Vatikan

Vatikan – Vatikan merupakan Negara terkecil di Dunia, dengan luas wilayah kurang dari 1 km², atau  haya 0,44 km². Namun, Vatikan memang menjadi sebuah negara yang independen dan berdaulat seperti layaknya negara-negara besar lainnya. Hanya saja negara ini identik dengan  Katolik Roma, yang secara hirarki dipimpin oleh pemegang tertinggi kedaulatan  Pope Benedict XVI.

 

Untuk mencapai Kota Vatikan dari pelabuhan laut Chivitavechia, dimana penulis memulai perjalanan,  memerlukan waktu tempuh satu jam. Waktu yang sama diperlukan baik menggunakan bis atau kereta api. Tetapi bepergian jarak jauh pada hari-hari tertentu khususnya hari Minggu, mesti memperhatikan jadwal kereta atau bus. Karena jadwal kereta pada hari kerja berbeda dan terkadang tidak beroperasi pada hari libur atau hari Minggu. Walau beroperasi juga jadwalnya di perjarang karena jumlah pengguna jasa berkurang.

Vatikan merupakan atraksi wisata nomer satu dari Kota Roma. Dan merupakan bagian dari setiap paket wisata selain kunjungan pada tempat-tempat lainnya seperti Colosium, City Square, piramida Roma dan tempat-tempat lain yang tidak kalah nilai sejarahnya. Vatikan tidak hanya punya sejarah yang panjang dan kegemilangan sejarah ini masih hidup sampai sekarang dan terpakai.

Lapangan Santo Petrus

vatikan

Tidak seperti bagunan-bangunan lain yang berupa puing dan monumen. St.Peter’s Square yang berarsitektur cemerlang akan membuat setiap pengunjung terdecak kagum. Pilar-pilar besar di kedua belah Basilika. Demikian juga keberadaan monumen Obelisk yang dipercaya sebagai perwujudan dari jalan menuju ke surga, atau di mesir kuno merupakan lambang dari dewa matahari. Vatikan yang hanya berpenduduk kurang dari seribu jiwa ini dibanjiri ribuan turis dan pesiarah setiap harinya. Karena ruangan yang terbuka dengan lebar 240 meter dan panjangnya 340 meter, pengamanan juga tidak begitu ketat. Hanya disarankan tidak membawa benda-benda tajam. Polisi pengamanan terlihat di berbagai sudut, tetapi tidak mencolok. Anjing pelacak dan polisi berkuda juga ikut menjaga ketertiban dari lapangan yang bisa menampung 250,000 orang.   Bangunan utama adalah Papal Basillica Santo Petrus.  Bangunan yang berusia 500 tahun ini merupakan Gereja terbesar di dunia .

Bangunan ini digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (dia meliputi area 23.000 m² dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000) dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Konstruksi basilika ini dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626.

Basilika Santo Petrus dibangun atas perintah Kaisar Kristen pertama Konstantin I, pada tahun 326 di tempat Santo Petrus menjadi martir. Seribu tiga ratus tahun kemudian bangunan ini mulai runtuh perlahan-lahan, dan oleh karena itu Paus Nikolas V memerintahkan agar dibangun sebuah basilika yang baru. Tetapi pembangunannya baru dimulai pada tahun 1506 pada masa jabatan Paus Julius II. Pembangunan basilika ini memakan waktu 120 tahun. Michelangelo diminta sumbangan karyanya dengan pieta-nya yang sangat terkenal itu. Waktu itu ia telah berusia 72 tahun. Basilika ini merupakan basilika terbesar di dunia dengan panjang 193 meter dan tinggi 132 meter.

Tradisi mengatakan bahwa tempat bangunan ini merupakan tempat Santo Petrus, salah satu rasul Yesus dan dianggap sebagai Paus pertama, disalibkan dan dikuburkan. Gereja ini merupakan tempat penguburan St Petrus di bawah altar utama. Paus lainnya juga dikubur di basilika ini.

Wisata Sejarah

collosseum_002Dalam perjalanan menuju Vatikan kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang juga sangat menarik untuk di kunjungi. Seperti Koloseum yang tersohor itu. walaupun tidak masuk kedalam sembari berkendara bisa menyaksikan bangunan amphiteater kuno ini. Bangunan yang masih gagah dan kuat ini, walau telah berumur ribuan tahun masih berdiri kokoh. Dan menjadi obyek wisata untuk masyarakat Itali. Walaupun banyak dipreteli untuk pembangunan basilika Santo Petrus dan bahan bangunan oleh petinggi-petinggi kerajaan Roma.

Colosseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha membuat Colosseum terlihat begitu besar dan luas. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir. Bentuk elips atau bulat dari Colosseum gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan.

Colosseum merupakan hasil karya yang sangat hebat. Tempat itu dikatakan sebagai stadium yang hebat dan spektakuler dikarenakan oleh bentuk dan struktur dari Colosseum itu. Sampai sekarang pun, Colosseum masih dikatakan sebagai stadium yang hebat dan spektakuler. Tempat duduk di Colosseum dibagi menjadi tingkatan-tingkatan yang berbeda.(man/waa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s