Republik Irlandia

dublin

Dublin – Kali ini, Koresponden Erabaru Eropa akan membawa kita berwisata ke Dublin, Ibu Kota Irlandia. Tentu saja suasana yang sejuk menjadi salah satu daya tarik utama kota Dublin.

Memasuki Kota kecil ini dari pelabuhan laut ditempuh selama 20 menit menggunakan bus. Kota Dublin yang hanya berenduduk 500 an ribu orang ini, sangat nyaman untuk berwisata dengan berjalan kaki. Hampir semua atraksi wisata kota ini bisa dijangkau sambil menikmati sejuknya udara yang nyaman di kisaran 20°C. Ini suhu pada akhir Agustus dimana penulis berkunjung sehari di Dublin.

Atraksi kota Dublin yang menarik untuk dikunjungi antara lain pemandangan sungai yang membelah kota ini menjadi dua. Ada pula arsitektur bangunan kota yang khas dari sejarah lama yang masih utuh dipertahankan.

Yang menjadi tempat populer dan tidak ketingalan untuk di kunjungi adalah Trinity College, bangunan kuno yang luas ini adalah universitas tertua di Irlandia yang berdiri tahun 1592.

Negara Irlandia yang identik dengan dominan warna hijaunya, karena memang curah hujannya yang tinggi sehingga sepanjang tahun selalu hijau. Disamping itu daun semanggi yang dipakai lambang negaranya juga berwarna hijau. Bahkan di sini bus pariwisata pun berwarna hijau. Jadi, jika anda membeli ‘tanda mata’ khas Irish pastikan anda beli yag hijau..

Di Dublin, aturan berkendara di sebelah kiri seperti sebagian besar negara Eropa. Jalan- jalan di kota yang padat manusia pada musim panas perlu sedikit ekstra hati-hati. Bukan karena keamanan, tetapi warga kota ini sepertinya terbiasa dengan ‘Jaywalking’ atau menyebrang jalan tak peduli lampu penyebrangan merah atau hijau. Perlu  lihat kiri kanan apakah anda melewati lintasan trem.

Bersepeda di sebagian besar kota-kota Eropa adalah sudah membudaya, termasuk di Dublin. Kalau di Indonesia sepeda semakin menjadi barang kuno, sedangkan di sini semakin menjadi semakin populer.

Hujan gerimis di hari Minggu siang di akhir Agustus ini, membuat pemandangan kota menjadi beraneka warna karena betangan warna payung dari para pengunjung. Jalan untuk pejalan kaki menikmati keindahan kota ini, cukup lebar. Dan lalu lintas kendaraan pribadi tidak boleh melewati taman yang dipakai objek wisata.

Karena Irlandia adalah bagian dari persekutuan negara Uni Eropa, maka euro menjadi mata uangnya . Harga-harga barang souvenir tidak begitu mahal seperti kota lainnya, tingkat kemahalan kota ini masuk daftar kedelapan  termahal di Eropa.

Negara produsen bir hitam guiness ini memiliki taman kota yang rapi dan pertokoan disepanjang jalan O’Connell Street.

Diantara jalan utama ini tertancap ‘Spire’  menara lancip terbuat dari stainless steel yang tingginya 120 meter dan ujung puncaknya hanya selebar 15 cm, sedangkan lebar pangkalnya 3 meter. Menara ini menjadi ikon kota setelah selesai dibangun tahun 2003. Menara Spire  ini  bahkan bisa menyala pada malam hari sehingga terlihat seperti jarum menjulang kelangit.

Tour operator dari negara produsen bir hitam Guinness, ini juga menyediakan wisata ke pabrik bir Guinness Store House melihat dari dekat bagaimana bir dibuat, sejarahnya hingga menjadi terkenal di seluruh dunia. Bisa juga ke tempat pembuatan atau pendestilasian Irish whiskey Old Jameson.

Sebenarnya ada cara terbaik untuk mengunjungi puluhan tempat dalam sehari dengan biaya yang relatif murah. Yaitu membeli tiket bus Hop On- Hop Off yang menyediakan tiket yang bisa dipergunakan selama 24 jam, dengan jumlah tempat pemberhentian sebanyak 24 tempat. Harga tiketnya hanya 22 Euro.(man/waa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s