletak di sekitar Bhadgoan, Pemandangan kota Bhaktapur terlihat dari sini dengan puncak tertutup salju.

Changu Narayan
Candi ini telah dibangun pada tahun 323 M oleh Raja Hari Dutta Verma. Candi ini kaya dengan patung-patung dan ukiran. Changu Narayan dikatakan sebagai kuil tertua di lembah tersebut. Terletak sekitar 153 meter di atas Kathmandu.

Nagarkot
Nagarkot adalah sebuah tempat wisata populer. Nagarkot terletak 32 km arah timur Kathmandu pada ketinggian 2.175 mdpl. Panorama puncak utama dari Himalaya dibagian timur Nepal, dan juga Sagarmatha (Puncak Everest), dapat dilihat dari Nagarkot. Puncak Himalaya seperti Manaslu (8463 mdpl), Ganesh Himal (7111 mdpl), Langan (7246 mdpl), Choba Bhamre (6016 mdpl) dan Gaurisankar (7134 mdpl), kesemuanya jelas terlihat dari Nagarkot.

fhoto Lumbini

Lumbini
Buddha dilahirkan di Lumbini, di Nepal barat daya, hampir dua ribu lima ratus tahun yang lalu. Sejak itu, kota ini selalu tetap menjadi titik pusat agama Buddha. Lumbini adalah kota kecil di dataran barat daya Nepal, dimana reruntuhan kota tua masih bisa dilihat. Para pengikut kedua sekte Budha Hinayana dan Budha Mahayana amat menghargai Lumbini. Taman ini telah dipugar dan kawasan sekitar Lumbini memiliki sisa-sisa banyak Stupa kuno dan biara-biara. Sebuah pilar batu besar yang dikatakan didirikan oleh kaisar Asoka Maurya pada 250 SM sebagai prasasti tentang kelahiran Sang Buddha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s