Norwegia

Mungkin Anda akan merasa ngeri hanya dengan melihat gambar-gambar ini, terutama jika Anda takut ketinggian. Ini adalah ketinggian yang benar-benar gila, saya bahkan tidak mengerti bagaimana orang berani berjalan di pinggiran. Apa yang Anda lihat adalah beberapa formasi batuan sdi Norwegia bagian tempat-tempat wisata; Trolltunga, Kjeragbolten dan Preikestolen. Anda akan mengalami beberapa pemandangan yang tak terlupakan ketika mencapai bagian atas dari setiap tujuan.
Preikestolen
Preikestolen ini terletak di atas Lysefjorden. Ini adalah tebing raksasa yang memiliki tinggi 604 meter lurus ke bawah. Sangat curam. Ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan jalan kaki dan melewati beberapa daerah yang benar-benar curam.

Jalan itu dimulai pada Preikestolhytta, di ketinggian sekitar 270 meter (886 kaki) di atas permukaan laut, dan meningkat menjadi 604 meter (1982 kaki). Untuk ke sana mengambil 1-3 jam tergantung pada pengalaman dan tingkat kebugaran.
Meskipun diferensial elevasi 334 hanya meter (1096 kaki) dan berjalan tidak terlalu lama (3,8 km per jam).
Mendaki di sini tidak dianjurkan pada musim dingin dan musim semi ketika ada salju dan es yang menjadikan jalanan licin. Musim terbaik untuk mendaki jejak adalah dari bulan April sampai Oktober. Sepatu kokoh dan perlengkapan hujan yang direkomendasikan untuk kenaikan.
Kjeragbolten
Kjeragbolten adalah batu besar yang terjebak antara dua sisi bukit. Banyak turis yang berani untuk berdiri di atasnya, tapi jika terjadi sesuatu dan jatuh mrgreen… wow, tingginya 984 meter. Untuk kebanyakan pelompat, Kjeragbolten adalah tempat menyelam populer.

Kjerag juga merupakan tujuan mendaki populer, dengan rute yang cukup curam.

Sangat mungkin untuk berjalan ke batu tanpa peralatan apapun, tetapi ada 1000m tingginya dari Lysefjorden yang ada di bawah, sehingga untuk berjalan ke sini memerlukan syaraf yang baik dan kaki stabil. Nama tempat ini berarti “Kjerag Boulder” atau “Bolt Kjerag”.
Nama ini mungkin abungan antara ‘kje’ (anak) dan ‘ragg‘ (rambut kambing). Gunung ini memiliki permukaan kasar maka telah diumpamakan dengan rambut shaggy seekor anak kambing.
Trolltunga
Trolltunga adalah salah satu tempat batu tampak seperti lidah yang mencuat di udara, maka diberi nama Trolltunga (lidah troll). Ini terletak di atas Skjeggedal di Odda.

Ada tangga dan jalan yang memandu pengunjung di 950 meter pertama, dan dari sana dilanjutkan dengan perjalanan terjal.
Kabin di daerah tersebut dimiliki oleh Trekking Asosiasi Norwegia, turis bisa menyewa untuk menghabiskan malam.

Biarkan cahaya utara berpendar

North Cape di Finnmark merupakan salah satu tempat terbaik di Norway untuk melihat cahaya utara, yang juga dikenal dengan nama aurora borealis.

Menyaksikan cahaya utara merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan. Cahaya dapat sering dilihat pada akhir musim gugur dan musim dingin/awal musim semi. Bulan Oktober, Februari, dan Maret merupakan bulan terbaik untuk menyaksikan auroral. Frekuensi cahaya utara paling tinggi terjadi antara pukul 6.00 sore dan 1.00 pagi.

Cahaya utara diatas Ersfjord di Tromsø.<br />
Foto: Bjørn Jørgensen / Innovation Norway .

Untuk dapat menyaksikan cahaya dengan maksimal, Anda harus menghindari saat bulan bersinar penuh dan tempat dengan banyak cahaya, karena hal tersebut dapat membuat pengalaman melihat cahaya utara kurang berkesan. Jangan lupa untuk mengenakan baju yang hangat.

Secara teori, Anda dapat melihat cahaya utara disemua daerah Norway. Namun, tempat terbaik adalah di atas Arctic Circle di Norway Utara.

Harus bersabar
Ketika ingin menyaksikan cahaya utara, Anda harus ingat bahwa semuanya tergantung pada alam. Cahaya utara senang bermain petak umpet. Menikmati aurora borealis seringkali merupakan perang antara kesabaran anda dan aurora itu sendiri. Anda harus tinggal di daerah munculnya cahaya utara selama minimum satu minggu, atau lebih baik selama dua minggu, dan Anda akan menikmati hasilnya – kecuali cuaca memutuskan untuk menghalangi pemandangan anda dengan awan.

Pelangi di malam hari
Kadang kala cahaya utara datang bersamaan, berdansa di langit, dengan warna orange, ungu, hijau dan merah. Di lain waktu, cahaya tersebut hanya muncul seperti warna hijau layar monitor atau putaran cahaya yang ringan. Cahaya utara tidak pernah terlihat sama.

Legenda yang hidup
Tidak heran bahwa keajaiban cahaya utara telah menciptakan banyak legenda. Simbol cahaya utara dapat ditemukan di drum Sami dan fenomena ini memiliki beberapa nama dalam Bahasa Sami. Sebagai contoh, cahaya utara dikenal dengan nama Guovssahas, yang berarti cahaya yang dapat didengar. Cahaya utara secara tradisional dihubungkan dengan suara oleh masyarakat Sami.

Di Jaman Viking, cahaya utara merupakan senjata prajurit Valkyrie untuk menahan cahaya aneh yang berpendar. Dan menurut legenda Jepang, merupakan peruntungan baik untuk mengandung anak di bawah cahaya utara.

Ledakan
Realitas, jika tidak puitis, juga mengesankan. Matahari merupakan ayah dari aurora. Saat ledakan dan nyala api terjadi, partikel dalam jumlah besar terlempar keluar dari matahari menuju angkasa yang dalam.

Awan-awan ini berjalan melalui angkasa dengan kecepatan yang bervariasi dari 300 hingga 1.000 kilometer per detik. Ketika partikel bertumbukan dengan gas dalam atmosfer bumi, mereka berubah menjadi bercahaya, menciptakan semburat warna yang fantastis.

Perjalanan yang menakjubkan untuk melihat cahaya utara

Joanna Lumley, aktris dari seri Absolutely Fabulous BBC, bermimpi untuk dapat menyaksikan cahaya utara sejak kecil. Akhirnya dia dapat mencapai impiannya. Dalam film BBC yang luar biasa, ia mengunjungi Norway untuk mencari aurora borealis. Bagi Joanna, seperti bagi kebanyakan orang yang mengalami cahaya tersebut, pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang emosional.

Matahari tengah malam di Moskenes.<br />
Foto: Frithjof Fure / Innovation Norway .

Daerah Matahari Tengah Malam

Di daerah Utara Norway, matahari tidak pernah terbenam selama musim panas. Nikmati matahari tengah malam dengan mengikuti cruise, mencoba safari atau bermain golf di tengah malam.

– Sinar matahari yang terus bersinar merupakan hal yang sangat fantastis. Anda merasa bahwa Anda memiliki banyak waktu. Bulan Juli yang saya lewati di Norway seperti hari yang tidak pernah berakhir, kata Simon Wilson dari England.

Simon mengunjungi Lofoten dan memanfaatkan hari-hari yang panjang.

– Kemarin saya bermain golf pada pukul 11.30 malam, dan sehari sebelumnya saya berjalan-jalan pada pukul 2 pagi. Tidak peduli jam berapa selama hari terus terang dalam 24 jam. Saya dapat tidur ketika ingin tidur, dan jujur saja, saya tidak membutuhkan banyak tidur saat ini, karena matahari membangkitkan semangat saya, jelas Simon.

Matahari tengah malam yang luar biasa
Matahari tengah malam merupakan fenomena alami yang berarti matahari tidak pernah terbenam selama musim panas. Dengan kata lain, jika cuaca baik, Anda dapat melihat matahari selama 24 jam.

Lamanya matahari bersinar di tengah malam bergantung pada sejauh mana di Utara anda berada. Di Arctic Circle di Nordland, Anda dapat melihat matahari tengah malam dari tanggal 12 Juni hingga 1 Juli. Sementara di North Cape di Finnmark, Anda dapat melihat matahari dari tanggal 14 Mei hingga 29 Juli, dan di North Pole, matahari tidak terbenam selama enam bulan.

Cruise dan safari matahari tengah malam
Ada beberapa jalur cruise yang mengunjungi Norway. Cara terbaik untuk melihat-lihat pantai Norwegia adalah bergabung dengan cruise dengan Hurtigruten (The Norwegian Coastal Voyage). Anda dapat duduk di deck dan menikmati matahari tengah malam.

Anda juga dapat memilih cruise tengah malam di Finnmark atau bergabung dengan cruise tengah malam di Lofoten. Perjalanan ini akan membawa Anda ke laut terbuka untuk melihat cahaya matahari yang cantik.

Bird watching di North Cape
North Cape merupakan tempat khusus untuk menyaksikan matahari tengah malam. Satu-satunya hal yang memisahkan Anda dari Kutub Utara adalah laut dan Kepulauan Svalbard.

Ada beberapa kegiatan yang dapat diikuti di wilayah North Cape, salah satunya adalah cruise ke pulau burung di Stappan.

Golf diatas Arctic Circle
Di Kepulauan Lofoten, Anda dapat bermain golf di Lofoten Golf Links sepanjang malam sambil menyaksikan kehidupan hewan liar.

Safari ikan paus
Kebanyakan penyedia safari ikan paus di siang hari juga akan membawa Anda di malam hari. Vesterålen di Nordland merupakan salah satu dari banyak tempat dimana Anda dapat pergi mengikuti safari ikan paus sambil menikmati matahari tengah malam.

Hiking
Cara terbaik menikmati alam kutub adalah mendaki di saat matahari bersinar di tengah malam. Cahaya matahari menjadikan gunung-gunung terlihat sangat cantik di malam hari. Banyak rute yang direkomendasikan untuk siang hari, terlihat lebih menarik di tengah malam hari. Berjalan dalam matahari tengah malam ke Keipen diluar Harstad dengan pemandu merupakan sebuah alternatif.

Memancing
Menggunakan kapal untuk memancing di tengah malam merupakan cara baik untuk menikmati cahaya matahari tengah malam. Dan juga merupakan waktu yang baik untuk menangkap ikan.

Terdapat banyak kemungkinan untuk menyewa kapal untuk memancing di sepanjang pantai, hubungi kantor pariwisata lokal atau tempat dimana Anda tinggal, atau bahkan tanyakan pada nelayan setempat. Atau Anda dapat mencoba fly fishing di  matahari tengah malam di Vadsø di Finnmark.

Fjord Norwegia.<br />
Foto: C H / Innovation Norway.

Fjords dan pegunungan

Disepanjang pesisir pantai, laut menjorok dalam ke pegunungan dan membentuk fjord Norwegia yang terkenal di dunia.

Berlayar menuju fjord Norwegia, Anda akan menemukan diri anda di dalam landskap yang hanya ditawarkan oleh sedikit tempat di dunia. Anda dapat duduk di dek dan menelusuri pemandangan yang luar biasa, dengan tebing-tebing curam yang menjulang tinggi dikedua sisi Anda. Di atas Anda, air dan glacier membentuk air terjun yang indah yang seolah berdansa hampir secara vertikal di sisi pegunungan.

Sementara kehidupan laut yang dapat menjadi santapan makan malam berenang di bawah Anda. Anda dapat melempar kail ke fjord dan burung laut beterbangan disekitar kapal sementara Anda menangkap ikan mackerel segar. Pada dataran tebing yang sempit, dapat ditemui tanah perkebunan yang kecil dan telah ditinggalkan, yang merupakan bukti kehidupan yang keras dan sepi hingga akhir-akhir ini.

Desa-desa kecil tersebar di daerah ini, dan masyarakat sekitar membuat fjord menjadi mudah diakses. Ketika Anda naik ke kapal di akhir sebuah fjord, Anda dapat dengan bebas berjalan di glacier atau mengikuti tur pegunungan, atau mengunjungi restoran yang menyajikan hidangan lokal, termasuk daging kambing.

Wilayah pegunungan dan bentangan fjord di pesisir Barat Norway termasuk dalam daftar UNESCO’s of World Heritage Sites. Warna-warna cerah dan udara segar membuat banyak orang mengatakan bahwa daerah ini merupakan salah satu tempat paling indah di dunia.

Musim panas di Østfold.<br />
Foto: Terje Rakke / Nordic Life / Innovation Norway .

Musim dan iklim

Karena Gulf Stream, Norway memiliki iklim yang lebih besahabat dibandingkan dengan yang dinyatakan oleh posisi ketinggiannya.

Norway memiliki ketinggian yang sama dengan Alaska, Greenland dan Siberia. Namun dibandingkan dengan daerah-daerah tersebut, Norway memiliki iklim yang lebih menyenangkan.

Musim panas
Akhir Juni atau awal Agustus memiliki suhu yang paling hangat dan bulan ketika hari menjadi panjang dan terang. Suhu di bulan Juli dan Agustus dapat mencapai 25°C – 30°C. Pada saat yang bersamaan, hampir tidak ada kelembaban di udara.

Suhu laut dapat mencapai 18°C atau lebih tinggi, sehingga berenang menjadi kegiatan yang populer.

Cuaca paling hangat dan paling stabil umumnya terjadi di sisi Timur dari pegunungan di Utara, termasuk pesisir Selatan antara Mandal dan Oslo.

Bahkan di daerah yang lebih ke Utara, suhu musim panas juga menyenangkan – kadang mencapai 25°C.

Namun, cuaca musim panas dapat menjadi basah dan selalu berubah, terutama di daerah Barat, Pusat, dan Utara Norway.

Jika Anda ingin menyaksikan matahari tengah malam, Anda harus pergi ke daerah Utara, di atas Arctic Circle.

Musim gugur
Pada musim gugur, pemandangan dihiasi dengan warna emas. Suhu perlahan-lahan menurun melalui September, yang merupakan waktu tepat untuk memetik buah berry dan jamur.

Selama musim gugur, wilayah daratan kehilangan lebih banyak panas dibandingkan laut, dan akhirnya daerah pesisir pantai memiliki temperatur yang paling tinggi. Pada bulan September, daerah di luar Oslofjord umumnya memiliki suhu yang paling tinggi. Pada musim gugur, daerah yang paling hangat umumnya adalah pantai Rogaland dan Hordaland.

Musim dingin
Pada musim dingin, kebanyakan wilayah Norway berubah menjadi surga yang ditutupi salju.

Daerah yang lebih rendah, baik di bagian Selatan dan Utara Norway, dapat memiliki suhu yang sangat rendah saat musim dingin. Suhu dapat mencapai di bawah -40°C di daerah dalam Finnmark, Troms, Norway Pusat dan Norway Timur, walaupun hal ini tidak terjadi setiap musim dingin.

Secara kontras, daerah pesisir mengalami musim dingin yang sedang. Namun, angin kencang, hujan dan mendung dapat sering terjadi.

Musim semi
Bulan Mei ke pertengahan Juni adalah waktu dimana pemandangan di Norway sangat luar biasa, dengan pepohonan dan bunga-bunga yang mulai bersemi, salju di pegunungan yang mulai mencair menjadi seperti air terjun. Bunga-bunga anggrek yang bermekaran di sepanjang Hardangerfjord pada bulan Mei tampak seperti pemandangan surga.

Ada beberapa hari libur pada bulan Mei, dan masyarakat Norwegia menggunakan hari tersebut sebaik-baiknya untuk merayakan musim semi setelah musim dingin yang panjang.

Musim semi merupakan waktu dimana perbedaan suhu antara bagian Selatan dan Utara sangat mencolok. Musim semi juga merupakan waktu dimana suhu siang dan malam hari sangat berbeda.

Pada awal musim semi, wilayah di dekat pantai Norway Barat umumnya memiliki suhu yang sangat tinggi, namun pada bulan Mei, suhu tertinggi umumnya terjadi di daerah Selatan dari Norway Timur dan Selatan.

Cuaca musim semi dapat sangat bervariasi. Ada saat dimana hari menjadi sangat dingin untuk turun salju dan saat dimana hari menjadi cukup hangat untuk duduk di luar menikmati sinar matahari. Musim semi juga dapat menjadi sangat berangin.

Perlu diperhatikan bahwa cuaca dan suhu dapat berubah dengan sangat cepat, terutama di pegunungan. Jadi baik musim panas atau musim dingin, musim gugur atau musim semi – siapkan diri Anda untuk perubahan cuaca yang tiba-tiba dan jangan lupa membawa alas kaki yang baik dan baju hangat.

Wilayah

Norwegia adalah sebuah negara yang memanjang dan nyaris menyempit, dengan beberapa variasi dibeberapa wilayahnya. Banyak fjord yang spektakular terdapat dibagian barat, jejak-jejak yang jelas dari abad pertengahan dapat ditemui di Norwegia bagian tengah, sementara matahari tengah malam ada dibagian utara.

Pantai Barat
Hanya sedikit tempat di dunia yang menawarkan pemandangan mengagumkan seperti fiord di Barat Norwegia. Banyak diantaranya dalam dan sempit, dengan pegunungan menjulang di atas air dan air terjun mengalir dari tempat yang sangat tinggi. Namun Anda juga dapat menemukan fiord yang lebih “bersahabat”, dimana tanah pertanian dan perikanan telah menciptakan masyarakat yang kaya.

Keragaman fiord Norwegia juga dapat dinikmati dengan cara lain. Pada saat musim panas, Anda dapat memulai hari dengan ber-ski di gletser Folgefonna dan mengakhirinya dengan berenang di laut. Ada tempat-tempat yang menawarkan pemandangan dimana pohon-pohon yang mulai berbuah bertemu dengan pujuk pegunungan yang bersalju. Anda juga dapat menikmati seni alam di air terjun yang terkenal dengan nama Kerudung Pengantin (Bridal Veil) bersama dengan seni ilmu teknik di lengkungan Ørneveien atau jalan Trollstigen. Anda pasti ingin kembali mengunjungi kota Bergen dan Stavanger, dimana rumah-rumah kayu cantik dan industri pengiriman laut moderen serta petroleum terletak saling berdekatan.

Sudut pandang Geirangerfjord.<br />
Foto: CH / Innovation Norway .

Norwegia Pusat
Norwegia Pusat memiliki peran penting dalam sejarah Norwegia. Pertempuran di Stiklestad pada tahun 1030 menjadi titik balik kegiatan Kristen di Norwegia. Nidaros, yang merupakan nama asli Trondheum merupakan pusat politik, agama dan perdagangan serta kunjungan ziarah selama lebih dari empat abad pada Jaman Pertengahan.

Katedral Nidaros merupakan bangunan jaman pertengahan terbesar di Skandinavia, dan memiliki pahatan yang sangat mengagumkan serta lukisan kaca yang cantik. Gereja asli ini dibangun di atas tempat dimana St. Olav dikuburkan setelah kematiannya dalam Pertarungan Stiklestad.

Trondheim terkenal akan bangunan kayu, serta jalur pelayaran tertua serta sungai, yang merupakan bukti sejarah panjang kegiatan perdagangan kota tersebut.

Di bagian Timur terdapat kota pertambangan Røros yang dilindungi dengan baik. Kota tersebut, bersama dengan bentuk gereja yang unik dan ratusan rumah kayu yang cantik termasuk dalam Daftar Warisan Budaya UNESCO.

Gereja di Røros.<br />
Foto: Terje Rakke / Nordic Life AS / Innovation Norway.

Norwegia Utara
Di Norwegia Utara, sinar matahari jatuh di pulau-pulau, fiord yang dalam, pegunungan dengan puncak tertutup salju, padang hijau dan padang rumput yang luas. Kualitas cahaya matahari di wilayah ini telah memberikan inspirasi bagi para penulis, musisi dan artis.

Wilayah ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Apakah Anda memilih untuk bepergian di sepanjang pantai di Coastal Steamer atau sekedar mengikuti jalan, Anda akan melewati pedesaan cantik dan tempat perdagangan jaman dahulu dimana Anda dapat berbincang-bincang dengan masyarakat setempat dan mengenali budayanya. Anda dapat bertemu dengan masyarakat Saami, penduduk asli Utara dan mempelajari tradisi mereka serta gaya hidup mereka saat ini.

Disamping ketinggian datarannya, wilayah Utara Norwegia memiliki iklim sejuk karena suhu dari Gulf Stream, yang melingkari pantai. Jika Anda ingin mencoba kehidupan malam serta budayanya, kota Tromsø seringkali dijuluki “Paris di Utara” – atau Anda dapat mengunjungi Tanjung Utara dan menikmati pemandangan dari tempat paling pinggir di Eropa.

Pantai Ramberg di Lofoten.<br />
Foto: CH / Innovation Norway.

Norwegia Selatan
Disamping suhu musim panas yang baik dan stabil, wilayah ini menawarkan banyak hal, mulai dari penginapan pesisir pantai yang cantik digabungkan dengan pemandangan yang mengagumkan dan kegiatan budaya daerah pedalaman. Kota-kota kecil dan daerah pedesaan di sepanjang pantai bagaikan mutiara di seutas benang, seringkali dilindungi oleh pulau-pulau yang berbatu.
Pelabuhan yang baik dan aman penting bagi kegiatan perdagangan ikan dan perahu pancing, dan surga laut ini secara perlahan telah menjadi pusat perdagangan dan budaya yang penting. Pada saat musim panas, pasar setempat dibanjiri dengan buah-buahan, berry dan sayuran segar serta tentu saja ikan segar. Kecuali, Anda ingin menangkapnya sendiri.

Di daerah pedalaman, tidak jauh dari pantai, terdapat pegunungan dan lembah, danau untuk memancing, hutan yang sepi dan padang rumput. Sementara tempat ber-ski adalah Mordegal di daerah Telemark. Tidak jauh dari tempat tersebut, Anda dapat berlayar dari pantai ke daerah pedesaan di sepanjang Kanal Telemark di atas Victoria, yang telah memenangkan penghargaan tertinggi Europa Nostra untuk upaya perbaikan dan pemeliharaannya.

Lyngør di garis pantai Selatan Norwegia.<br />
Foto: Matti Bernitz / Innovation Norway .

Norwegia Timur
Norwegia Timur membanggakan pemandangan yang beragam, mulai dari peternakan datar hingga ketinggian pegunungan yang dramatis. Di wilayan ini Anda dapat mengunjungi Oslo, serta kota tertua Norwegia, Tønsberg; Danau Mjøsa yang merupakan danau terbesar di Norwegia; dan gunung tertinggi Norwegia, Galdhøpiggen (2.469 meter).

Norwegia Timur memiliki jumlah populasi paling padat dan menawarkan beragam kegiatan budaya serta kegiatan di tempat terbuka. Sebagian besar wilayah tertutup oleh hutan dan danau, serta sungai yang sangat baik untuk kegiatan memancing. Pengalaman menjelajah budaya serta arsitektural yang sangat unik adalah dengan mengunjungi sisa-sisa bangunan katedral yang berusia hampir 1.000 tahun di Hamar di Danau Mjøsa.

Terletak bagian atas fiord Oslo adalah ibu kota, yang menawarkan berbagai program yang bervariasi seperti konser, teater dan opera, museum dan galeri. Oslo juga dikenal akan kehidupan malamnya, café pinggir jalan, beragam pilihan restoran dan toko-toko.

Dekat dengan Oslo adalah lembah cantik Numendal, Hallingdal, Eggedal dan Gudbrandsdalen. Serta masih dalam jarak dekat adalah pemandangan yang cantik, desa pinggir pantai, dan daerah pegunungan yang belum terjamah.

Galdhøpiggen.<br />
Foto: Johan Wildhagen / Innovation Norway.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s