Latvia

Latvia adalah salah satu dari beberapa negara yang tersisa di dunia dimana ekosistem alam, sebagian besar tidak terjamah oleh manusia, masih terpelihara di setengah wilayahnya.  Latvia adalah surga bagi wisatawan yang ingin mengalami suatu negeri dimana alam dan tradisi telah hidup berdampingan secara harmonis sejak dahulu kala.

Negara yang kita sebut Latvia sekarang telah lama memikat orang asing – pertama, segala macam penjajah dan kemudian para pelancong dan pencari petualangan. Sebagai contoh, sejak tahun 1830-an daerah yang mengelilingi kota Sigulda disebut  “Swiss di Vidzeme” oleh para pelancong Jerman yang membandingkan tepian lembah Sungai Gauja tua yang berbatu pasir dengan tepian lembah Sungai Elba di Saxony.

Namun sayang, pada abad ke-20 Latvia mengalami dua perang dunia, dan dari tahun 1940 hingga 1991 Latvia diduduki dan diasingkan di balik Tirai Besi oleh Uni Soviet. Akibatnya, Latvia telah dianggap menjadi “titik kosong” pada peta Eropa modern dan wisata dunia. Kini, negeri yang sebagian besar belum dikenal ini menanti untuk ditemukan, siap untuk dibuka sebagai mosaik penuh warna, yakni Latvia.

Keanekaragaman Alam

Dimana lagi orang dapat menemukan keanekaragaman yang lebih baik? Di Latvia Anda akan menemukan daerah rimba primordial dengan ciri khas Skandinavia, warisan budaya kaya yang dapat disejajarkan dengan Eropa Tengah dan pedesaan  yang tenang.

Latvia adalah sebuah negeri dengan medan beraneka ragam dimana dataran rendah diselingi dengan bukit dan lembah sungai. Latvia adalah hutan, dan air jernih. Latvia adalah padang rumput, tanah lapang, kebun dan taman. Seluruh keistimewaan ini membentuk sebuah mosaik unik yang menjadi pemandangan alam Latvia. Latvia adalah surga bagi wisatawan, yang mencintai alam, menghormati tradisi dan tertarik pada budaya penduduk lokal. Latvia adalah tempat bagi mereka yang menikmati interaksi sosial  dan menghargai pencapaian yang berasal dari pendekatan aktif untuk relaksasi.

Jantung Hijau Eropa

Jika wilayah Latvia secara ajaib dipindahkan ke jantung Eropa Barat, dan “titik kosong” diisi dengan warna-warni alaminya, apa jadinya? Kita akan melihat sebuah wilayah yang menyerupai cagar alam atau taman nasional, dikelilingi oleh pemandangan perkotaan Eropa modern. Masih ada beberapa negara di dunia dimana ekosistem sebagian besar tidak terjamah oleh manusia, dimana hutan, rawa, danau dan sungai telah tumbuh sendiri selama berabad-abad dengan sedikit campur tangan manusia dan dimana pantai berpasir murni terentang sejauh 200 km, tidak terganggu oleh resor, restaurant atau gerombolan orang yang berlibur. Tidak ada tempat lain di Eropa akan Anda temukan populasi bangau hitam dan elang berbintik. Jumlah spesies langkah ini adalah salah satu yang terbesar di Eropa. Dalam wilayah 64.589 km persegi, Anda akan menemukan ratusan serigala dan lynx, 4.000 berang-berang otter dan 100.000 berang-berang beaver. Dua perang dunia dan sebuah rejim komunis yang brutal meminta korban nyawa manusia di seluruh Latvia, menjadikan kerapatan penduduk saat ini 37 jiwa per 1 km persegi. Tetapi alam telah berkembang, mengisi celah yang ditinggalkan oleh kengerian perang.

Antara Timur Dan Barat, Utara Dan Selatan

Tetapi Latvia tetap berada di tempatnya – di pesisir timur Laut Baltik, di zona iklim peralihan. Iklim pantai Latvia bagian barat berubah menjadi iklim continental Latvia bagian timur. Ini adalah tempat pertemuan alami bagi manusia, flora dan fauna. Posisi geografis Latvia di sepanjang Laut Baltik telah menciptakan kondisi yang khas dimana vegetasi utara-selatan dan barat-timur dapat ditemukan tumbuh berdampingan. Dari 1.304 tanaman bunga dan spesies pakis asli di Latvia, beberapa ratus tumbuh di atau dekat perbatasan Latvia. Pola serupa dapat ditemukan pada dunia hewan. Akibatnya, hampir kemanapun Anda memandang Anda akan menemukan spesies tanaman dan hewan dengan ciri khas dari beragam geografi daerah tumbuh di satu tempat. Di hutan Latvia Anda dapat menemukan kerangas berdaun silang khas “barat”, serta sina berdaun lebar khas “timur”, tupai terbang khas “timur” dan dormouse gemuk (dapat dimakan) khas “selatan”.

Hutan

Hutan Latvia terletak di zona hutan campuran yang terdiri dari pohon konifera di utara dan pohon meranggas di selatan. Anda akan menemukan hutan pinus dekat hutan pohon linden dan beraneka ragam spektrum spesies lain. Karena iklim dan medan yang unik ini, hampir seperempat hutan Latvia tumbuh pada tanah basah. Banyak spesies tumbuhan dan hewan yang hanya dapat bertahan hidup pada habitat yang tetap telah hidup di sini. Kehadiran hutan tanah basah menjamin tingginya standar keanekaragaman hayati. Beberapa hutan Latvia memenuhi criteria sebagai hutan alam. Hutan Latvia juga menyediakan  banyak pasokan beri, stroberi liar, bluberi, rasberi dan loganberi. Musim petik beri berlangsung dari bulan Juni hingga akhir September. Musim ini juga waktunya untuk mengumpulkan jamur. Jamur yang paling populer adalah boletus yang dapat dimakan, boletus kepala oranye, chanterelle dan rusulla. Jika pada tahun 1930-an Latvia terkenal karena ekspor mentega dan daging babinya, maka sekarang Latvia dikenal karena ekspor jamur chanterelle. Selain tanah milik pribadi yang ditandai dengan jelas, kekayaan hutan, beri, jamur dan hazelnut Latvia dapat diakses oleh setiap orang.

Pesisir Pantai

Wiayah laut dan pesisir, yang membentang 497 kilometer di sepanjang Laut Baltik dan Teluk Riga, merupakan bagian penting dari bentang alam Latvia. Bukit basir dengan tinggi mencapai 36 meter, pantai berpasir, sungai dan muaranya, hutan, rawa dan danau membentuk ekosistem berkesinambungan yang telah berkembang akibat interaksi antara darat dan laut. Selama 50 tahun pendudukan Soviet, sebagian besar pesisir merupakan daerah terlarang karena dianggap sebagai zona garis depan; sehingga, aktivitas komersial dan rekreasi di daerah ini dilarang. Dewasa ini, kawasan ini masih menjadi tempat bagi desa-desa nelayan yang memukau yang tampaknya telah keluar dari lembar sejarah. Desa-desa ini mulanya dihuni oleh orang Liv, suku Finno-Ugrik kuno yang tinggal di sepanjang pesisir Baltik.

Mire

Dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, mire membentuk bagian Latvia secara signifikan. 4,8% dari wilayah Latvia terdiri atas rawa-rawa terbuka. Sekitar 50% mire ini tidak terjamah oleh aktivitas manusia. Di kawasan ini ada lebih dari 20 spesies tumbuhan dilindungi. Setidaknya 15 spesies burung hidup di rawa-rawa dan tanah berair, termasuk bangau, cerek emas, belibis hitam, whimbrel, merlin dan alap-alap kawah. Selama periode migrasi, rawa-rawa adalah tempat istirahat yang penting bagi burung crane dan geese. Ada 10 spesies serangga dilindungi dan satu spesies siput langka. Mire dan rawa-rawa juga sangat dihargai oleh para pemetik beri karena ada banyak beri yang tumbuh di sana, seperti kranberi, cloudberry, cowberry dan bilberi.

Cagar Teiči. Cagar ini mencakup area seluas 19.337 hektar dan merupakan rawa lindung terbesar di Baltik. Rawa menutupi sebagian besar kawasan ini, tetapi ada juga 19 danau, kolam rawa, pulau tanah mineral, tanah paya, dan padang rumput alami. Proses terjadinya gambut yang paling intensif di Latvia dapat diamati di sini. Cagar ini juga memiliki konsentrasi terbesar crane pra-migrasi di Latvia. Desa Rusia kuno dengan Para Penganut Tua Rusia (masyarakat yang memeluk Ortodoks Rusia, serta kepercayaan pagan kuno) masih ada di salah satu pulau rawa. Mire ini hanya dapat dimasuki dengan ditemani oleh pemandu.

Danau Dan Sungai

Latvia memiliki lebih dari 12.500 sungai yang membentang sepanjang 38.000 kilometer, serta 2.256 danau seluas lebih dari 1 ha, dengan luas keseluruhan 1.000 km persegi. Latvia bagian timur, dimana banyak danau ditemukan, terkenal sebagai “Negeri Danau Biru”. Hampir semua perairan tawar bebas polusi dan ideal untuk berenang dan memancing. Meskipun sebagian sungai Latvia memiliki aliran lurus, sebagian besar sungai berukuran besar dan sedang mempertahankan kontur alaminya. Akibatnya, tepiannya menjadi tempat bagi binatang liar Eropa yang langka seperti berang-berang otter, berang-berang beaver dan burung pekakak. Latvia adalah salah satu dari sedikit tempat di daerah Laut Baltik dimana tempat pemijahan salmon alami tetap ada. Ada banyak sungai yang cocok untuk mengayuh kano dan arung jeram.

Taman Nasional Gauja. Gauja, sungai terpanjang Latvia, sangat populer di kalangan wisatawan karena tidak sedikitpun sungai sepanjang 4552 kilometer ini yang berubah dari bentuk aslinya. Sejauh 85 kilometer Sungai Gauja mengalir melalui sebuah lembah tua yang merupakan jantung Taman Nasional Gauja. Tidak ada tempat lain di Latvia akan Anda temukan begitu banyak tepian curam, jurang, arus deras,batu pasir dan tebing dolomit, serta gua seperti di lembah tua Sungai River dengan anak sungainya. Seperti taman nasional lainnya di timur Baltik, Taman Nasional Gauja mencakup lingkungan alam yang relatif belum terjamah manusia, serta bentang alam pedesaan bersejarah dan monument-monumen kuno penting. Taman ini juga menawarkan jalur pejalan kaki, tempat observasi, tempat istirahan, fasilitas kemah yang dibangun dengan baik, parkir mobil, kafe, beragam jenis kamar wisata, pusat informasi dan layanan pemandu wisata yang berpengetahuan luas.

Pertanian Pedesaan

Jiwa Latvia tersingkap dalam lahan pertanian yang khas, dimana orang hidup selaras dengan hokum dan ritme alam. Itu adalah tempat dimana tradisi kuno dihormati dan festival tahunan dirayakan dengan gembira. KetikaJāņi (titik balik matahari di Musim Panas) api unggun tradisional dinyalakan hampir di semua lahan pertanian. Līgotāji( para selebran festival) yang, sepanjang hari telah mengumpulkan Jāņu zālesaneka warna (bunga), pergi secara berpasangan mencari bunga pakis rahasia yang legendaries yang mekar hanya sekali setahun pada mala mini. Lahan pertanian satu keluarga merupakan bagian tak terpisahkan dari pemandangan alam Latvia. Banyak lahan pertanian masih terlihat sama seperti berabad-abad lalu: pemandangan alam Latvia juga tidak terbayangkan tanpa pepohonan tuanya; pohon ek yang berusia beberapa ratus tahun dapat ditemukan di ladang, serta di lapangan. Di sini Latvia juga menjadi tempat hidup bagi 9.000 – 10.000 pasang bangau putih. Saat ini, semakin banyak petani membuka lading mereka bagi wisatawan. Lebih dari 140 lahan pertanian menawarkan layanan kamar dengan sarapan dan beragam aktivitas liburan.

Lingkungan Alam Dilindungi

Latvia memiliki tradisi panjang perlindungan alam. Undang-undang dan peraturan pertama tentang pemanfaatan hutan dikeluarkan pada awal tahun 1500-an dan 1600-an. Pada tahun 1800-an sebuah upaya dilakukan untuk menghijaukan bukit pasir pesisir Baltik dan Teluk Riga. Pada tahun 1900-an proposal daerah konservasi dimulai. Wilayah lindung pertama di Latvia adalah daerah Kurzeme – Moricsala, sebuah pulau di Danau Usma.

Saat ini 8,5% lingkungan alam Latvia dilindungi oleh undang-undang. Ada 4 cagar alam negara, 3 taman nasional, 22 taman alam, 211 cagar alami, 6 bentang alam terlindungi, dan 1 cagar biosfer. Seluruh tempat ini membentuk warisan alam Latvia; siap menawarkan segudang pengalaman bagi ekowisatawan yang antusias.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s