Iguazu Falls

Air terjun Iguazu terletak di perbatasan antara Argentina dan Brazil. Bentuknya hampir setengah lingkaran, dengan panjang keseluruhan sekitar 2.700 meter. Ini juga yang membuat air terjun ini sebenarnya tidak hanya terbesar di Brazil, namun juga termasuk yang terbesar di dunia.
Yang unik dari air terjun ini adalah, ia tidak hanya terdiri dari satu buah aliran air yang jatuh ke Bumi, melainkan terdiri atas 275 buah air terjun kecil yang jatuh secara bersamaan dengan posisi yang berdekatan.

Tinggi rata-rata kumpulan air terjun ini adalah 80 meter, dan terletak di antara 2 buah Taman Nasional milik ke dua negara. Bahkan konon, Air Terjun Niagara pun sebenarnya kalah besar dibanding air terjun Iguazu ini, sebab hanya memiliki tinggi sekitar 50 meter.

Karena menjadi perbatasan bagi Brazil dan Argentina, maka ke 2 negara ini pun punya view sendiri dalam menikmati keindahan air terjun Iguazu yang dalam bahasa setempat artinya “Tenggorokan Setan”.
Karena pesonanya yang menakjubkan, Air terjun Iguazu masuk dalam pemilihan New 7 Wonders kategori Nature di tahun 2011 lalu dan berhasil menjadi pemenang. Sebagai World Heritage atau “warisan alam” yang sangat indah, air terjun ini juga menjadi sumber kehidupan bagi beratus spesies flora fauna langka yang hidup di 2 Taman Nasional yang mengapitnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s