Rusia

Federasi Rusia atau Rusia adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Negara ini dahulu pernah menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Rusia adalah ahli warisutama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya. Berikut uniknya.com tampilkan 5 tujuan wisata di Rusia yang juga beberapa diantaranya menjadi situs warisan budaya UNESCO:

1. Kremlin

Kremlin adalah benteng bersejarah di pusat Moskwa yang dibangun dari batu bata pada abad ke-15. Panjang temboknya lebih dari 2 km, tingginya hingga 19 m, lebarnya 3,5 – 6,5 m, luasnya 27,5 ha. Kremlin mempunyai 20 menara. Yang paling terkenal darinya ialah Menara Spasskaya (tingginya 67,3 m) dengan jam bergaris tengah 6 m. Di Kremlin ada peninggalan lama seperti gereja-gereja dengan tempat pemakaman tsar-tsar Rusia. Di sini juga terdapat balai senjata di mana terdapat bermacam-macam barang pusaka termasuk kereta kuda, mahkota, pakaian, perhiasan dan senjata kepunyaan tsar.

 

 

Di Lapangan Gereja di mana dulu upacara penobatan raja diadakan dan sekarang inaugurasi Presiden terletak Meriam Raja (dibuat dari perunggu pada abad ke-16, berat 40 ton, panjang 5 m, desain Chohov) dan Lonceng Raja (dibuat pada abad ke-18, berat 200 ton, tinggi 6 m, garis pusat 6,6 m). Dulu Kremlin ialah tempat kediaman tsar-tsar Rusia, namun sekarang merupakan tempat kantor Presiden.

 

2. St. Petersburg

St. Petersburg adalah nama sebuah kota di Federasi Rusia. Sebelumnya, kota ini bernama Petrograd pada tahun 1914-1924 dan Leningrad pada masa Uni Soviet (1924-1991) untuk mengenang Vladimir Lenin. St. Petersburg sekarang adalah pusat pemerintahan Oblast Leningrad walaupun memiliki status sebagai kota federal. Kota ini adalah kota pelabuhan yang terletak di tepi Sungai Neva dan Teluk Finskiy. Penduduknya berjumlah 4.848.700 jiwa berdasarkan sensus tahun 2010. Di kota ini mengalir lebih dari 40 sungai dan kira-kira 20 kanal.

 

 

St. Petersburg adalah pusat industri, ilmu, dan budaya yang penting serta mempunyai industri mesin, besi, baja, kimia, dan pangan. Kota ini telah mempunyai sistem kereta bawah tanah sejak tahun 1955. Pusat kotanya merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

3. Lapangan Merah

Lapangan Merah adalah lapangan yang terletak di samping Kremlin, Moskwa, Rusia. Di sekitar lapangan ini, terdapat Museum Sejarah Uni Soviet, Katedral Santo Basil yang dibangun pada abad XIV bersamaan dengan jatuhnya Kazan, dan Mausoleum Lenin sebagai tempat persemayaman jasad Vladimir Lenin yang diawetkan. Lapangan Merah adalah tempat upacara, perayaan, dan parade militer yang diawali oleh Uni Soviet dan diteruskan oleh Federasi Rusia.

 

 

4. Derbent

Derbent adalah kota di Republik Dagestan, Rusia. Kota ini adalah kota paling selatan di Rusia, dan kota terpenting kedua di Dagestan. Kota ini memiliki populasi sebesar 101.031 jiwa. Bangsa Azerbaijan adalah grup etnis utama, diikuti dengan Lezgin dan Tabasaran.

 

 

5. Pegunungan Altai

Pegunungan Altai adalah barisan pegunungan yang membentang di Asia Tengah dan melalui perbatasan negara Rusia, Tiongkok, Mongolia dan Kazakhstan. Pegunungan Altai menjadi sumber dari sungai Irtysh, Ob dan Yenisei. Selain itu Gunung Altai juga dikenal sebagai tempat lahir nenek moyang Bangsa Turki. Barisan akhir pada barat laut terletak pada 52° garis lintang utara dan antara 84° dan 90° bujur timur dimana ia bergabung dengan Pegunungan Sayan pada sebelah timur. Kemudian mengarah ke tenggara dengan koordinat 45° LU dan 99° BT, dan akhirnya menjadi semakin rendah dan bergabung dengan dataran tinggi yang dikenal sebagai Gurun Gobi.(**)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s