Rumania

Peles Castle terletak di kaki pegunungan Bucegi, di kota Sinaia, Rumania. Sinaia adalah sebuah kota kecil yang sangat indah. Saya sangat menyukai suasana kota kecil ini. Peles Castle adalah obyek wisata yang harus dikunjungi di Rumania ini. Ini adalah satu dari banyak istana yang menakjubkan di Eropa.

Dari tempat parkir kendaraan, saya berjalan menuju ke Peles Castle. Dengan cuaca yang sangat dingin, lumayan juga untuk jarak tempuh dari tempat parkir ke istana ini.

Setelah membeli tiket masuk, saya menunggu giliran untuk masuk ke dalam istana. Ada 2 kelompok , satu kelompok dengan perterjemah bahasa lokal/bahasa rumania dan satu kelompok yang lain dengan penterjemah Bahasa Inggris.

Untuk bisa mengambil gambar di dalam istana, saya harus membeli tiket tersendiri untuk ijin pemotretan. Dengan tanda digantung dileher, berarti saya bebas untuk mengambil gambar. Untuk mengambil video atau film, perlu membeli tiket yang berbeda dari tiket untuk mengambil gambar saja. Saya hanya membeli tiket untuk pengambilan gambar. Pengambilan gambar tidak diperkenankan menggunakan kamera dengan blitz. Jadi gambar yang saya ambil hasilnya juga kurang bagus karena di dalam istana ada ruangan – ruangan yang terlalu banyak cahaya, tapi ada juga ruangan – ruangan yang terlalu sedikit cahaya.

Tiket masuk ke dalam istana sendiri ada 2 macam, yaitu tiket untuk masuk hanya sampai pada lantai tengah, artinya pengunjung hanya boleh melihat – lihat sampai lantai menengah, kemudian harus berhenti dan kembali ke bawah, berarti  kunjungan telah selesai. Dan tiket satunya adalah tiket yang memperbolehkan pengunjung untuk melihat – lihat dan mengambil gambar sampai lantai paling atas.

Saya kebetulan membeli tiket untuk pengunjung yang sampai lantai atas.

Peles Castle ini diperuntukkan sebagai kediaman musin panas keluarga kerajaan sampai tahun 1947. Dibangun pada tahun 1873 dan selesai thaun 1883. Istana ini memiliki 160 kamar.

Saya tidak bisa membayangkan berapa pegawai atau staf untuk megurus semua keperluan kerajaan waktu itu. Pasti sangat sibuk.

Semua kamar sangat indah, dengan berbagai warna – warni sesuai dengan nama kamar atau nama penghuni kamar. Hiasan -hiasan terbuat dari berbagai macam kayu, kaca dan lampu – lampu hias yang sangat cantik.

Untuk kamar puteri kerajaan kebanyakan bernuansa putih dan pink.

Pada saat kunjungan ke lantai atas, hanya 2 orang. Saya mendapat lebih banyak informasi mengenai tiap detil dari ruangan – ruangan yang ada. Bahkan mengenai jalan rahasia yang ada. Saya benar – benar tidak menyangka kalau itu adalah jalan rahasia, karena secara kasat mata, saya tidak melihat adanya tanda – tanda kalau dinding yang ada di belakang saya ternyata bisa dirubah jadi pintu.

Pintu rahasia ini dipakai untuk keadaan darurat.

Istana Peles ini adalah  istana pertama di Eropa yang sepenuhnya diterangi oleh arus listrik , yang diproduksi sendiri oleh pihak istana. Dan juga mempunyai proyeksi film pertama di Rumania tahun 1906 di ruang teater istana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s