China

China adalah sebuah negara besar dan memiliki sejarah kekayaan budaya yang panjang selama berabad-abad lamanya. Warisan budaya China merupakan daya tarik utamatempat wisata di China. Selama ini wisatawan mengenal keindahan tempat wisata di China pada film-film kolosal yang berkisah kerajaan-kerajaan China yang tersohor. Promosi pariwisata melalui film dan serial kungfu adalah cara yang tepat untuk mengenalkan keindahan tempat wisata di China kepada masyarakat dunia.

Secara geografis, tempat wisata di China berada pada iklim sub tropis yang memiliki empat musim dalam setahun. Oleh karena itu, sebelum liburan ke tempat wisata di China ketahui terlebih dulu musim apa yang sedang berlangsung di China. Acara jalan-jalan santai di China memerlukan pakaian yang khusus sesuai dengan cuaca yang sedang berlangsung. Wisatawan perlu membawa perbekalan pakaian tebal untuk antisipasi datangnya badai salju.

Negara China telah tumbuh menjadi salah satu pemimpin ekonomi dunia selama beberapa dekade terakhir. Pembangunan sektor pariwisata didukung dengan sistem transportasi yang teratur, jaringan komunikasi yang andal dan keramahan penduduk setempat. China juga membangun tempat wisata murah yang mudah dijangkau masyarakat dari golongan ekonomi bawah. Beberapa tempat wisata di China yang indah dan menarik untuk dikunjungi antara lain:

Tembok Besar China -  Tempat Wisata di China yang bersejarah

1. Tembok Besar China: Keajaiban Tempat Wisata di China Yang Bersejarah

Jika kita bicara mengenai tempat wisata di China yang indah dan spektakuler, maka ingatan kita pasti tertuju kepada Tembok Besar China (The Great Wall of China). Tembok Besar China adalah ikon negara China yang dibangun sejak abad kelima sebelum Masehi oleh Dinasti Ming. Tempat wisata di China ini pada awalnya didirikan sebagai benteng perlindungan wilayah kekaisaran China dari serangan bangsa-bangsa yang berasal dari utara kawasan China.

Tahukah Anda bahwa Tembok Besar China merupakan satu-satunya bangunan di planet bumi yang bisa terlihat dari bulan? Tempat wisata di China ini memiliki panjang sekitar 5.000 kilometer dan memiliki puncak yang berada pada ketinggian ribuan meter. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang suka menantang diri mereka dengan menaiki tangga tembok setapak demi setapak. Tempat wisata di China ini merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia.

2. Liburan Ke Pulau Gulangyu: Nuansa Tropis Tempat Wisata di China

Gulangyu_6Apakah Anda ingin berlibur ke tempat wisata di China yang bernuansa tropis? Negara China memiliki Pulau Gulangyu di wilayah Xiamen yang siap menyambut acara jalan-jalan santai Anda sekeluarga. Keindahan Pulau Gulangyu disamakan oleh wisatawan dunia dengan pesona kepulauan Hawaii yang terkenal sebagai surga pulau tropis. Wisatawan bisa berjemur di bawah hangatnya sinar mentari sambil menikmati debur ombak yang damai.

Pulau Gulangyu merupakan pulau kecil yang terlepas dari hiruk pikuk modernisasi China daratan. Ketika wisatawa liburan ke obyek wisata di China yang satu ini, mereka seolah menemukan surga yang tertinggal di muka bumi. Di Pulau Gulangyu tidak ada kendaraan bermotor, sepeda, asap knalpot, suara bising mesin dan kemacetan. Inilah tempat wisata di China yang ideal bagi wisatawan untuk melarikan diri dari kepenatan hidup sehari-hari.

3. Danau Karakul: Jelajahi Tempat Wisata di China Dengan Unta.

beautiful-karakul-lakeDanau Karakul (Karakul Lake) termasuk dalam wilayah Tibet yang bergunung-gunung. Danau Karakul adalah tempat wisata di China yang berada di Pegunungan Pamir, dekat perbatasan negara China dengan Tajikistan. Masyarakat Kyrgyztan menyebut tempat wisata di China ini sebagai Danau Hitam. Kita bisa menikmati keindahan Danau Karakul saat melewati jalan tol Karakorum. Danau Karakul merupakan satu paket wisata dengan tour Pegunungan Himalaya yang fenomenal.

Danau Karakul merupakan lokasi yang tepat untuk mengambil gambar tempat wisata yang indah. Sama seperti tempat wisata di Jepang yang mempesona, Danau Karakul merupakan tujuan wisata yang indah di China. Kita bisa menjelajahi danau yang membeku pada musim dingin ini dengan unta. Peternakan unta berada pada tempat wisata di China ini karena lokasi Danau Karakul yang dekat dengan Tajikistan dan Pakistan yang memiliki transportasi darat berupa hewan unta.

4. Menara Tibet: Sisi Religius dan Misteri Dari Tempat Wisata di China

Kuil di Tibet - Tempat Wisata di China Yang Indah

Sejak berabad-abad lamanya kawasan Tibet menjadi pusat penyebaran agama Budha di dunia. Sejumlah tokoh agama dan mistikus berasal dari Tibet dan memberikan pengaruh bagi perkembangan budaya dunia. Salah satu bangunan bersejarah bagi para mistikus di Tibet adalah ratusan menara yang dibangun sejak ribuan tahun lamanya. Bangunan tersebut berdiri kokoh di atas pegunungan Himalayan yang berbatu cadas dan bersalju.

Menara Tibet mengundang rasa penasaran dan misteri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Obyek wisata di China ini terletak di propinsi Sichuan. Tidak ada yang tahu pasti alasan pembangunan Menara Tibet. Saat ini Menara Tibet menjadi tempat wisata di China yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berziarah ke tempat-tempat relijius di Tibet. Keindahan kawasan Atap Dunia ini tidak pernah habis untuk dijelajahi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Beijing :

Beijing

Menjadi salah satu pusat kebudayaan kuno dunia, Beijing menyimpan sangat banyak daya tarik untuk wisatawan. Rekaman sejarah Dinasti Ming dan Qing masih bisa terlihat jelas di kota terbesar kedua di China ini.

Ditetapkan sebagai ibukota China, Beijing juga merupakan pusat kebudayaan, pendidikan dan politik. Meski masih kalah besar dibanding Shanghai, Beijing merupakan kota dengan penduduk terpadat di dunia.

Kalau Anda berkesempatan mengunjungi kota eksotis tersebut, ada beberapa lokasi yang wajib didatangi. Berikut tempat-tempat yang menjadi magnet wisatawan dari seluruh dunia itu:

1. Forbidden City

Terletak di Distrik Dongcheng, Forbidden City sejatinya adalah sebuah pengadilan kekaisaran di zaman Dinasti Ming dan Qing. Terletak di jantung Kota Beijing, tempat ini selama 500 tahun menjadi kediaman kaisar yang berkuasa serta merupakan pusat beragam kegiatan seremonial dan politik pemerintah China. Dibangun dalam selang 1406 sampai 1420, komplek Forbidden City terdiri dari 980 bangunan dan mencakup luar 720.000 meter persegi.

2. Tiananmen Square

Terletak tak jauh dari Forbidden City di Distrik Dongcheng, Tiananmen adalah lokasi yang wajib didatangi oleh semua turin asing yang datang ke China. Tiananmen Square merupakan ruang publik terbesar di dunia dan dikelilingi oleh beragam tempat yang juga punya daya tarik besar seperti Great Hall, Museum of China History, Museum of Chinese Revolution, Gerbang Qianmen dan Forbidden City.

3. Great Wall

Membentang sejauh puluhan kilometer, Tembok Besar China bisa dikunjungi dari beberapa lokasi berbeda. Namun beberapa lokasi yang dianggap punya daya tarik terbesar bisa didatangi dari Kota Beijing.

4. Summer Palace

Jika Anda penasaran dengan suasana taman di zaman dinasti China, kunjungan ke Summer Palace bisa memenuhi rasa ingin tahu tersebut. Dibangun pada zaman Dinasti Qing, lokasi ini sempat mengalami kerusakan parah akibat serangan pasukan asing di tahun 1860. Terdiri dari wilayah seluas 2,9 kilometer persegi, area Summer Palace didominasi oleh wilayah berbukit serta Danau Kunming.

5. Temple of Heaven

Terletak di Distrik Chongwen, Temple of Heaven merupakan simbol Kota Beijing dan sejatinya merupakan komplek bangunan tempat beribadah yang digunakan Emperor Ming dan Dinasti Qing. Telah berusia lebih dari 600 tahun, Temple of Heaven menjadi lokasi favorit tempat berkumpulnya penduduk lokal untuk sekadar bersantai dan minum teh, berlatih tai-chi dan kaligrafi di waktu senggang.

6. Hutong

Hutong

Tak ada kuil megah nan eksotis ditemui di Hutong, tapi di lokasi ini Anda akan menemukan beragam bagunan tua dan  antik yang berusia ratusan tahun. Hutong adalah tipikal lorong/gang tradisional China yang sudah ada sejak Dinasti Yuan (1266-1368) dan sebagian besar rumah dan bagunan di sini masih mengaplikasikan arsitektur tradisional China.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s