Flinders Ranges

Mengenang bumi pegunungan Flinders Rangers yang berbukit nan elok serta pedalaman di Australia Selatan.

Melayang di atas Wilpena Pound dalam penerbangan berpemandangan indah. Cari batu opal dan tidur di bawah tanah di Coober Pedy. Berjalan kaki menyusuri jalan setapak Heysen, bersepeda gunung melintasi rute Mawson atau berkendara mobil gardan ganda menjelajahi lereng curam yang berpinggiran tajam. Ikuti Oodnadatta Track menuju ke Danau Eyre yang terpencil dan sering kali kering kerontang. Cicipi tanaman asli dan pelajari tentang seni Aborigin bersama penjaga lahan tradisional. Jelajahi sejarah peternakan wilayah ini di Wilpena Pound Station. Melihat walabi karang berkaki kuning langka dan begitu banyak binatang dan burung asli lain di Arkaroola Wilderness Sanctuary. Temukan dunia yang hilang di dalam basin batu, moonscape dan danau tandus, batu opal dan fosil, taman nasional dan seni cadas Aborigin.

Lima petualangan yang bisa dilakukan di Flinders.

1. Berjalan atau melayang di atas Wilpena yang menakjubkan

Ikut penerbangan untuk melihat pemandangan alam di atas Wilpena Pound, sebuah amfiteater alam yang sangat besar di pusat pegunungan Flinders Ranges, Australia Selatan. Dari langit terlihat seperti dunia purba yang telah hilang di mana dinosaurus masih berkeliaran. Atau berjalan ke tepiannya, yang telah terkikis selama jutaan tahun, dari gunung setinggi Himalaya. Berdiri di atas Puncak St Mary’s Peak untuk melihat pemandangan mempesona yang terbentang di kawah berbukit berukuran 80 kilometer persegi. Lintasi hutan semak Mount Remarkable di selatan pegungan Flinders Ranges, dan pegunungan Gammon Ranges dekat Arkaroola Wilderness Sanctuary di bagian utara yang berbukit-bukit. Di sini Anda akan melihat walabi karang berkaki kuning langka yang pemalu serta banyak tanaman asli termasuk di antaranya Sturt’s desert pea berwarna merah dan merah jambu. Jika Anda sungguh ingin melenturkan kaki, Anda dapat berjalan kaki dari kota gunung ikonik Parachilna menuju pantai Fleurieu Peninsula di atas jalan setapak Heysen Trail sepanjang 1.200 kilometer.

2. Bersepeda atau berkendara mobil gardan ganda

Bersepeda mulai dari Adelaide Hills menuju kota Blinman di pegunungan Flinders Ranges di atas Mawson Trail sepanjang hampir 900 kilometer menyusuri jalan kecil dan Forest Fire Trail. Anda akan dapat menikmati kota bersejarah Lobethal dan Birdwood, Barossa Valley yang terkenal di dunia dan kota tambang tua Kapunda dan Burra. Jika Anda senang bertualang dengan kendaraan gardan ganda, jelajahi jalan yang curam dekat Wilmington di Southern Flinders atau Arkaroola di bagian utara. Atau ikuti Strzelecki Track menuju padang pasir yang dapat membangkitkan inspirasi, melewati pemandangan lahan basah yang indah seperti Coongie Lakes dan Dalhousie Springs. Pada Oodnadatta Track, Anda dapat menelusuri rute perdagangan Aborigin tradisional dan rel kereta api tua Ghan yang melewati Mound Spring, Danau Eyre dan spa artesis alami di Coward Springs Campground.

3. Ke bawah tanah mencari opal

Mencari batu opal di tambang tua, bertemu banyak orang dari seluruh penjuru dunia di rumah lubang perlindungannya dan mengunjungi galeri seni bawah tanah. Kenakan topi keras dan jelajahi sejarah Coober Pedy di pertambangan yang sudah ditinggalkan, yang sekarang menjadi museum. Atau mengenang hari-hari di pertambangan yang dilakukan secara tradisional di lorong-lorong yang menyerupai labirin, di mana lapisan batu opal masih ada di dinding. Di sini di pusat opal dunia, sebanyak 3.500 orang penduduk yang berasal dari lebih dari 45 negara telah pergi ke bawah tanah untuk berteduh dari panasnya pedalaman yang membakar. Hanya di Coober Pedy dapat Anda temukan gereja bawah tanah, hotel bawah tanah dan lapangan golf tanpa ada sehelai rumput pun. Di atas tanah, area ini memiliki bentang alam apokaliptik – seperti Painted Desert, Moon Plain dan Breakaways – untuk Anda jelajahi.

4. Jelajahi hutan semak di daerah pedalaman yang sesungguhnya

Melihat ribuan burung pelikan, burung banded stilt dan burung camar yang setelah hujan lebat beramai-ramai menuju Danau Eyre yang biasanya kering. Atau yang lebih sering ditemui, berkunjung ketika danau kering kerontang dengan kerak putih yang diperkirakan memiliki berat 400 juta ton. Berkendara mobil gardan ganda melewati rute Birdsville dari Maree, yang dulu merupakan tempat yang wajib dikunjungi para penunggang unta Afganistan, menuju Birdsville di permulaan Simpson Desert. Melihat bentangan barisan bukit pasir merah dan berendam dalam air panas purbakala di Dalhousie Springs, yang sudah digunakan selama puluhan ribu tahun oleh suku Aborigin. Nikmati keajaiban di oasis gurun di Coongie Lakes, yang menjadi rumah bagi sekitar 20.000 burung air dan lebih dari 150 spesies burung. Kemudian nikmati warna dan aroma pedalaman dengan bermalam di stasiun pedalaman yang luas. Ingat, ini adalah desa yang sangat terpencil dan persiapan yang matang serta kendaraan gardan ganda amatlah penting!

5. Pelajari sejarah dan geologi Aborigin kuno

Pelajari tentang warisan budaya dan sosial suku Adnyamathanha dalam tur budaya di Danau Eyre dan Oodnadatta Track. Cicipi makanan khas hutan semak, pelajari tentang obat-obatan tradisional hutan semak dan berkemah di bawah naungan bintang sembari menikmati pengalaman di danau, padang pasir dan Dreaming melalui mata suku Aborigin. Atau pahami kisah penciptaan pegunungan Flinders Ranges dalam perjalanan mengemudi sendiri selama dua hari menyusuri Aboriginal Dreaming Trail. Melihat seni Aborigin di Arkaroo Rock dan lukisan serta pahatan Aborigin lainnya di Chambers Gorge. Kemudian dapatkan pengetahuan tentang riwayat peternakan di kawasan ini dalam perjalanan interpretatif melintasi pemandangan alam Wilpena Station yang terbentang luas. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai sejarah geologi mengagumkan wilayah ini – termasuk fosil serta dasar laut dan pegunungan purbakala – dalam tur berpemandu melintasi Brachina Gorge.

Leave a comment